Tips Merawat Powerbank Agar Tidak Cepat Rusak

Agustus

21

2 comments

JETE IndonesiaPowerbank kini menjadi perangkat yang tak terpisahkan dari tren gaya hidup digital. Fungsinya adalah untuk mengisi daya baterai pada smartphone saat dibawa ke mana saja dan kapan saja. Lantas, bagaimana cara merawatnya agar tetap awet dan tidak bolak-balik mengganti garu karena sering rusak? Inilah ulasannya.

Tips Merawat Powerbank

Menjaga dan merawat perangkat pengisian daya ini sebenarnya cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menerapkan beberapa hal berikut ini untuk menjaga perangkat tetap dalam kondisi baik.

1. Perhatikan Suhunya

01. powerbank, merawat powerbank

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Tips paling awal adalah dengan memperhatikan suhu pada powerbank maupun suhu lingkungan. Usahakan suhu yang ada tetap dalam kondisi normal dan tidak ekstrem. Adalam artian tidak terlalu panas maupun terlalu dingin. Hindarilah meletakkan powerbank di bawah sinar matahari langsung maupun di tempat lembap. Terutama mudah terkena air. Ketika terpapar suhu ekstrem, komponennya pun akan cepat rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

2. Jangan Mengisi Ulang Sesering Mungkin

02. powerbank, merawat powerbank

Berikutnya ialah jangan sering mengisi ulang powerbank. Pada umumnya, powerbank menggunakan jenis baterai Lithium Ion (Li-Ion) maupun Lithium Polimer (Li-Po) dengan ketahanan berbeda. Li-Ion siklus hidupnya adalah 500 kali pengisian, sedangkan untuk jenis Li-Po adalah 1000 kali. Apabila sering diisi ulang dan siklus hidupnya maksimal, dayanya akan cepat berkurang. Begitu juga pengisian dayanya akan lebih lama.

3. Isilah Powerbank Saat Dayanya Mulai Rendah

01.-powerbank

Apakah Anda mengisi powerbank ketika dayanya sudah 0%? Sebaiknya hal seperti itu perlu dihindari agar tetap awet. Melakukan pengisian daya dalam kondisi 0% selain membutuhkan waktu yang cukup lama juga berpotensi membuat perangkat cepat aus. Idealnya, Anda dapat mengisisnya saat indikator dalam keadaan low. Misalnya jika ada empat LED indikator, maka lakukanlah pengisian ketika indikator hanya menyala 1 LED saja.

Baca juga: Begini Cara Mengisi Daya Powerbank yang Tepat

4. Hindari Overcharging Saat Pengisian Daya

03. powerbank, merawat powerbank

Sebagian orang kerap membiarkan perangkatnya ditinggalkan begitu saja pada saat melakukan pengisian ulang. Sehingga menimbulkan overcharging, padahal semua perangkat memiliki kapasitas tersendiri. Apabila kelebihan daya maka ini juga akan menimbulkan kerusakan. Untuk menghindari hal itu, Anda bisa mengaktifkan timer maupun memeriksa powerbank secara berkala pada lampu LED indikatornya.

5. Cucilah dengan Bersih dan Hindari Benturan

01.powerbank

Mungkin terakhir ini mungkin terdengar cukup aneh. Namun, Tentu saja ada cara tersendiri dalam mencucinya.  Salah satunya menggunakan busa dari sabun pencuci piring. Kemudian, usapkan sikat gigi maupun spon secara perlahan agar busa tidak masuk komponen. Setelah itu, letakkan powerbank yang aman dari benturan supaya komponen baterainya tetap terjaga dan tidak kendor sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Mendapatkan Powerbank Terbaik

Setidaknya itulah beberapa cara terbaik merawat powerbank secara aman dan nyaman yang perlu Anda ketahui dan terapkan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya Anda gunakan perangkat dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah produk dari JETE dengan berbagai fitur unggulan. Anda bisa mendapatkannya di outlet-outlet resmi JETE Indonesia dan mitra di berbagai kota atau melakukan pembelian di Doran Gadget selaku distributor utama.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Juli 4, 2022

Juli 4, 2022

Juni 27, 2022

Mei 28, 2022

April 18, 2022

Maret 9, 2022

About the author, JETE Indonesia

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb