7+ Website untuk Parafrase Online, Cocok Buat Mahasiswa!

Juli

10

0 comments

JETE IndonesiaSalah satu masalah yang sering dihadapi oleh mahasiswa adalah kesulitan untuk membuat kalimat yang efektif. Terlebih ketika menyalin sumber dengan bahasa yang berbeda. Khususnya saat mengerjakan tugas seperti karya ilmiah, skripsi, dan lainnya. Tapi, kamu kini tak perlu khawatir berkat adanya website untuk parafrase online. Apa saja? Simak ulasannya di artikel kali ini.

Website untuk Parafrase Online

Berikut rekomendasi website atau situs yang bisa kamu gunakan untuk memparafrase kalimat menjadi lebih baik dan terbebas dari plagiarisme.

1. QuillBot

sc: Quillbot

Website parafrase online yang pertama adalah QuillBot. Kamu tak perlu mendownload, cukup pasang ekstensinya saja di Google Chrome maka bisa menggunakannya. Di sini terdapat batasan untuk parafrase hanya sekitar 125 kata saja.

Sementara, untuk peringkasan teks hanya terbatas pada 1.200 kata saja. Beda halnya ketika kamu menggunakan versi premium, maka bisa menggunakan untuk parafrase hingga jumlah kata tak terbatas. Bahkan hingga 6.000 kata sekalipun.

Baca juga: 7+ Website untuk Parafrase Online, Cocok Buat Mahasiswa!

2. DupliChecker

sc: Duplichecker

Kamu bisa menggunakan layanan duplichecker.com secara gratis dengan mengunjungi situs mereka. Setelah masuk ke situs, kamu dapat menemukan beberapa opsi menu. Untuk memeriksa plagiarisme, cukup masukkan kalimat yang sudah dipilih ke dalam kotak yang tersedia.

Keunggulan website ini adalah, pengguna bisa menggunakan DupliChecker tanpa harus mendaftar. Namun, kekurangannya hanya bisa diperbolehkan melakukan satu kali pengecekan dalam sehari. Selain itu, situs ini tidak hanya berguna untuk mendeteksi plagiarisme, tetapi juga sebagai spell checker dan batch checker.

3. Copyscape

sc: Copyscape

Untuk bisa menggunakan Copyscape, kamu bisa memilih dua opsi. Mulai dari fitur gratisan maupun berbayar. Namun, untuk yang gratisan kamu terbatas menggunakan fitur-fitur yang ada. Beberapa fitur unggulan yang bisa dicek selain kesalahan ketik juga mengenai plagiarisme.

Jika ada indikasi plagiat, maka Copysape juga akan memunculkan link situs aslinya. Di sisi lain, website ini terbatas dalam hal pemindaian. Yakni hanya sekitar 2000 saja kata. Dengan kata lain, kamu perlu ekstra untuk parafrase dalam jumlah banyak.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Mengetik 10 Jari Lebih Cepat!

4. Spinner.id

sc: Spinner

Spinner.id bisa kamu gunakan kapan saja dan di mana saja. Pasalnya, kamu tidak perlu download di PlayStore. Dengan catatan, koneksi internetmu aktif dan stabil. Untuk menggunakannya, terlebih dahulu harus login. Jika tidak punya, kamu bisa membuatnya.

Lalu, masukkanlah kalimat apa yang mau diparafrase hanya dengan copy paste. Baik kamu memparafrase sebagian atau keseluruhan paragraf. Selain itu, juga ada beberapa fitur-fitur unggulan yang bisa kamu gunakan nantinya.

5. Smodin.io

sc: Smodin

Website untuk parafrase online lainnya yang bisa dicoba adalah Smodin.io. Biasanya, para mahasiswa sering menggunakannya untuk memparafrase tugas-tugas tertentu. Mulai dari jurnal, karya tulis ilmiah, hingga skripsi. Kamu pun bisa menikmati secara gratis.

Dengan kemampuan parafrase yang baik, maka similarity index turnitin menjadi turun dan hasilnya pun memuaskan. Tak hanya itu saja, website ini juga dapat digunakan dengan berbagai macam bahasa yang dipilih sesuai kebutuhan pengguna.

Baca juga: Cara Menulis Arab di Laptop Windows Beserta Harakatnya!

6. Paraphrashing Tool

sc: Small SEO Tools

Seperti namanya, Paraphrashing Tool dirancang khusus untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para penggunanya. Bahkan, ini sangat user friendly. Kamu sebagai pengguna dapat mengcopy lalu mempaste di kolom yang ada.

Tungguah beberapa saat hingga kalimat yang diparafrase muncul. Walaupun memiliki keunggulan, untuk versi gratisannya ini kamu memang hanya mendapatkan jumlah kata tertentu. Apabila menginginkan fitur yang lebih, maka harus upgrade ke versi premium.

7. CleverSpinner

sc: Clever Spinner

CleverSpinner banyak dipilih karena kemampuannya dalam mengolah kata lebih baik. Bahkan, di sini dapat memilih maupun memahami kata dengan sinonim yang tepat. Mulai dari mengecek kesalahan eja, tanda baca, hingga memilihkan parafrase yang benar-benar berbeda.

Untuk menggunakannya secara gratisan, ini hanya dibatasi selama tiga hari saja. Jika kamu ingin menggunakannya lagi, maka harus berlangganan premium dengan harga 99.90US$ atau sekitar Rp145 ribuan per bulannya.

Baca juga: AI Voice Generator: Pengertian dan Rekomendasi Aplikasi Terbaik!

8. WordTune

sc: WordTune

Terakhir, kamu bisa pakai WordTune yang bisa dipasang dengan ekstensi di Google Chrome. Jadi, kamu bisa memparafrase kalimat yang diinginkan di Google Docs. Kerennya lagi, website ini bisa kamu gunakan gratis. Hanya saja, parafrasenya terbatas untuk 10 penulisan saja per harinya.

Kalau ingin yang lebih, maka kamu harus menggunakan versi premium. Meski begitu, harganya cukup ramah di kantong sebisar 10US$  atau sekitar Rp150 ribuan. Ada banyak fitur unggulan seperti memperpanjang teks, meringkas, hingga penulisan ulang dari paragraf dengan gaya bahasa tertentu.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Unduh Story Instagram dengan Mudah

Penutup

sc: Coconut.co

Setidaknya itu dia JETE Lovers website untuk bikin parafrase online yang bisa bikin tugasmu semakin mudah. Tapi ingat ya, parafrase ini bukan untuk menggunakan karya orang lain tanpa mencantumkan sumbernya. Pastikan kamu cantumkan juga sumber dimana kamu mendapatkannya saat mengerjakan tugas kuliah.

Nah, agar mengerjakan tugas semakin nyaman gunakan pula berbagai aksesoris gadget dari JETE Indonesia. Mulai dari headset, mouse, keyboard, dan lainnya yang bisa kamu dapatkan di official store kami di kota-kota Indonesia. Atau membelinya melalui website maupun marketplace kami. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

Juli 11, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan