Ternyata Tidak Harus Download Aplikasi MyPertamina Untuk Beli Bensin Subsidi 

JETE Indonesia – Beberapa waktu belakangan ini sedang ramai diperbincangkan tentang uji coba pembelian BBM bersubsidi Pertalite dan Biosolar mewajibkan untuk menggunakan aplikasi MyPertamina. Namun beberapa sumber menyebutkan pembeli tidak harus download aplikasi MyPertamina. Lantas manakan kabar yang benar? 

Sesuai dengan yang telah disebutkan bahwa PT Pertamina (Persero) akan mulai mendata masyarakat yang membeli BBM subsidi jenis Pertalite dan Biosolar per 1 Juli 2022 nanti. Uji coba ini dilakukan pada 11 kota yang meliputi Bandung, Tasikmalaya, Yogyakarta, Sukabumi, Padang Panjang, Bukit tinggi, Tanah Datar, Banjarmasin, Manado, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Ciamis. 

Banyak sumber yang mengungkapkan bahwa pembeli harus download aplikasi MyPertamina untuk bisa membeli BBM subsidi. Padahal kebijakan tentang kewajiban untuk menggunakan aplikasi MyPertamina sama sekali tidak dijelaskan oleh pihak Pertamina. 

Dilansir dari Pikiran-Rakyat.com, Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Bart, Eko Kristiawan menjelaskan bahwa masyarakat tidak harus mendownload dan menggunakan aplikasi MyPertamina. 

Baca juga: 5 Web Edit Foto Online Tanpa Instal Aplikasi 

Namun masyarakat diminta untuk melakukan pendaftaran data diri melalui situs https://subsiditepat.mypertamina.id/ sehingga bisa melakukan pembelian bensin bersubsidi per 1 Juli 2022 nanti. 

Bagi masyarakat yang handphonenya tidak sanggup untuk mengunduh aplikasi MyPertamina tidak perlu khawatir. Karena pendaftaran bisa dilakukan via website. Setelah mendaftar maka pengguna akan mendapatkan QR Code. 

QR Code tersebut bisa digunakan melalui aplikasi MyPertamina, bisa disimpan dalam bentuk screenshot, ataupun di cetak untuk dibawa kemana-mana. Sehingga tanpa aplikasi pun masyarakat masih bisa melakukan pembelian melalui QR Code yang sudah disimpan atau dicetak. 

Melalui QR Code tersebut, petugas SPBU Pertamina akan mecocokkan dengan data diri dan melanjutkannya untuk transaksi pembelian Pertalite atau Biosolar. Bentuk pembayaran yang digunakan juga masih beragam, mulai dari tunai, debit, kredit, hingga non tunai lainnya yang bisa dilakukan via aplikasi MyPertamina. 

Baca juga: 6 Aplikasi Grafis 3D Bagi Pemula dan Profesional

Download Aplikasi MyPertamina 

Anda bisa mengunduh aplikasi MyPertamina di sini. Untuk mendaftar Anda harus menyiapkan data seperti KTP, STNK, foto kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya. Sebelum menggunakan aplikasinya, Anda wajib untuk mendaftar melalui link resmi https://subsiditepat.mypertamina.id/. Setelah selesai mengisi data yang diperlukan, Anda diminta untuk menunggu pencocokan data yang akan berlangsung maksimal dalam 7 hari kerja. Jika pencocokan data berhasil, Anda akan mendapatkan QR Code yang bisa digunakan untuk bertransaksi. 

Baca juga: Deretan Daftar Aplikasi Presentasi Video Gratis Terbaik 2022

Penutup: 

Itulah penjelasan tentang apakah untuk bisa menggunakan BBM subsidi harus download aplikasi MyPertamina atau tidak. Nah bagi Anda yang tidak ingin repot harus mencetak QR Code terlebih dahulu, maka bisa langsung mengunduh aplikasi MyPertamina di PlayStore. 

Agar tidak khawatir baterai habis saat harus menggunakan aplikasi untuk membeli bensin, kini Anda bisa menggunakan powerbank JETE yang aman dan mudah dibawa kemana-mana. Kapasitasnya yang besar juga tidak akan membuat Anda khawatir harus kehabisan baterai. Dapatkan powerbank JETE di official store JETE Indonesia atau melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini. 

× WhatsApp