Mengapa Mengecas Powerbank Dilarang di Kabin Bus? Ini Alasannya!

Maret

9

0 comments

JETE Indonesia – Teknologi di kendaraan saat ini sudah semakin maju. Mulai dari mobil pribadi hingga kendaraan umum seperti bus, kereta api, dan lainnya sudah bisa memberikan kenyamanan pada penumpang dengan memberikan slot atau tempat bagi penumpang untuk mengisi daya perangkat elektronik mereka selama perjalanan. Salah satunya adalah dengan adanya colokan USB yang terpasang sehingga penumpang bisa mengecas powerbank di kabin bus. 

Sayangnya, Anda harus mewaspadai terkait fasilitas satu ini. Pasalnya baru-baru ini terjadi kebakaran di jalan tol Pandaan-Malang kilometer 61 yang diduga disebabkan oleh penggunaan arus daya yang tidak sesuai pada bus tersebut. 

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini di bus penumpang sudah diiberikan adanya fitur colokan USB yang memudahkan para penumpang untuk mengisi daya saat daya ponsel habis. Namun yang perlu diperhatikan adalag larangan tentang mengisi daya untuk powerbank. Namun apa alasannya hingga mengecas powerbank dilarang di kabin bus?

Baca juga: Bolehkah Menyimpan Powerbank di Jok Motor?

Mengecas Powerbank di Kabin Bus Bisa Sebabkan Kebakaran

Dilansir dari Kompas.com, Export Manager Karoseri, Laksana Werry Yulianto menjelaskan bahwa belum ada kejelasan pasti mengenai mengisi daya di bus. Namun kualitas dari powerbank yang dimiliki penumpang juga berbeda sehingga potensi terbakar karena overheat bisa muncul saat di cas.

Kapasitas powerbank yang besar bisa menjadi penyebab listrik kabin bus melemah. Jika ada banyak orang yang mengecas powerbank dan lupa mencabutnya saat sudah penuh bisa menjadi awal bahaya datang. Karena panas yang dihasilkan saat mengisi powerbank bisa berbahaya dan menyebabkan kebakaran di kabin bus. 

Itulah alasan mengapa tidak disarankan untuk mengisi daya powerbank di kabin bus. Karena pada dasarnya penyediaan port USB di bus disuguhkan untuk mengisi daya handphone saja bukan untuk powerbank. Karena tidak ada yang tahu mengenai kualitas power bank yang digunakan, apakah memiliki daya charging yang baik atau tidak. 

Demi menghindari kejadian serupa terulang kembali, ada baiknya kepada semua penumpang untuk tidak lagi mengisi daya powerbank di kabin bus.

Baca juga: Ketentuan Powerbank yang Boleh Dibawa ke Pesawat

Pakai Powerbank 20.000mAh dari JETE 

powerbank-terbaik-5

Agar tidak perlu repot-repot mengecas powerbank lagi di kabin bus, Anda bisa membeli powerbank dari JETE Indonesia yang memiliki kapasitas hingga 20.000mAh. Sehingga meskipun dalam perjalanan ke luar kota, Anda tidak perlu takut akan kehabisan daya. Beli powerbank JETE di outlet resmi JETE Indonesia atau di Doran Gadget selaku distributor resmi. 

Artikel terkait:

Juli 4, 2022

Juli 4, 2022

Juni 27, 2022

Mei 28, 2022

April 18, 2022

Maret 9, 2022

About the author, Arini Rizki Fauziah

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb