WhatsApp Dark Mode Disebut akan Rilis Akhir Tahun Ini

Juli

24

0 comments

Fitur Dark Mode (mode gelap) pada jejaring pesan WhatsApp telah dinantikan oleh para pengguna. Mode ini membuat WhatsApp bernuansa hitam dan abu-abu. Pengguna akan merasakan matanya tidak mudah lelah.

Sayangnya, tanggal perilisan fitur WhatsApp itu masih belum diketahui. WABetaInfo menyebutkan upgrade desain WhatsApp yang sangat dinanti-nantikan ini akan dirilis untuk iPhone bersama iOS 13 akhir tahun ini.

Muncul dugaan bahwa perilisan iOS 13 jatuh pada bulan September mendatang. “Mungkin pengguna iOS akan mendapatkan Mode Gelap di WhatsApp ketika iOS 13 keluar untuk semua orang (September),” tulis WABetaInfo.

iOS bukan satu-satunya sistem operasi smartphone yang mendapatkan Mode Gelap akhir tahun ini. Google telah mengkonfirmasi perangkat lunak Android Q yang akan datang juga mendapatkannya.

Google diperkirakan akan merilis Android Q pada bulan Agustus, meskipun tanggal pasti dalam bulan tersebut tidak diketahui. Sementara WABetaInfo menduga Dark Mode akan segera tiba untuk pengguna iPhone dan Android, perlu dicatat keberadaan fitur seperti itu belum dikonfirmasi oleh WhatsApp.

Cara Aktifkan Mode Gelap WhatsApp di Android

Untuk pengguna Android yang ingin mencoba mode gelap WhatsApp, kalian bisa mendownload Android Q yang saat ini tersedia dalam versi beta.

1. Masuk ke menu Settings (pengaturan) -> Display -> Select Theme -> Dark. Ini adalah tema gelap bawaan yang ditambahkan Google pada Android Q.

2. Jika dark theme sudah diaktifkan, selanjutnya kalian perlu mengaktifkan opsi developer untuk memberikan izin. Caranya, kembali ke Settings -> About Phone.

Kemudian, scroll ke bawah hingga menemukan ‘Build Number’. Tap beberapa kali hingga muncul pesan ‘Developer Options is turned on’ penanda opsi developer diaktifkan.

3. Setelah Developer Options aktif, cari ‘Override force-dark’ lalu klik. Ini memastikan bahwa kalian bisa menggunakan tema gelap di dalam WhatsApp.

4. Langkah-langkah di atas akan mengaktifkan tema gelap untuk WhatsApp di Android Q. Untuk mendapatkan pengalaman dark mode seutuhnya, pastikan kalian menggunakan wallpaper gelap gelap sebagai background WhatsApp.

Cara Aktifkan Mode Gelap WhatsApp di iOS

Ada dua cara mengaktifkan dark mode / mode gelap di iOS. Yang pertama, bisa menggunakan iOS 13 yang saat ini tersedia dalam versi public beta.

Jika sudah menginstal iOS 13 beta, masuk ke menu Settings (Pengaturan) > Brightness and Display lalu aktifkan mode gelap.

Opsi lainnya adalah dengan memanfaatkan ‘Smart Inverse’ yang membalikkan warna layar. iOS punya warna layout background putih, jadi ketika kalian mengaktifkan Smart Inverse akan membuat layout backgroundnya menjadi hitam.

Untuk mengaktifkan Smart Inverse, masuk ke Settings(Pengaturan) > Accessibility > Display Accommodations lalu pilih Smart Inverse.

Setelah mengaktifkan dark mode di WhatsApp, warna background wallpaper akan tetap sama. Jadi, disarankan untuk mengganti background wallpaper yang lebih gelap untuk mendapatkan pengalaman dark mode yang sempurna. Perlu diingat juga, kalian yang akan mengupdate ke iOS 13 harus melakukan backup terlebih dahulu. Versi beta kemungkinan masih punya sejumlah bug yang membuat ponsel terkadang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Tags:

Artikel terkait:

Oktober 23, 2023

September 9, 2023

September 6, 2023

Agustus 26, 2023

Mei 12, 2023

April 6, 2023

About the author, JETE Indonesia