Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air, Ikuti 5 Langkah Ini!

JETE IndonesiaSpeaker menjadi salah satu komponen penting di sebuah ponsel. Jika terjadi kerusakan atau masalah, tentu dapat mengganggu penggunaan. Biasanya, masalah yang ada bisa karena kemasukan air seperti terkena hujan. Namun, Anda tak perlu khawatir dengan cara mengatasi speaker HP kemasukan air. Simak selengkapnya dalam artikel kali ini.

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Berikut lima cara mengatasi speaker HP kemasukan air agar berfungsi normal kembali dan dapat digunakan seperti awal sebagaimana dilansir dari Kompas Tekno. Kamu bisa memilih cara ini dan tergantung pada tingkat keparahan speaker tersebut.

1. Menggunakan Silica Gel

Cara pertama bisa kamu coba adalah dengan menggunakan silica gel. Bahan ini banyak digunakan untuk menyerap kelembapan di benda-benda tertentu. Cara mengatasi speaker HP kemasukan air dengan silica gel adalah sebagai berikut:

  • Simpanlah HP yang terkena air tadi di dalam sebuah kantong zip. Kemudian, letakkan beberapa silica gel di dalam kantong tersebut.
  • Kuncilah dengan rapat kantong zip ini lalu biarkan kurang lebih semalaman.
  • Jika telah lewat semalaman, cobalah untuk mengecek kembali dengan menghidupkan perangkat.

Putarlah musik atau konten tertentu, tujuannya untuk mendengarkan kualitas audio dari speaker tersebut. Jika suaranya normal seperti awal, maka cara ini berhasil.

Baca juga: Memperbaiki Speaker Handphone yang Rusak

2. Keringkan dengan Kain Mikrofiber

Kedua, kamu dapat mengeringkannya dengan menggunakan kain berbahan mikrofiber. Sebelumnya, kamu harus mengeluarkan bagian penting seperti kartu SIM, kartu memori, hingga baterai apabila bisa dilepas. Kemudian, bersihkan dan keringkan bagian yang basah menggunakan kain kering mikrofiber. Lalu, miringkan HP ke arah bawah agar tetesan air perlahan menghilang. Jika masih ada air atau basah, sebaiknya jangan isi daya atau menghubungkannya ke sumber listrik.

3. Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air – Masukkan ke Beras

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone (4)

Memasukkan HP ke dalam beras adalah cara klasik saat kemasukan air. Namun, cara seperti ini memang cukup efektif. Ini karena beras dapat menyerap lembap. Jika kamu ingin mencobanya, maka ambil beras secukupnya dan siapkan baskom. Setelah itu, timbun HP-mu dengan beras tadi pada baskom sampai tertutup. Diamkanlah dalam beberapa jam dan biarkan beras menyerap air yang masuk ke speaker hingga kering.

Baca juga: Cara Mengatasi Smartphone Terkena Air

4. Menggunakan Aplikasi Tertentu

Cara lainnya adalah menggunakan aplikasi khusus. Dimana aplikasi ini memiliki fitur untuk mengeluarkan air yang masuk ke perangkat. Jadi, ketika diaktifkan maka akan memunculkan audio dengan frekuensi tertentu yang dapat mengeluarkan air dalam ponsel. Kamu bisa mendownloadnya di aplikasi PlayStore dan menginstallnya. Agar penggunaan dengan cara ini lebih optimal, sebaiknya jangan hubungkan HP ke headset maupun speaker lainnya, seperti speaker Bluetooth.

5. Hubungi Servis Resmi dan Pusat Layanan

01. smartphone,

Terakhir, jika dengan cara-cara di atas speaker HP-mu masih bermasalah maka cara yang paling aman adalah dengan menghubungi dan membawanya ke pusat layanan maupun servis resmi. Sebab, di tempat servis resmi ini akan ditangani oleh teknisi yang berpengalaman. Selain itu, jika harus diganti komponennya kamu pun akan mendapatkan komponen yang asli. Apalagi kalau HP-mu masih memiliki masa garansi yang berlaku, tentu ini sangat membantu.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Touchscreen Smartphone Tidak Berfungsi

Penutup

Bagaimana, cukup mudah bukan JETE Lovers cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang bisa kamu coba? Agar tetap aman dan nyaman, pastikan HP-mu selalu tersimpan di tempat yang nyaman dan tidak mudah jatuh. Selain itu, gunakan perangkat aksesoris pendukung untuk mendengarkan musik, menonton konten, dan sebagainya dengan aksesoris terbaik dari JETE Indonesia.

Selamat mencoba!

× WhatsApp