5 Ciri Powerbank Rusak, Kenali Sebelum Terlambat

Mei

28

0 comments

JETE IndonesiaPowerbank merupakan perangkat aksesoris gadget penting saat ini. Fungsinya adalah untuk memudahkan pengguna dalam mengisi ulang daya baterai ketika tidak menemukan sumber arus listrik. Terutama ketika berada di luar ruangan. Namun, powerbank yang tidak bekerja dengan baik bisa jadi indikasi perangkat tersebut rusak. Lalu, apa saja ciri powerbank rusak? Berikut ulasannya.

Ciri Powerbank Rusak

Sebenarnya, ada beberapa langkah mudah untuk mengetahui powerbank yang dimiliki dalam kondisi rusak atau tak bisa digunakan lagi. Setidaknya, ciri-ciri tersebut ada lima yang perlu Anda ketahui berikut ini.

1. Waktu Pengisian yang Lama

Cara pertama yang dapat Anda perhatikan ialah dengan melihat lamanya waktu pengisian. Apalagi jika Anda mengisinya selama berjam-jam namun tidak terisi secara penuh. Di sini yang perlu dilakukan adalah coba ganti kabel dengan penghubung daya. Jika masih tidak berfungsi,maka bisa dipastikan powerbank tersebut rusak.

Baca juga: Begini Cara Mengisi Daya Powerbank yang Tepat

2. Ciri Powerbank Rusak – Lampu Indikator Mati

Ciri powerbank rusak selanjutnya ialah lampu indikator tidak bisa digunakan atau mati. Anda bisa mengeceknya ketika mengisi ulang daya baterai powerbank ini. Terutama ketika mengisi ulang daya dalam waktu yang lama, namun tetap saja tidak menyala. Atau mencoba mengisi baterai perangkat atau smartphone menggunakan powerbank. Lampu indikator yang tidak menyala berarti powerbank tidak dapat menerima daya

3. Cepat Panas

powerbank

Apakah powerbank yang digunakan cepat panas? Atau suhunya lebih dari kondisi normal? Adanya suhu yang meningkat ini biasanya disebabkan karena akumulasi penggunaan yang sangat tinggi. Saat powerbank dalam kondisi panas, Anda jangan memaksa untuk menggunakannya. Hal ini akan berdampak pada arus pengisian di smartphone menjadi tidak normal.

Baca juga: Tips Merawat Powerbank Agar Tidak Cepat Rusak

4. Ciri Powerbank Rusak – Muncul Aroma Gosong

Tak hanya bisa dikenali dari segi fisik yang tidak bekerja secara normal, powerbank yang rusak biasanya juga mengeluarkan aroma gosong. Bau atau aroma gosong ini layaknya sebuah kabel yang terbakar. Aroma tersebut muncul karena ada komponen maupun kabel di dalam powerbank terbakar. Dalam kondisi seperti ini, jangan gunakan powerbank untuk menghindari korlseting dan dapat menyebabkan kebakaran.

5. Cepat Habis Saat Digunakan

01. powerbank, merawat powerbank

Ciri powerbank rusak yang terakhir adalah ketika digunakan, daya baterainya cepat habis. Dalam hal ini, Anda dapat mengeceknya secara mudah. Contohnya dengan mengisi ulangnya dalam beberapa jam. Kemudian, gunakan powerbank mengisi daya baterai HP Anda. Perhatikanlah, apakah powerbank tersebut mati saat digunakan lebih cepat dari waktu sebelumnya atau waktu idealnya. Jika hal itu terjadi, maka bisa saja itu jadi ciri powerbank rusak.

Baca juga: Mengapa Mengecas Powerbank Dilarang di Kabin Bus? Ini Alasannya!

Penutup

Itu dia JETE Lovers beberapa ciri powerbank rusak yang perlu Anda ketahui sebelum terlambat. Selain hal di atas, powerbank yang mudah rusak biasanya disebabkan karena kualitasnya yang buruk. Oleh karena itu, gunakanlah powerbank dengan kualitas terbaik dari JETE Indonesia.

Ada berbagai macam tipe dan kapasitas daya yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, powerbank JETE Indonesia juga aman saat dibawa ke pesawat. Anda bisa mendapatkannya di outlet dan mitra resmi kami di berbagai  kota di Indonesia. Follow Instagram kami untuk mengetahui promo-promo menarik di waktu tertentu.

Artikel terkait:

Juli 4, 2022

Juni 27, 2022

Mei 28, 2022

April 18, 2022

Maret 9, 2022

September 16, 2021

About the author, Irfantoni Listiyawan