Perbedaan Smartwatch dan Jam Tangan, Mana yang Lebih Baik?

Juni

3

0 comments

JETE IndonesiaSmartwatch dan jam tangan adalah dua barang kerap menjadi aksesoris tangan baik itu untuk perempuan maupun laki laki. Biasanya, dua barang tersebut digunakan sebagai alat penunjuk jam. Namun, berbeda dengan smartwatch yang memiliki tampilan lebih canggih dan terdapat fitur menyerupai smartphone. Selain itu, terdapat perbedaan smartwatch dan jam tangan lainnya yang kerap dijadikan pertimbangan banyak orang. Berikut selengkapnya!

Pengertian Smartwatch vs Jam Tangan

perbedaan smartwatch dan jam tangan
sc: radatime

Smartwatch dan jam tangan merupakan barang yang biasanya digunakan untuk penunjuk waktu sekaligus aksesoris agar terlihat semakin kece. Barang yang sudah ada sejak tahun 1500-an tersebut terus mengalami perkembangan dengan model yang bervariasi baik dari segi tampilan maupun kegunaannya. Salah satu dari perkembangan tersebut adalah dengan munculnya smartwatch atau jam tangan pintar.

Smartwatch adalah jam tangan pintar yang memiliki berbagai fitur menarik menyerupai smartphone dan dapat terhubung dengan jaringan internet. Adapun beberapa fitur yang dapat kamu temukan melalui smartwatch meliputi kamera, pesan, panggilan, hingga mengecek aktivitas fisik. 

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Baca juga: 10+ Fungsi Smartwatch yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membelinya!

Perbedaan Smartwatch dan Jam Tangan

perbedaan smartwatch dan jam tangan
sc: 91 Mobile

Meskipun memiliki tampilan yang sama, perlu kamu ketahui bahwa terdapat beberapa perbedaan smartwatch dan jam tangan. Setidaknya ada empat perbedaan dalam smartwatch vs jam tangan yang di antaranya adalah:

1. Ketahanan Baterai 

Perbedaan smartwatch dan jam tangan yang pertama adalah dari segi ketahanan baterainya. Keduanya tentu memiliki ketahanan baterai yang berbeda dan dalam hal ini jam tangan lebih unggul dalam ketahanan baterai. Hal tersebut dikarenakan jam tangan tidak membutuhkan listrik untuk bisa hidup. 

Sedangkan smartwatch membutuhkan listrik untuk bisa menyala, sehingga daya baterainya perlu diisi ulang jika baterai smartwatch habis. Selain itu, smartwatch juga hanya dapat bertahan paling lama satu minggu. Itupun jika kamu jarang menggunakannya. 

2. Perbedaan Smartwatch dan Jam Tangan – Harga 

Perbedaan selanjutnya terletak di harga. Dalam hal ini, smartwatch biasanya memiliki harga yang lebih mahal dari pada jam tangan biasa. Hal tersebut dikarenakan smartwatch memiliki fungsi yang tidak hanya untuk penunjuk jam melainkan fungsi lainnya yang canggih menyerupai smartphone. Sehingga tidak heran jika harga smartwatch sama dengan smartphone

Meskipun harga jam tangan secara umum relatif terjangkau daripada smartwatch. Terdapat pula beberapa jam tangan yang memiliki harga mahal seperti jam tangan dari brand terkenal. Bahkan harga jam tangan yang sudah memiliki brand bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan juta. 

3. Gaya Desain

perbedaan smartwatch dan jam tangan
sc: Datascriptmall

Secara tampilan, smartwatch dan jam tangan memiliki tampilan yang sama karena digelangkan di tangan. Namun keduanya memiliki desain yang berbeda. Biasanya, Smartwatch memiliki gaya desain modern dan memiliki layar yang lebih besar agar memudahkan kamu untuk menggunakannya. Uniknya lagi, kamu juga dapat mengganti wallpaper smartwatch sesuai yang kamu inginkan agar tidak bosan.  

Sementara gaya desain pada jam tangan hanya memiliki satu desain dan konsisten tidak dapat diganti. Namun, jika kamu ingin melakukan perubahan pada jam tangan. Kamu dapat merubahnya dari tali jam yang dapat dibongkar pasang. Dengan begitu, kamu juga bisa merasakan tampilan yang baru dan tidak membosankan. 

4. Teknologi 

Perbedaan smartwatch dan jam tangan yang terakhir adalah dari segi teknologi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kalau smartwatch adalah perangkat yang hampir sama dengan smartphone. Dengan menggunakan smartwatch, kamu dapat menggunakan beberapa fitur canggihnya seperti mendengarkan musik, bertukar pesan, telepon, hingga mengecek kesehatan dan olahraga dari fitur-fitur yang disediakan.

Berbeda dengan jam tangan, kamu hanya bisa menggunakannya untuk penunjuk jam dan aksesoris. Meskipun begitu, jam tangan akan tetap bertahan hingga kapanpun karena tidak perlu mengikuti berkembangknya teknologi. Sehingga, jam tangan bisa memiliki nilai jual yang tinggi seiring berjalannya waktu.

Baca juga: 10 Smartwatch JETE Terbaik untuk Temani Aktivitasmu

Kelebihan Smartwatch

perbedaan smartwatch dan jam tangan
sc: Urbanasia

Setelah memahami perbedaan smartwatch dan jam tangan, berikut ini adalah beberapa kelebihan smartwatch yang bisa kamu rasakan ketika menggunakanya. Berikut diantaranya:  

  • Fitur Kebugaran: Melacak aktivitas olahraga dan harian seperti detak jantung, jumlah langkah, kalori terbakar, dan berbagai gerakan olahraga.
  • Fitur Pesan: Menerima dan mengirim SMS, email, serta WhatsApp, fitur yang sebelumnya hanya ada di ponsel pintar.
  • GPS: Membantu kamu untuk bernavigasi saat melakukan perjalanan.
  • Panggilan Telepon: Melakukan dan menerima panggilan telepon langsung dari jam tangan.
  • Fitur Lainnya: Smartwatch juga memiliki fitur tambahan seperti games, kamera, video, bluetooth, dan pemutar musik, yang mirip dengan fungsi ponsel pintar.

Baca juga: Spesifikasi JETE AM3 Series: Ada Fitur Olahraga, Kesehatan, hingga Game

Kelebihan Jam Tangan

perbedaan smartwatch dan jam tangan
sc: Datascriptmall

Selain kelebihan smartwatch, ada juga kelebihan jam tangan yang tidak kalah bermanfaatnya. Untuk jelasnya, simak kelebihan jam tangan di bawah ini!

  • Nilai Sentimental: Jam tangan memiliki nilai yang lebih tinggi karena sejarahnya yang panjang dan sifatnya sebagai aksesori yang bermakna dalam hidup seseorang. 
  • Investasi: Jam tangan mewah sering dibeli sebagai investasi jangka panjang. Merek-merek terkenal seperti Rolex yang bisa meningkat nilainya seiring waktu.
  • Aksesori Mewah: Jam tangan sering dipakai untuk acara-acara penting untuk menonjolkan kesan mewah.
  • Harga Variatif: Jam tangan memiliki rentang harga yang sangat variatif, dari puluhan ribu hingga miliaran.
  • Model Beragam: Pilihan yang tersedia jauh lebih beragam dibandingkan dengan smartwatch.
  • Eksklusif: Jam tangan memiliki mesin yang artistik dan unik dengan roda gigi yang menarik sebagai penggerak penunjuk waktu.

Baca juga: JETE Rilis Tiga Smartwatch Baru, Ini Fitur Unggulannya!

Penutup

Bagaimana JETE Lovers? itu tadi adalah pembahasan mengenai perbedaan smartwatch dan jam tangan yang perlu kamu ketahui. Jika kamu termasuk orang yang lebih suka menggunakan smartwatch daripada jam tangan. Dapatkan smartwatch terbaik dari JETE Indonesia yang tersedia berbagai tipe. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembelian. Silahkan hubungi kami melalui Whatsapp.

Artikel terkait:

Juni 13, 2024

Juni 11, 2024

Juni 8, 2024

Juni 6, 2024

Juni 5, 2024

Juni 3, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb