Mengenal Apa Itu Cortana yang Akan Dinonaktifkan Akhir 2023

Juni

5

0 comments

JETE Indonesia – Belakangan ini ramai mengenai Microsoft yang menonaktifkan fitur Cortana. Sebenarnya apa itu Cortana, apa fungsinya, dan mengapa program ini dimatikan akhir tahun ini? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Cortana? 

apa itu cortana
sc: computerworld.pl

Cortana adalah asisten pribadi buatan Microsoft yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014. Namanya diambil dari karakter dalam permainan video “Halo” yang juga dikenal sebagai Cortana. Cortana dirancang untuk berjalan di sistem operasi Windows, termasuk Windows 10, dan juga tersedia di platform perangkat seluler, seperti Windows Phone dan aplikasi Microsoft Launcher di Android.

Beberapa hal yang bisa dilakukan Cortana adalah membuka aplikasi pada komputer, mencari informasi, membuat dan mengelola daftar, bergabung dalam Microsoft Team, mengelola kalender, membuat jadwal, mengatur pegingat, alarm, dan masih banyak lagi. 

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Baca juga: Mengenal ChatGPT Open AI dan Cara Menggunakannya

Dinonaktifkan Akhir 2023 

sc: bukalapak.com

Meskipun memiliki fitur yang mumpuni sebagai asisten pribadi, nampaknya Microsoft harus menghentikan fitur satu ini. Hal itu diungkapkan setelah mereka mengenalkan Windows Copilot, asisten virtual baru buatan Microsoft yang menggunakan kecerdasan buatan AI yang mendukung teknologi ChatGPT.  

“Mulai akhir tahun 2023, kami tidak akan lagi mendukung Cortana di Windows sebagai aplikasi mandiri. Perubahan ini hanya memengaruhi Cortana di Windows, dan asisten produktivitas Anda, Cortana, akan terus tersedia di Outlook seluler, Teams seluler, tampilan Microsoft Teams, dan ruang Microsoft Teams,” tulis Microsoft dalam dokumen yang dikutip dari Liputan6.com. 

Fitur yang diperkenalkan pada 2014 ini dulu dibuat untuk bersaing dengan Siri Apple. Meskipun tidak terlalu populer seperti milik Google dan Aple, Cortana sempat dirilis pada perangkat lain seperti Harman Kardon Invoke dan termostat Johnson Controls Glas. 

Cortana dianggap mulai kalah dengan lainnya ketika dianggap sulit bersain dengan Alexa milik Amazon. Saat ini fitur Cortana sudah dimatikan di berbagai perangkat termasuk iOS dan Android yang dilakukan pada 2020 lalu. Bahkan dukungan untuk headphone Surface juga telah dihentikan. 

Cortana masih bisa digunakan hingga akhir tahun 2023 ini sebelum Microsoft menghentikan dukungannya pada Cortana. Secara resmi, Cortana akan dihentikan pada Desember 2023 nanti. Namun tidak perlu bersedih, karena Cortana masih tersedia di beberapa layanan Microsoft dengan performa yang ditingkatkan seperti pada Microsoft Teams Display, Room, Mobile, hingga Outlook Mobile. Jadi yang dihentikan hanya layanan Cortana untuk Windows saja. 

Baca juga:7 Keuntungan Upgrade Windows 11 yang Bisa Didapatkan

Penutup 

Itulah seputar apa itu Cortana yang wajib kamu ketahui. Meskipun akan dihentikan, kamu masih bisa menggunakan virtual assistant dari Microsoft lainnya loh. Temukan berbaga perangkat aksesoris komputer terbaik hanya di JETE Inodesia. Semua produk JETE mendapatkan garansi resmi rusak ganti baru selama 2 tahun!

Artikel terkait:

Mei 30, 2024

Mei 29, 2024

Mei 27, 2024

Mei 25, 2024

Mei 15, 2024

Mei 8, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb