Sering Bermain Ponsel, Simak 5 Tips Mata Tetap Sehat

Mei

24

0 comments

JETE Indonesia – Terlalu sering menatap layar ponsel berpotensi merusak mata. Layar smartphone anda dapat berakibat mata terasa panas, kering, ataupun berair. Untuk penderita rabun jauh, terlalu sering bermain ponsel bisa menambah minusnya. Penggunaan ponsel yang berlebihan harus dikurangi demi menjaga kesehatan mata.

Tips Agar Mata Aman dan Sehat Menggunakan Ponsel Anda

smartphone, cara mengatasi HP lemot

Terdapat beberapa tips aman menjaga kesehatan mata ketika menggunakan ponsel.

1. Jaga Jarak Pandang Terhadap Ponsel

Anda harus memerhatikan jarak pandang ketika menggunakan smartphone. Jarak pandang yang aman adalah 30-40 cm dari mata. Jarak tersebut sama dengan jarak pandang ketika membaca buku.

2. Sering Berkedip

Mengedipkan mata dapat mencegah mata kering. Meski dalam keadaan asyik memerhatikan smartphone, Anda tidak boleh lupa untuk selalu mengedipkan mata.

3. Mengistirahatkan Mata Setelah Bermain Ponsel

Mata juga butuh istirahat setelah lama menatap smartphone. Istirahatkan mata setelah 20 menit serius memerhatikan ponsel. Beri jeda mata untuk melihat ke arah lain.

4. Atur Tampilan Layar

Hal penting yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan mata. Pakai font yang berukuran sedang dan mudah dibaca. Selain itu, tingkat kecerahan layar juga harus diatur. Pilih kecerahan layar yang pas, tidak terlalu gelap atau terlalu terang.

5. Gunakan Pelindung Layar

Pelindung layar umumnya diketahui berfungsi untuk melindungi layar smartphone agar tidak tergores. Selain itu, benda tersebut juga dapat meminimalisir paparan cahaya yang berlebihan. 

Baca juga: Wajib Dihindari, Ini 10 Hal yang Memicu Smartphone Terbakar

Tips Menjaga Mata Anak Tetap Aman Bermain Ponsel

ponsel, smartphone, anak

Tak hanya bagi orang dewasa saja, anak-anak pun perlu pengawasan orang tua agar mata tetap sehat dan aman ketika bermain gadget. Berikut beberapa tips yang setidaknya bisa Anda terapkan pada anak agar mereka nyaman menggunakan gadget:

  1. Penggunaan gadget pada anak sebaiknya dibatasi maksimal 2 jam sehari, termasuk bermain game, menonton video dan film di TV, menatap layar komputer, laptop, maupun ponsel.
  2. Penggunaan gadget sebaiknya tidak dilakukan dalam satu waktu. Maksudnya, setiap 30 menit menatap layar sebaiknya diselingi dulu dengan aktivitas melihat jauh (lebih dari 6 meter). Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan pada mata. Bisa juga diterapkan aturan 20-20, yaitu 20 menit menatap layar gawai, 20 detik beristirahat (melihat obyek jauh dengan jarak lebih dari 6 meter).
  3. Jarak pandang mata ke gawai juga harus diperhatikan. Jarak yang baik antara mata dengan gadget adalah sekitar 30-40 cm. Usahakan juga agar posisi gadget lebih rendah dari posisi mata, yaitu membentuk sudut sekitar 15º.
  4. Hindari membiasakan bermain gadget sambil tiduran. Apabila sedang menonton TV usahakan agar anak tidak terlalu dekat dengan layar TV. 
  5. Jarak yang baik untuk menonton televisi adalah sekitar 4-5 kali diagonal TV.
  6. Pencahayaan gadget sebaiknya tidak terlalu terang. Pasalnya, pencahayaan yang terlalu terang dapat mempercepat timbulnya mata lelah.
  7. Pencahayaan ruangan juga harus diatur sedemikian rupa agar tidak terlalu kontras dengan pencahayaan dari gawai. Ruangan yang terlalu redup akan menyebabkan kontras yang berlebihan sehingga akan membuat mata menjadi tidak nyaman.
  8. Pada saat anak sedang berkonsentrasi menggunakan gawai, refleks berkedip akan berkurang. Hal ini menyebabkan mata menjadi kering. Oleh karena itu, ingatkan anak agar berkedip secara teratur saat sedang menggunakan gadget
  9. Tak kalah penting, hindari membaca sambil tiduran, hindari membaca di tempat gelap, istirahat yang cukup dan rajin mengonsumsi sayur dan buah karena baik untuk kesehatan mata.

Penutup

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone (4)

Menjaga kesehatan mata memang sangat penting bagi siapa saja, mulai anak-anak,remaja, hingga orang tua. Setidaknya dengan tips dan cara di atas jika dilakukan dengan baik dan benar Anda bisa mencegah terjadinya masalah kesehatan mata karena terlalu lama bermain gadget dan ponsel. Jangan lupa untuk selalu menggunakan perangkat aksesoris gadget terbaik agar semakin nyaman. Khususnya pelindung layar yang dapat menjaga kekontrasan tampilan ponsel dari pandangan.

Artikel terkait:

Juli 2, 2024

Juni 29, 2024

Juni 25, 2024

Juni 22, 2024

Juni 18, 2024

Juni 14, 2024

About the author, JETE Indonesia