Cara Cek TV Digital Lewat HP, Begini Langkahnya!

November

4

0 comments

JETE IndonesiaAwal bulan November 2022, pemerintah mulai mematikan siaran TV analog dan beralih ke siaran TV digital. Dengan beralih ke digital, nantinya kualitas gambar menjadi lebih baik, jernih, dan tajam. Nah, untuk mengecek apakah jangkauan sinyal di sekitarmu sudah digital atau belum, dan channel mana yang bisa ditonton dapat menggunakan smartphone. Adapun cara cek TV digital lewat HP akan dibahas pada artikel kali ini.

Cara Cek TV Digital Lewat HP

Cara cek TV digital lewat HP terutama untuk mencari channel favorit, bisa dilakukan  dengan aplikasi. Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Download dan instal aplikasi ‘SinyalTV Digital’ di PlayStore maupun AppStore.
  • Aktifkan fitur ‘Lokasi’ yang di HP-mu sudah aktif.
  • Buka aplikasi ‘SinyalTV Digital’ yang sudah diinstal tadi.
  • Klik tanda atau ikon ‘bidik’ yang ada di bagian sisi tengah bawah. Fungsi ikon ini adalah mendeteksi tempat pengguna yang lebih akurat.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi tentang penyiaran multipleksing (mux) yang ada di sekitar lokasimu. Contohnya sinyal channel dari TVRI.
  • Setelah itu, klik dan pilih ‘See mux detail’ dan akan muncul informasi sinyal TV digital di tempatmu. Biasanya isinya meliputi layanan, kekuatan sinyal. Operator mux, dan lainnya.
  • Jika daerah sekitarmu memiliki sinyal channel yang kuat, maka peta akan berwarna merah. Jika muncul warna hijau atau kuning, sinyal tersebut dalam kondisi sedang. Sementara, untuk warna abu-abu atau biru maka sinyal di kawasan tersebut lemah.
  • Kemudian, klik ikon ‘galeri’ yang ada di bagian sisi kanan bawah layar HP. Di situ, kamu bisa melihat daftar siaran TV digital yang bisa disaksikan.

Baca juga: Cara Beralih ke TV Digital Tanpa Set Top Box

Perangkat Audio Buat Nonton Siaran TV Digital

Setelah memastikan channel dengan menerapkan cara cek TV digital di atas, kamu juga bisa menggunakan berbagai perangkat pendukung. Salah satunya adalah perangkat audio untuk menonton tayangan favorit yang lebih baik di rumah bersama keluarga. Untuk hal ini, kamu bisa memilih speaker dengan kualitas terbaik.

Speaker ini terdiri dari dua tipe, yakni home theater dan soundbar. Keduanya memang memiliki keunggulan masing-masing. Jika kamu ingin memilih speaker yang ringkas namun kualitas suara bagus, maka speaker soundbar sangat direkomendasikan.

Kini, kamu dapat memilih speaker soundbar seperti JETE S5 Pro Series. Dengan desain yang keren dan berbagai fitur unggulan, membuatmu lebih nyaman. Baik dari segi suara maupun ketahanannya terhadap air dan debu. Sepaker ini pun juga ringkas sebab dapat disambungkan dengan perangkat TV tanpa menggunakan kabel.

Baca juga: Apa Saja Beda TV Analog dan Digital? Ini 5 Diantaranya!

Penutup

Bagaimana, mudah bukan cara cek TV digital lewat HP? Kini, saatnya kamu mencobanya sendiri di rumah untuk mengecek apakah TV yang digunakan sudah dapat digunakan untuk menangkap channel digital atau belum. Jika TV masih belum bisa menangkap sinyal digital, maka gunakanlah set top box untuk dapat menikmati acara favorit.

Untuk harga set top box ini pun cukup terjangkau mulai dari Rp100 ribuan hingga Rp200 ribuan. Di samping itu, juga ada kabar gembira bagi para pengguna TV analog yang akan beralih ke TV digital. Sebab, pemerintah akan membagikan set top box gratis secara bertahap di beberapa daerah.

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Agustus 4, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp