7 Web Series Populer ini Wajib Ada di Watchlist Kamu!

Februari

23

0 comments

JETE Indonesia – Hai JETE Lovers! Buat kamu yang hobi nonton, sudahkah kamu punya watchlist untuk menemani weekend kali ini? Baru-baru ini populer tontonan yang anak muda banget untuk kamu! Web series, saat ini menjadi alternatif tontonan yang dapat menemani hari libur atau waktu luang menjadi lebih seru. 

Sejak berkembangnya media penayangan film digital, minat terhadap film semakin meningkat pula. Beberapa media ini seperti Netflix, VIU, Iflix, Vidio, WeTV, Klikfilm, dan masih banyak lagi. Lambat laun, media-media tersebut mulai meluncurkan web series original yang diproduksi secara mandiri. Peminatnya pun juga tidak kalah dengan film panjang. Nah sebelum itu, simak dulu yuk apa itu web series dan beberapa rekomendasinya dalam artikel kali  ini.

Apa Itu Web Series?

Web series merupakan merupakan film pendek yang ditayangkan di media penayangan film digital. Biasanya terdiri dari beberapa episode dengan durasi antara 15 hingga 30 menit. Serial hanya tayang di website resmi atau aplikasi media penayangan film yang memproduksinya.Oleh karena itu, biasanya akses penontonnya pun dibatasi.

Karena penayangan series terbatas pada media penayangan, kamu harus mendaftar akun terlebih dahulu. Lalu untuk mendapatkan aksesnya, pengguna diharuskan membayar agar bisa menonton serial hingga episode terakhir. Namun, selain yang berbayar di sisi lain masih ada beberapa serial yang dapat kamu akses secara gratis.

Baca juga: Wajib Nonton, Ini 7 Film Netflix Rating Tertinggi

Perbedaan Web Series dan Sinetron

Drama Korea Terbaru

Jika bicara mengenai perbedaan web series dan sinetron, tahukah kamu ‘Imperfect the Series’ dan ‘Ikatan Cinta’? Keduanya adalah contoh perbedaan kedua jenis sinema ini. Meskipun keduanya sama-sama terdiri dari beberapa episode, namun terdapat beberapa hal yang membedakannya. Seperti dalam penjelasan berikut ini.

Durasi Film

Hal pertama yang membedakan web series atau serial website dan sinetron adalah durasinya. Sinetron atau sinema elektronik berdurasi lebih panjang daripada serial website. Umumnya serial website berdurasi antara 15 hingga 30 menit dan tidak lebih dari 60 menit. Sedangkan sinetron berdurasi sekitar 60 menitan atau lebih.

Media Penayangan

Perbedaan kedua adalah media penayangan. Umumnya sinetron tayang di televisi baik harian maupun mingguan. Sedangkan web series hanya tayang di media original atau kanal YouTube saja. Kamu pun  harus berlangganan untuk dapat menonton sebuah series dalam beberapa episode yang ada.  

Konflik dan Alur Cerita

Pernahkah kamu membandingkan isi cerita web series dengan sinetron? Bagi banyak kaum muda pasti setuju jika serial website memiliki alur cerita yang lebih jelas daripada sinetron. Hal ini karena serial website ditulis secara runtut dengan tujuan cerita yang jelas pula. Sedangkan cerita dalam sinetron biasanya ditulis secara spontan dengan tujuan cerita yang lebih panjang. 

Jumlah Episode 

Perbedaan terakhir sinetron dan web series terletak pada jumlah episodenya. Karena jalan cerita dan tujuan yang sudah jelas, jumlah episode dalam serial website lebih sedikit dibandingkan sinetron. Umumnya jumlah episode serial website adalah 5 hingga 10 episode dan paling banyak adalah 20 episode. Sedangkan sinetron memiliki jumlah episode lebih banyak yaitu ratusan bahkan ribuan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2023

Rekomendasi Web Series Seru Indonesia 

Nah, untuk menemani weekend menjadi lebih seru, kamu bisa menambahkan list rekomendasi berikut.

1. Switchover

Web Series karya Angling Sagaran ini, merupakan produksi original Vidio yang dapat kamu tonton secara gratis lho. Terdapat delapan episode dalam serial ini yang diperankan oleh Zara Adhisty, Fadly Faisal, dan Emir Mahira. 

‘Switchover’ mengisahkan seorang gadis manis bernama Anna dalam misi membalaskan dendam atas kematian ayahnya. Dendam ini ia lancarkan dengan masuk dalam geng motor ‘Griffin’ dibantu Thunder, ketua geng ‘Cerberus’. Geng motor ‘Cerberus’ merupakan geng rival dari ‘Griffin’.

Baca juga: Starter Pack Nonton Film dan Drama yang Wajib Anda Miliki! 

2. Kitab Kencan

Serial ini merupakan hasil produksi Im-a-gin-e Films dan Anami FIlms yang tayang sejak pertengahan Januari 2023 di Vidio. ‘Kitab Kencan’ merupakan series adaptasi novel karya Sekar Ayu Asmara dengan judul yang sama. Serial ini disutradarai oleh Dondy Adrian yang diperankan oleh Aurelie Moeremans, Nadine Emanuella, Fergie Brittany, dan Shalom Rahade.

Series ini mengisahkan bagaimana Gya yang diperankan oleh Aurelie Moeremans mendapatkan pacar barunya melalui Kitab Kencan. Gya memanfaatkan kencan-kencan tersebut untuk menyelamatkan karirnya sebagai influencer. Kamu dapat menontonnya di Vidio dengan berlangganan akun premium.

3. Open BO

Web Series satu ini diperankan oleh Wulan Guritno sebagai pemeran utama bernama Ambar. Lawan mainnya di series ini adalah Winky Wiryawan sebagai penulis senior FTV Azab bernama Jaka. Series ini mengisahkan perjanjian Jaka dan Ambar dengan tujuan mereka masing-masing. Ambar dalam menutupi perselingkuhannya dengan politikus meminta Jaka untuk berperan sebagai suaminya. Sebagai gantinya, Ambar akan membantu Jaka dalam riset bisnis Open BO untuk menyelesaikan naskah barunya. 

Cerita dalam serial ini tergolong unik sehingga akan sangat seru untuk kamu tonton selama weekend. Series ini merupakan produksi AmaDeus SineMagna karya Reka Wijaya yang dapat kamu dapat tonton di Vidio. Series ini termasuk dalam kategori series dewasa. Jadi, pastikan kamu sudah cukup umur ya untuk menonton series ini.

Baca juga: 7 Film Action Netflix Terbaik yang Sayang untuk Dilewatkan!

4. Jodoh atau Bukan

Kali ini berpindah ke media WeTV, serial berjudul ‘Jodoh atau Bukan’ diperankan oleh Megan Domani sebagai Natalie. Serial ini mengisahkan perjalanan kabur Natalie ke rumah ayah yang sudah tidak pernah ia temui sejak lama. Natalie memutuskan kabur dari rumah setelah mendapati perjodohan yang akan dilakukan ibunya. 

5. Mantan tapi Menikah

Web series ini diperankan oleh Aurelie Moeremans dan Omar Daniel sebagai Ana dan Saka. Hubungan keduanya adalah mantan kekasih yang bertemu kembali sebagai karyawan dan bos. Dalam pertemuan kali ini ternyata mereka masih saling mencintai. Kamu dapat menonton kelanjutan kisah mereka hanya di Viu Original.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Beli Tiket Bioskop Online untuk Nonton Film Favorit

6. Skaya and the Big Boss

‘Skaya and the Big Boss’ merupakan web series baru yang menceritakan kisah Skaya dalam penyamaran menjadi saudara laki-laki kembarnya yang sedang sakit, Skara. Penyamaran yang dilakukan Skaya mengharuskannya untuk tinggal di asrama laki-laki. Di sinilah petualangan dimulai.

Dlam serial ini tokoh utama Skaya diperankan oleh Natasha Wilona dengan lawan main Ryan Wijaya. Sedangkan, kembarannya Skara, diperankan oleh Jonathan Alden. Series ini disutradarai oleh Indra Gunawan. Web series ‘Skaya and the Big Boss’ bisa kamu tonton di Maxstream.

7. 96 Jam

Web series karya Sonu Samtani ini terdiri dari delapan  episode yang menceritakan penyanderaan 6 siswa sekolah elit oleh sekelompok penjahat. Banyak plot seru dalam serial ini dengan melibatkan pertaruhan nyawa. ‘96 Jam’ diperankan oleh beberapa aktor dan aktris di antaranya Bastian Steel, Maudy Effrosina, dan Ratu Felisha. Series ini merupakan series baru, jadi kamu perlu menunggu penayangan perdananya pada bulan April mendatang di Vidio.

Baca juga: 5 Aplikasi Nonton Bola Liga Terbaik Dunia

Penutup

Itulah 7 rekomendasi web series yang dapat menemani weekend kamu kali ini. Untuk mendapatkan pengalaman nonton yang lebih seru, kamu bisa menggunakan aksesoris gadget seperti earphone, TWS, dan aksesoris lainnya dari JETE Indonesia yang tersedia di official store di kotamu atau melalui marketplace kami. Selamat menonton!

 

Penulis: Roziana Lailatul Hidayah (Universitas Airlangga)
Editor: Irfantoni Listiyawan

Artikel terkait:

Desember 21, 2023

Desember 9, 2023

November 25, 2023

November 25, 2023

November 20, 2023

November 3, 2023

About the author, JETE Indonesia