Fitur Google Hum Bantu Temukan Lagu dengan Mudah Meskipun Lupa Judulnya!

November

3

0 comments

JETE Indonesia – Siapapun pasti pernah merasakan bagaimana kesalnya saat ingin mencari lagu namun lupa judulnya, atau sedang mendengar lagu yang enak tapi lupa lirik dan judulnya. Sekarang, kamu nggak perlu khawatir karena udah ada fitur Google Hum yang bakal bantu temukan lagu yang ingin kamu cari! 

Apa Sih Google Hum Itu?

Buat yang belum tahu, Google Hum adalah sebuah fitur yang dirilis Google pada 2020 kemarin. Fitur satu ini memungkinkan kamu untuk menemukan judul lagu meskipun hanya melalui nada atau melodinya. 

Kamu cukup bersenandung atau menyanyikan beberapa potongan lirik, nantinya Google akan mengolah informasi tersebut menggunakan AI machine learning dan mencari jawaban yang kamu inginkan. 

“Kami telah merancang model machine learning yang dapat menyesuaikan nada, melodi, atau suara nyanyian Anda dengan tepat,” ungkap Google pada laman resminya. 

Baca juga: Fitur Baru Twitter, Bisa Gabungkan Teks hingga GIF dalam Tweet

Bagaimana Cara Kerja Fitur Google Hum?

Untuk menggunakannya, kamu bisa memilih fitur ‘Hum to Search’ dari Google. Setelah itu kamu akan diberikan informasi terkait lagu tersebut. Mulai dari judul lagu, penyanyi, nama album, hingga lirik dan rincian lagu yang disenandungkan. 

Mesin pintar dari Google akan mempelajari dan menggunakan sebuah metode untuk mengubah audio menjadi urutan berbasis angka yang akan mewakili melodi pada lagu. Jadi saat kamu menyenandungkan melodi di kolom pencarian, machine learning akan mengubah audio menjadi urutan berbasis angka untuk mewakili melodi lagu. 

Baca juga: 5 Fitur Fotografi di Smartphone untuk Hasil Foto Terbaik

Bagaimana Cara Menggunakan Google Hum?

Nah jika kamu ingin menggunakan Google Hum, maka kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini. 

  • Buka aplikasi Google (bukan chrome) di smartphone kamu
  • Klik icon ‘microphone’ atau tekan ikon tersebut pada widget Google yang tersedia di home screen smartphone
  • Saat fitur suara muncul, klik ‘Search a song’ 
  • Setelah itu silahkan bersiul, bersenandung, atau dekatkan ponsel pada sumber suara yang sedang memutar lagu yang ingin dicari
  • Tunggu Google mengidentifikasi lagu 
  • Setelah berhasil, Google akan memberikan presentase kemiripan
  • Klik ‘More Results’ jika lagu yang diinginkan tidak ada pada barisan teratas
  • Jika Google masih belum bisa mengidentifikasi suara, maka akan muncul tulisan ‘Unable to Find a Match’
  • Jika masih ingin mencoba silahkan klik ‘Try Again’

Semakin populer lagu yang ingin kamu cari, maka akan semakin mudah bagi Google untuk menemukannya. Namun jika lagu tersebut bukan lagu populer bukan tidak mungkin bagi Google untuk tidak bisa mengidentifikasnya. 

Fitur Google Hum ini sebenarnya sama seperti yang ada pada aplikas Shazam, Soundhound, Musixmatch, dan lainnya. Hanya saja kamu tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu untuk menggunakan fitur ini. Kamu cukup memasikan smartphone kamu memiliki aplikasi Googe yang biasanya sudah ada dari bawaan HP Android. 

Baca juga: 7 Fitur untuk Jualan di Instagram Makin Laris

Penutup 

04. speaker bluetooth, JETE S8 Series

Itulah pengertian dan cara menggunakan fitur Google Hum yang wajib kamu ketahui. Nikmati mendengarkan musik dengan lebih menggelegar dan bass full menggunakan berbagai jenis speaker JETE yang bisa kamu beli di official store JETE Indonesiaatau melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

Maret 25, 2024

Maret 19, 2024

Maret 6, 2024

Februari 27, 2024

Februari 7, 2024

Januari 29, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah