3 Cara Cek Voltase Kabel Charger HP Android

Maret

1

0 comments

JETE IndonesiaKabel charger merupakan bagian penting untuk mengisi daya baterai ponsel. Perangkat ini berfungsi untuk menyalurkan aliran listrik dari sumber listrik ke ponsel. Terkadang, aliran listrik yang masuk ke ponsel bisa cepat bisa pula melambat. Hal itu biasanya karena voltase kabelnya. Lalu, bagaimana cara cek voltase kabel charger HP Android? Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Cek Voltase Kabel Charger

Untuk cara mengecek voltase pada kabel charger HP yang digunakan memang cukup sulit. Namun,  ada cara mudah yang bisa digunakan. Yakni menggunakan aplikasi khusus pihak ketiga yang dapat diunduh secara gratis. Berikut di antaranya.

1. Gunakan Aplikasi Ampere

Cara Cek Voltase Kabel Charger

"JETE Special Offer" dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Cara cek voltase kabel charger yang bisa dilakukan pertama adalah menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi unggulan dan cukup banyak diunduh di PlayStore adalah Ampere. Keunggulan dari aplikasi ini ialah dapat menampikan berapa besaran daya dialrikan melalui kabel charger yang digunakan.

Melalui aplikasi ini, pengguna juga bisa melihat colokan stop kontak yang digunakan punya daya yang cukup mengisi baterai HP lewat indikator. Ampere dapat digunakan untuk Android paling tidak versi 4.0.03 atau Ice Cream dan di atasnya yang lebih baru. Penggunaannya pun cukup mudah termasuk bagi orang awam dan terdapat parameter untuk pengisian daya baterai melalui warna yakni hijau dan kuning.

Jika menunjukkan visual berwarna kuning, itu artinya HP tak cukup ketika menerima arus. Lalu, untuk warna hijau tandanya HP yang diisi daya tersebut menerima arus listrik cukup kuat dalam mengisi baterai. Apabila pada aplikasi Ampere menunjukkan warna visual kuning setelah pindah stop kontak sumber listrik itu artinya baterai perlu diganti.

Baca juga: Jangan Asal Beli, Ini 5 Tips Memilih Adapter Charger yang Baik

2. Cara Cek Voltase Kabel Charger dengan Cek Kesehatan Baterai HP

Selanjutnya, cara mengecek daya dan voltase kabel charger ialah dengan mengecek kesehatan baterai pada HP atau lifespan. Kabel charger bakal berfungsi dengan baik ketika baterai pada HP dalam kondisi sehat. Bila kondisi baterai bermasalah, biasanya waktu pengisian daya baterainya semakin melambat.

Ciri lain kesehatan baterai terganggu ialah adanya kebocoran pada baterai. Memang, untuk mengecek kondisi kesehatan baterai HP cukup sulit. Meskipun, merk tertentu dibekali dengan fitur ini dari pabrikan. Cara lain untuk mengeceknya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

3. Menggunakan Accubattery

Cara Cek Voltase Kabel Charger (1)

Menyambung dari poin di atas, salah satu aplikasi mengecek kondisi kesehatan baterai sebagai bagian cara cek voltase kabel charger ialah Accubattery. Aplikasi ini pada dasarnya memiliki cara kerja yakni mengumpulkan semua data dan informasi pada baterai HP Android.

Lalu, aplikasi ini nantinya akan memunculkan statusnya. Status inilah yang berisi tentang penggunaan baterai dalam kurun waktu tertentu. Misalnya satu atau dua hari. Akan tetapi, laporan yang cukup baik ialah penggunaan selama beberapa minggu maupun bulan. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu klik tab “Health” yang ada di aplikasi, lalu akan muncul informasi mengenai kemampuan baterai. Pengguna juga bisa membandingkan daya penggunaannya ini dengan baterai baru.

Baca juga: Charger HP Cepat Rusak? Kenali 5 Penyebabnya Ini

Penutup

Setidaknya itulah cara cek voltase kabel charger untuk HP Android yang bisa JETE Lovers lakukan. Selain mengecek voltase untuk penggunaan yang tepat, ada baiknya membeli produk kabel charger dengan kualitas premium. Terutama material yang digunakan. Sebab, material kabel yang bagus dapat menghantarkan listrik dengan stabil. Dengan begitu, baterai jadi cepat terisi penuh.

Anda bisa menggunakan kabel charger dari JETE Indonesia yang bisa didapatkan di outlet resminya di berbagai kota. Atau melakukan pembelian secara online di marketplace kami maupun melalui website Doran Gadget sebagai salah satu distributor utama produk JETE Indonesia.

Artikel terkait:

Januari 30, 2024

Januari 25, 2024

Desember 6, 2023

November 23, 2023

November 13, 2023

Mei 22, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

"JETE Special Offer" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb