Apa Itu Surround Sound? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Mei

17

0 comments

JETE IndonesiaPertanyaan seputar apa itu surround sound masih sering dilontarkan oleh masyarakat. Meski sudah tidak asing mungkin tidak sedikit pula orang yang belum mengetahui teknologi ini. Termasuk jenis dan keunggulannya. Oleh karena itu, ada baiknya kamu simak ulasannya secara lengkap dalam artikel kali ini, JETE Lovers!

Apa Itu Surround Sound?

Speaker bluetooth

Surround sound adalah teknologi audio yang dirancang untuk menciptakan pengalaman mendengarkan suara yang lebih imersif dan realistis. Dalam sistem surround sound, audio diproduksi dari beberapa speaker yang ditempatkan di sekitar pendengar, sehingga suara terdengar seperti berasal dari berbagai arah dan jarak yang berbeda.

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Sistem surround sound paling umum terdiri dari lima atau lebih speaker: tiga speaker depan (kiri, kanan, dan tengah), dua speaker belakang (kiri dan kanan), dan mungkin juga sebuah subwoofer untuk menghasilkan suara bass yang lebih dalam. Saat menonton film atau mendengarkan musik dengan sistem surround sound, kamu dapat merasakan suara yang lebih mendalam, detail dan seolah-olah berada di dalam adegan atau lingkungan yang ditampilkan.

Baca juga: Ini Cara Menghubungkan TV Ke Speaker Bluetooth dengan Mudah!

Jenis Surround Sound

Setelah mengetahui apa itu surround sound, kini Anda perlu mengetahui jenisnya. Sistem surround sound terdiri dari beberapa format. Ini bisa ditemukan dalam perangkat audio modern. Mulai Dolby Digital, DTS, Dolby Atmos, DTS:X, dan Auro-3D. Berikut penjelasanya yang perlu kamu tahu:

  1. Dolby Digital: yakni sebuah format audio yang sering digunakan di berbagai aplikasi. Biasanya pada Blu-ray hingga siaran televisi. Format ini mendukung untuk lima speaker dan subwoofer atau dikenal juga dengan kanal 5.1.
  2. Digital Theater Systems (DTS): merupakan format audio untuk surround sound pada industri film dan hiburan. DTS masih dibagi lagi dalam beberapa mode yakni DTS Digital Surround, DTS-HD Master Audio, dan DTS-X. Format DTS dapat memberikan audio realistis dan suara tingkat tinggi.
  3. Dolby Atmos: format ini adalah surround sound terkini dan dirancang meningkatkan pengalaman audio tiga dimensi yang lebih imersif. Format ini memungkinkan audio objek yang presisi yang dapat ditempatkan dalam ruang tiga dimensi, termasuk di atas dan di sekitar pendengar.
  4. DTSX: adalah format audio surround sound serupa dengan Dolby Atmos. Format ini memungkinkan penempatan audio objek dalam ruang tiga dimensi. Format DTSX juga dapat menyesuaikan suara secara dinamis berdasarkan konfigurasi speaker dan lingkungan ruang.
  5. Auro-3D: format audio surround sound yang juga berfokus pada penciptaan pengalaman audio tiga dimensi. Format ini menggunakan kombinasi speaker overhead (di atas pendengar) dan speaker horizontal tradisional untuk menghasilkan efek suara yang lebih mendalam dan imersif.

Baca juga: 5 Keunggulan Speaker Soundbar Dibanding Home Theater

Keunggulan dan Kelebihan

keunggulan speaker soundbar JETE

Ada beberapa alasan orang memilih perangkat audio dengan surround sound.  Hal ini karena keunggulan yang dimilikinya seperti:

  1. Lebih imersif karena suara lebih mendalam dan seolah datang dari berbagai arah.
  2. Kedalaman suara yang presisi dan membuat efek suara yang jauh seolah lebih dekat.
  3. Kualitas suara lebih jernih dan nampak nyata. Terutama untuk suara dialog yang lebih jelas.
  4. Memberikan efek dramatis, terutama untuk beberapa suara seperti efek ledakan dan lainnya.
  5. Kompatibel dengan berbagai format audio terkini dan lebih fleksibel saat ditempatkan di dalam rumah.

Baca juga: Hindari Masalah Penggunaan Speaker Bluetooth Ini Agar Tak Cepat Rusak

Speaker dengan Surround Sound Terbaik

04. speaker bluetooth, JETE S8 Series

Itulah ulasan mengenai apa itu surround sound beserta jenis dan keunggulannya. Jika dilihat dari ulasan di atas, dapat disimpulkan jika perangkat audio dengan dukungan surround sound memberikan pengalaman lebih baik. Terutama jika kamu menginginkan pengalaman menikmati konten dengan suara yang real dan jernih.

Kini, kamu bisa menggunakan perangkat audio dengan surround sound terbaik seperti pada speaker Bluetooth JETE Indonesia. Kamu pun bisa mendapatkannya di official store yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Atau pembelian di marketplace dengan berbagai promo menarik yang ditawarkan.

Artikel terkait:

Mei 2, 2024

April 22, 2024

Januari 29, 2024

Juni 7, 2023

Juni 6, 2023

Juni 2, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb