Deretan Cara Menjaga Battery Health iPhone dengan Benar

April

11

0 comments

JETE Indonesia – Beberapa waktu yang lalu ramai mengenai bagaimana cara menjaga battery health iPhone di media sosial. iPhone sendiri memang memiliki fitur yang menampilkan kondisi baterai perangkat tersebut. Semakin lama digunakan maka kesehatan baterai akan semakin menurun yang kemudian berakibat pada performa dan masa pakai baterai yang terus menurun. 

Padahal ini merupakan hal yang wajar pada barang elektronik. Semakin lama dipakai, semakin sering dipakai, kemampuan kandungan kimia yang ada di baterai akan menurun seiring lamanya masa pemakaian. Namun, Anda tetap bisa menjaga battery health iPhone dengan beberapa cara berikut ini agar tidak menurun karena kesalahan pengguna. 

1. Hindari Penggunaan dengan Suhu Extreme 

Langkah pertama adalah jangan biarkan iPhone terkena paparan suhu yang sangat ekstrim. Karena iPhone dirancang untuk beroperasi di suhu 16 derajat hingga 22 derajat celcius. Karena itu, jika penggunaan perangkat baik dari internal maupun eksternal sering lebih dari standar suhu yang diberikan bisa membuat battery health iPhone menjadi cepat turun drastis. 

Baca juga: Cara Mengatasi Baterai iPhone Boros Karena Aplikasi Spotify

2. Update Perangkat Lunak

Anda harus rajin mengupdate perangkat lunak atau sistem operasi secara rutin jika ada pemberitahuan. Karena dengan update tersebut ada banyak fitur-fitur penting untuk iPhone, termasuk fitur yang mampu menjaga battery health iPhone. Mulai dari iOS 13 dan seterusnya, Apple menghadirkan fitur yang memungkinkan untuk berhenti mengisi daya secara otomatis saat kondisi baterai sudah berada tepat di 80% sehingga mampu membuat battery health iPhone menjadi lebih awet. 

3. Isi 50% Untuk Simpan iPhone

Jika Anda ingin menyimpan iPhone yang tidak akan dipakai dalam waktu yang lama, maka bisa isi daya baterainya hingga 50% sebelum mematikan menyimpannya. Jangan menyimpannya dalam keadaan kosong, karena bisa mempengaruhi kemampuan baterai dalam mengisi dan menyimpan daya, hingga membuat baterai tidak mampu mengisi daya sama sekali. 

4. Melepas Casing Saat Charging 

Cara satu ini bisa Anda gunakan untuk menjaga battery health iPhone, karena dengan melepas casing bisa membuat perangkat tidak mudah panas saat sedang mengisi daya. Meskipun sedikit merepotkan, namun cara ini ampuh untuk digunakan. 

5. Isi Baterai dari 20% ke 80% 

Cara lainnya adalah dengan mengisi baterai saat sisa daya 20% tidak kurang dan tidak lebih, dan berhenti mengisi daya saat baterai sudah mencapai 80%. Dengan begitu penggunaan baterai akan menjadi lebih hemat dan membuatnya mampu menjaga kesehatan baterai lebih lama. 

Baca juga: 3 Tipe Kabel Charger iPhone dari Dulu sampai Sekarang

Tambah Masa Daya Penggunaan Baterai dengan PowerBank JETE 

powerbank (1)

Itulah beberapa tips cara menjaga kesehatan baterai iPhone yang bisa Anda coba. Untuk menambah masa pakai, Anda bisa menggunakan aksesoris tambahan yaitu PowerBank JETE yang memungkinkan Anda untuk mengisi daya dimanapun dan kapanpun. Dapatkan powerbank terbaik JETE hanya di outlet resmi JETE Indonesia atau melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini. 

Artikel terkait:

Februari 7, 2024

Januari 29, 2024

Januari 23, 2024

Januari 18, 2024

Januari 17, 2024

Desember 22, 2023

About the author, Arini Rizki Fauziah