Mengenal Apa Itu Threads: Aplikasi yang Mirip Twitter

Juli

6

0 comments

JETE Indonesia – Beberapa waktu belakang ini memang banyak pengguna Twitter yang mengeluhkan tentang peraturan baru buatan Elon Musk yang membatasi Tweet. Di tengah huru-hara itu, Meta tak melewatkan kesempatannya dengan meluncurkan Threads, aplikasi dengan antar muka mirip Twitter. Sebenarnya apa itu Threads?

Apa Itu Threads? 

apa itu threads
sc: news.sky.com

Threads adalah aplikasi buatan Meta yang memungkinkan kamu untuk mempublikasikan postingan singkat dalam bentuk tulisan hingga 500 karakter. Kamu juga bisa menyertakan tautan, foto, atau video dengan durasi hingga 5 menit. 

Aplikasi ini terhubung dengan akun Instagrammu, dan menurut Meta, kamu dapat dengan mudah membagikan postingan Threads ke cerita Instagrammu, atau membagikan postinganmu sebagai tautan di platform lain yang kamu pilih.

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Feedmu akan mencakup postingan dari orang dan akun yang kamu ikuti di Instagram atau Threads, serta rekomendasi konten yang belum kamu temukan sebelumnya. Kamu juga memiliki kemampuan untuk menyaring kata-kata tertentu dari feedmu dan membatasi siapa yang diizinkan untuk menyebutkanmu.

Namun pastikan untuk tidak menghapus akun Threadsmu secara sembarangan ya. Beberapa user mengatakan bila kamu menghapus akun Threads, maka akun Instagram utamamu juga akan terhapus secara otomatis. 

Threads dapat digunakan secara gratis dan tersedia untuk diunduh melalui Apple App Store atau Google Play Store.

Baca juga: Kenapa Instagram Tidak Bisa Login? Ini 7 Cara Mengatasinya!

Cara Menggunakan Threads Instagram

apa itu threads
sc: abc.net.au

Cara menggunakan Threads Instagram sebenarnya mudah, kamu cukup memiliki akun Instagram untuk login atau masuk. Setelah kamu membuat akun, nama pengguna Instagrammu akan dipindahkan, tetapi kamu juga dapat membuat profil yang dapat disesuaikan. Namun, Meta mencatat bahwa pengguna di Inggris yang berusia di bawah 18 tahun akan menerima profil pribadi default.

Kamu dapat dengan mudah mengikuti akun yang sama dengan yang kamu ikuti di Instagram dengan beberapa klik dan memindahkan daftar pengikutmu ke Threads tanpa harus memulai dari awal. Saat kamu membuat postingan atau “Thread”, kamu dapat memilih siapa yang dapat melihatnya, baik itu seluruh dunia atau hanya pengikutmu.

Fitur-fitur lainnya termasuk kemampuan untuk tidak mengikuti, melaporkan, memblokir, atau membatasi profil pengguna. Kamu dapat mengaksesnya melalui menu dropdown tiga titik, dan siapa pun yang telah kamu blokir di Instagram juga akan otomatis diblokir di Threads. Fitur lainnya meliputi dukungan pembaca layar dan deskripsi gambar yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan.

Meta mengatakan bahwa mereka sedang bekerja untuk membuat Threads kompatibel dan terintegrasi dengan aplikasi lain yang mendukung protokol ActivityPub, seperti WordPress dan Mastodon. Di masa depan, perusahaan ini berharap postingan Threads dapat diakses oleh siapa pun yang memiliki aplikasi yang kompatibel, baik kamu memiliki akun Threads atau tidak.

Baca juga: Ini Penyebab Akun Instagram Suspend dan Cara Memulihkannya! 

Threads vs Twitter 

sc: dailypakistan.com.pk

Memiliki antarmuka yang mirip, tentu saja persaingan panas antara Elon Musk dan Mark Zuckerberg ini menjadi pembicaraan banyak orang. Di antara keduanya, sebenarnya mana yang lebih baik untuk kamu?

Dengan Threads yang terhubung langsung dengan Instagram, membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk mendapatkan pengguna dalam waktu singkat. Terlebih lagi saat ini Elon Musk mengubah batas Twitter menjadi 10.000 posting per hari untuk pengguna yang terverifikasi, 1.000 per hari untuk pengguna tanpa verifikasi, dan 500 untuk pengguna baru tanpa verifikasi, langkah tersebut dapat menyebabkan kehilangan pelanggan dan pengiklan.

Meskipun begitu, Threads ternyata tidak begitu saja diterima oleh semua kalangan.  Menurut Analis Forrester, Mike Proulx, yang dikutip dari CNET, menyatakan bahwa Meta memanfaatkan gelombang ketidakpuasan terhadap Twitter saat ini dan perusahaan sebelumnya gagal meluncurkan dan menutup Threads.

“Meskipun Meta patut diakui atas strategi uji coba dan pembelajarannya yang teguh, perusahaan ini tidak memiliki catatan sukses dalam meluncurkan aplikasi mandiri di luar keluarga intinya,” ungkap Proulx dalam pernyataan kepada CNET, merujuk pada aplikasi seperti Slingshot dan IGTV.

Proulx menambahkan bahwa pasar sudah dibanjiri dengan pesaing Twitter seperti Bluesky, Mastodon, dan Hive. 

“Ini hanya akan memecah-belah basis pengguna yang mencari alternatif Twitter,” lanjutnya. 

Sementara itu, peluncuran Threads di Uni Eropa juga dilaporkan tertunda karena masalah berbagi data antara kedua aplikasi.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Unduh Story Instagram dengan Mudah

Penutup

Itulah seputar apa itu Threads Instagram milik Meta yang wajib kamu ketahui. Sekarang kamu bisa main Threads maupun Twitter berjam-jam tanpa takut baterai cepat habis dengan Powerbank dari JETE. Semua produk JETE dapat garansi rusak ganti baru selama 2 tahun loh. Yuk buruan beli sekarang!

Artikel terkait:

Mei 8, 2024

April 20, 2024

April 16, 2024

April 16, 2024

April 15, 2024

April 13, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb