Sistem Audio 5.1 vs. 7.1 Surround Sound: Apa Perbedaannya?

Juni

2

0 comments

JETE IndonesiaKetika kita membeli perangkat audio seperti headset, speaker, dan lainnya terkadang terdapat perbedaan dari segi sistem suara. Yakni ada perangkat yang memiliki tipe sistem suara 5.1 dan sistem suara 7.1. Tentu, sebagai pengguna awam mungkin kamu akan kebingungan memilih mana yang terbaik. Oleh karena itu, simak ulasan mengenai perbedaan 5.1 vs 7.1 surround sound dalam artikel kali ini, JETE Lovers!

Mengenal Saluran Audio Surround di Perangkat Elektronik

03. headset gaming
sc: JETE Indonesia

Pada dasarnya, saluran audio pada perangkat elektronik merujuk pada jenis saluran yang digunakan. Dalam hal ini adalah saluran yang digunakan dalam mengalirkan sinyal audio ke sumber speaker ke perangkat untuk menghasilkan output audio.

Output audio inilah yang didengar oleh pengguna saat mengaktifkan perangkat. Saluran surround ini akan menghasilkan suara yang lebih imersif. Hal tersebut karena dengan mode surround, maka output akan menciptakan suara yang terdengar dari berbagai arah. Termasuk dalam mode saluran audio 5.1 maupun 7.1.

Baca juga: Apa Itu Surround Sound? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Perbedaan 5.1 vs. 7.1 Surround Sound

keunggulan speaker soundbar JETE
sc: JETE Indonesia

Walaupun sama-sama sebagai saluran audio, namun antara 5.1 vs 7.1 surround sound tentu memiliki sejumlah perbedaan mendasar. Ini meliputi jumlah saluran audio, tingkat kedalaman suara, hingga perbedaan dari segi harga perangkat yang dijual di pasaran.

1. Saluran Audio

Perbedaan yang pertama dari 5.1 vs 7.1 surround sound yakni pada jumlah saluran audionya. Pada tipe 5.1, memiliki saluran utama yakni pada bagian depan kiri, depan kanan, saluran tengah, belakang kiri, dan belakang kanan. Ada pula sambungan subwoofer untuk suara rendah atau bass. Sementara, tipe 7.1 memiliki tujuh saluran audio utama dan subwoofer. Yakni, saluran depan kiri, depan kanan, saluran tengah, belakang kiri, belakang kanan, surround kiri, dan surround kanan.

2. Pengalaman Suara

Selanjutnya adalah pada sektor pengalaman suara. Tipe 5.1 memberikan pengalaman suara yang lebih jelas dan imersif dalam skala ruangan yang tidak begitu besar dan luas. Namun, untuk tipe 7.1 suara lebih detail dan tingkat lokalisasinya yang lebih akurat. Begitu pun efek suara lebih kaya pada area yang cukup luas dari segi penggunaannya.

Baca juga: 5 Keunggulan Speaker Soundbar Dibanding Home Theater

3. Tingkat Kedalaman Audio

Selain mengenai pengalaman suara, perbedaan 5.1 vs. 7.1 Surround Sound adalah dari segi kedalaman suaranya. Untuk tipe 5.1 dapat memberikan efek suara surround yang sangat baik. Khususnya pada bagian saluan di belakang kiri dan kanan. Lalu, untuk tipe 7.1 dapat meningkatkan efek suara menyeluruh terutama pada bagian kiri dan kanan untuk area yang lebih luas. Terutama dengan dukungan saluran tambahan.

4. Konfigurasi dan Kompatibilitas

keuntungan memiliki home theater
sc: wsdg.com

Mengenai segi konfigurasi dan dukungan format audio memang memiliki perbedaan. Pada tipe 5.1 mendukung untuk format Dolby Digital dan DTS. Selain itu biasa digunakan pada DVD, video game, dan industri standar. Sedangkan tipe 7.1 konfigurasinya mendukung untuk Dolby TrueHD, DTS-HD, dan Master Audio. Adapun penggunaannya pada PS3, PS4, Xbox One dan perangkat dengan dukungan Blu-ray.

Baca juga: 5 Cara Memilih Speaker Portable yang Bagus

5. Desain dan Ruang yang Diperlukan

Perbedaan yang cukup mencolok lainnya antara 5.1 vs 7.1 surround sound adalah segi desain. Tipe 5.1 untuk perangkat audio, biasanya desainnya ergonomis dan dapat memberikan output suara yang bagus di ruangan kecil. Lalu, untuk model 7.1 memerlukan area cukup luas karena adanya perangkat tambahan. Sehingga, efek suara surround dapat optimal di tempat yang besar dan area luas.

6. Harga dan Ketersediaan 5.1 vs. 7.1 Surround Sound

Terakhir adalah mengenai harga dan ketersediaan. Untuk tipe saluran 5.1 memang lebih terjangkau, beda halnya dengan saluran 7.1 yang masih memerlukan perangkat audio tambahan, sehingga berpengaruh pada harganya yang sedikit lebih mahal. Kemudian, saluran 5.1 lebih umum di pasaran dan biasa digunakan di banyak perangkat yang mendukung konfigurasi ini. Akan tetapi, untuk perangkat dengan saluran 7.1 mungkin sedikit lebih terbatas.

Baca juga: Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Membeli Speaker Bluetooth Terbaik

Mana yang Lebih Baik?

sc: JETE Indonesia

Dari perbedaan antara 5.1 vs 7.1 surround sound, kesimpulannya adalah jika kamu mencari pengalaman audio yang lebih imersif dengan penggunaan di tempat yang cukup luas, maka perangkat audio dengan sistem suara 7.1 dapat dijadikan pilihan.

Namun, sistem suara 5.1 masih merupakan pilihan yang baik dan memberikan kualitas suara mendalam pada di berbagai situasi. Sebaiknya pertimbangkan ruang yang Anda miliki, preferensi, dan kompatibilitas perangkat saat memilih sistem suara yang tepat.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Juni 2, 2023

Mei 17, 2023

Mei 12, 2023

April 25, 2022

Desember 7, 2021

Oktober 18, 2021

About the author, Irfantoni Listiyawan