Bluetooth 4 vs Bluetooth 5, Mana yang Lebih Baik?

Bluetooth 5, Bluetooth 4, bluetooth terbaru 1

JETE IndonesiaSejak muncul pada akhir 1900-an, teknologi Bluetooth terbaru terus mengalami perkembangan. Terutama untuk perangkat-perangkat elektronik. Hal itu dapat dilihat dari perkembangan varian teknologi radio ini, seperti pada tahun 2011 muncul Bluetooth 4 untuk menyempurnakan versi sebelumnya. Lima tahun berselang, pada tahun 2016 muncul Bluetooth 5 dengan versi lebih baik dan diklaim lebih kompatibel.

Perbedaan Teknologi Bluetooth 4 vs Bluetooth 5

bluetooth 5, bluetooth 4, teknologi bluetooth. bluetooth terbaru (3)

Walaupun cara kerja teknologi Bluetooth yang sama, dalam kinerjanya pada perangkat antara Bluetooth 4 dan Bluetooth 5 memiliki terdapat perbedaan yang mendasar. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda ketahui.

1. Kecepatan Transfer Data

Dari segi kecepatan, ini menjadi keunggulan dari generasi Bluetooth terbaru. Bluetooth 5 diklaim lebih cepat dari Bluetooth 4 yakni 2 Mbps. Dengan begitu, kecepatan transfer datanya pun lebih nyaman dan dapat diandalkan untuk berbagai aktivitas yang memerlukan transfer data dengan jumlah cukup besar. Selain itu juga bisa diandalkan dalam pemenuhan kebutuhan yang berkaitan dengan internet of things (IoT) dan tak perlu memerlukan waktu lama untuk mengkoneksikan ke perangkat.

2. Jarak Jangkau pada Teknologi Bluetooth Terbaru

Perbedaan kedua ialah dari segi jarak jangkauan teknologi Bluetooth yang ada. Biasanya, untuk jarak Bluetooth 4 setidaknya mendukung sekitar 10 meter di dalam ruangan. Sedangkan Bluetooth 5 jarak jangkaunya cukup jauh dan mampu hingga jarak jangkau 40 meter di lingkungan dalam ruangan (indoor).

3. Kebutuhan Daya yang Diperlukan

bluetooth 5, bluetooth 4, teknologi bluetooth. bluetooth terbaru (1)

Ketiga, Bluetooth 5 dirancang untuk menggunakan daya lebih rendah dari perangkat jika dibandingkan dengan dengan generasi sebelumnya. Itu artinya, pada generasi terbarunya ini setidaknya Anda dapat menghemat daya baterai dan membuatnya lebih lama. Penggunaan pada perangkat juga lebih panjang berkat dukungan fitur ini.

Baca juga: Earphone Bluetooth vs Earphone Kabel: Mana yang Terbaik?

4. Kapasitas Transfer Data Bluetooth 4 dan Bluetooth 5

Berikutnya atau yang keempat ialah dari segi kapasitas data yang ditransfer. Dimana pada Bluetooth 5 kapasitas pesan yang ditransfer sekitar 255 Byte. Sementara, Bluetooth 4 hanya sekitar 31 Byte saja. Dengan begitu, Anda dapat melakukan transfer data dalam jumlah yang cukup besar dalam waktu yang singkat.

5. Kompatibilitas Pada Perangkat

Bagaimana mengenai kompatibilitas perangkat generasi sebelumnya dengan bluetooth terbaru ini? Bluetooth 4 hanya berfungsi untuk perangkat yang menggunakan versi teknologi tersebut saja dan tidak kompatibel untuk generasi yang baru. Sementara, Bluetooth 5 selain bisa digunakan untuk perangkat yang kompatibel di teknologi ini juga dapat bekerja pada perangkat dengan teknologi Bluetooth 4. Akan tetapi beberapa fungsi lain mungkin tidak dapat dijalankan secara optimal.

Jadi, Mana yang Terbaik?

Bluetooth 5, Bluetooth 4, bluetooth terbaru 2

Setelah melihat perbedaan antara dua generasi Bluetooth yang di atas, lalu manakah yang terbaik? Secara keseluruhan, memang Bluetooth 5 lebih unggul bila dibandingkan dnegan generasi sebelumnya. Terutama dalam efisiensi daya dan juga efektivitas pada penggunaannya.

Dengan begitu, tak heran bila produk-produk seperti headset bluetooth, speaker bluetooth, earbuds TWS dan perangkat lainnya lebih cenderung menggunakan Bluetooth terbaru. Misalnya beberapa untuk beberapa produk tersebut dari JETE Indonesia karena dirasa lebih dapat diandalkan dan memberikan pengalaman terbaik saat menggunakan produk bagi pengguna.

× Whatsapp