5 Kesalahan Saat Mengecas HP yang Patut Dihindari

Februari

11

0 comments

JETE IndonesiaHP saat ini menjadi kebutuhan utama masyarakat. Baik untuk berkomunikasi, membantu pekerjaan, hingga untuk hiburan. Seiring penggunaannya, hal itu akan membuat daya baterai menurun. Salah satu caranya adalah dengan mengisi daya kembali atau mengecasnya. Namun, tak jarang pengguna melakukan kesalahan saat mengecas HP. Apa saja di antaranya? Simak ulasannya dalam artikel kali ini.

Kesalahan Saat Mengecas HP

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika melakukan pengisian daya di HP baik disadari atau tidak yang sebaiknya kamu hindari.

1. Mengecas Hingga 100%

01. adapter charger, charger terbaik

Kesalahan saat mengecas HP yang pertama adalah mengisi daya sampai penuh hingga 100%. Selama ini, banyak orang beranggapan jika mengisi hingga angka tersebut lebih baik. Namun, justru memperpendek masa pakai baterai. Idealnya, isi ulang daya dilakukan saat baterai HP berada di tingkat 30%. Atau saat HP baterainya berada di bawah persentase 50%. Lalu, lepaslah charger ketika angkanya sekitar 80%. Ini bertujuan agar pengisian daya dapat bekerja secara optimal, terlebih jika perangkat memiliki fitur pengisian daya cepat.

Baca juga: 5 Tips Melindungi HP dari Cuaca Panas yang Bisa Anda Coba!

2. Mengecas HP sampai Semalaman Penuh

Selanjutnya, jangan sering mengecas HP semalaman penuh. Memang, cara ini leih mudah apalagi bagi kamu yang sibuk. Akan tetapi, cara seperti ini akan membuat baterai cepat rusak. Termasuk juga mengebabkan trickle charge, yakni walaupun sudah terisi penuh HP akan tetap berjalan aktif. Alhasil, baterai tidak akan terisi 100% dan hanya di level maksimal 99% saja. Bahkan, saat kamu lupa melepas charger dikhawatirkan terjadi hubungan pendek arus listrik dan menyebabkan bahaya lainnya seperti kebakaran.

3. Kesalahan Saat Mengecas HP – Menggunakan Saat Diisi

Charger hp 3

 

Apakah kamu sering menggunakan atau memainkan HP saat diisi ulang? Sebaiknya hal tersebut dihindari. Kesalahan ini misalnya menonton video atau main game bersamaan dengan HP dicas. Ini akan membuat pengisian daya menjadi tidak optimal. Kemudian, HP pun akan menjadi cepat panas sehingga kemampuan baterai berkurang. Akibatnya, kamu harus melakukan pengisian berulang kali agar dapat digunakan dengan semestinya. Tentu, ini kurang efektif.

Baca juga: Agar Tak Meledak, Simak 5 Cara Mengecas HP yang Benar Ini!

4. HP Terlalu Panas

Kesalahan saat mengecas HP yang terkadang tidak disadari adalah membiarkannya terlalu panas ketika melakukan pengisian daya. HP yang terlalu panas tidak hanya disebabkan karena suhu pada smartphone itu sendiri, melainkan juga faktor lainnya. Misalnya saja mengecas dengan terkena sinar matahari secara langsung. Termasuk meletakkan HP di dashboard saat cuaca panas. Hal itu akan berpengaruh pada kesehatan baterai nantinya. Di sini, kamu bisa mengecas HP dengan mengikuti suhu ruangan.

5. Pakai Aksesoris Berkualitas Buruk

03. adapter charger, charger terbaik

Terakhir, hindari menggunakan charger yang tidak original atau berkualitas buruk. Khususnya untuk perangkat yang memiliki pengisian daya cepat. Tentu, memiliki charger tersendiri. Walaupun kamu tidak mengggunakan charger original, opsinya adalah dengan menggunakan charger dari pihak ketiga atau vendor dengan kualitas terbaik dan terpercaya. Ini bisa dilihat dari bahan yang digunakan, teknologi yang dimiliki, fitur keamanan pengisian daya, hingga garansi yang diberikan kepada pengguna selama masa penggunaan di waktu tertentu.

Baca juga: Jangan Asal Beli, Ini 5 Tips Memilih Adapter Charger yang Baik

Penutup

Nah, setidaknya itu dia JETE Lovers beberapa kesalahan saat mengecas HP yang patut kamu hindari agar lebih nyaman dan perangkat tetap awet digunakan. Kamu juga bisa menggunakan berbagai tipe charger terbaik dari JETE Indonesia. Semua produk yang dijual memiliki standar teknologi yang aman di Indonesia.

Selain itu, ada garansi resmi selama dua tahun dan tukar sepuasnya. Menarik bukan? Yuk, coba sekarang juga dan beli produknya di official store JETE Indonesia di kotamu. Atau bisa membelinya secara online di marketplace dan mitra resminya.

Artikel terkait:

Maret 8, 2023

Maret 7, 2023

Februari 11, 2023

Agustus 13, 2022

Maret 1, 2022

November 15, 2021

About the author, Irfantoni Listiyawan