Agar Tak Meledak, Simak 5 Cara Mengecas HP yang Benar Ini!

Agustus

13

0 comments

JETE IndonesiaBeberapa waktu lalu, ramai berita tentang HP yang meledak saat diisi ulang. Peristiwa tersebut pun membawa korban jiwa yakni pemilik HP yang tewas dengan luka bakar. Agar hal itu tidak kembali terulang, ada baiknya Anda simak 5 cara mengecas HP yang benar dan aman berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Cara Mengecas HP yang Benar

Sebenarnya, cara mengisi ulang daya baterai yang aman dan nyaman cukup mudah. Berikut di antaranya yang perlu diperhatikan agar HP tetap awet dan tidak cepat rusak.

1. Jangan Mengecas di Suhu Ekstrem

Hp murah RAM besar, Charger hp 2, hp baterai besar, kelebihan hp baterai besar, kekurangan hp baterai besar

Cara mengecas HP yang benar pertama ialah hindari melakukan pengisian di suhu ekstrem. Baik itu suhu yang terlalu panas maupun terlalu dingin sekalipun. Idealnya, Anda dapat mengecas baterai HP pada suhu sekitar 0-35 derajat Celcius.

Dengan kata lain, sebaiknya hindari meninggalkan HP di bawah sinar matahari secara langsung. Terutama dalam waktu lama dan ketika diisi ulang. Begitu juga dengan tempat yang terlalu dingin, apalagi jika Anda mendinginkan HP di dalam kulkas.

Baca juga: Mengapa Mengecas Powerbank Dilarang di Kabin Bus? Ini Alasannya!

2. Jangan Letakkan di Kasur

Charger hp 3

Apakah Anda sering meletakkan HP di kasur saat mengecas? Sebaiknya hal itu jangan dilakukan lagi ya JETE Lovers. Hal itu karena bisa saja HP dapat terselip maupun tertindih di bawah bantal atau badan. Lambat laun HP pun menjadi overheat karena tidak ada sirkulasi udara yang baik.

Untuk menghindari hal itu, cara kedua adalah letakkanlah HP di tempat yang memiliki permukaan datar saat mengecas. Misalnya di atas laci atau meja, dan jangan lupa jauhkan ponsel dari benda yang mudah terbakar. Khususnya kain dan kertas.

3. Cara Mengecas HP yang Benar – Gunakan Produk Terbaik

03. adapter charger, charger terbaik

Poin yang ketiga adalah sebaiknya gunakan produk terbaik untuk peralatan charger Anda. Selain menggunakan produk asli, jika memilih aksesoris pihak ketiga gunakanlah dari brand yang terpercaya dan memiliki sertifikasi keamanan penggunaan alat elektronik.

Di sisi lain, jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah karena harga murah terkadang bukan jadi jaminan mutu tinggi. Standar mutu tinggi ini bisa dilihat misalnya dari material yang digunakan baik pada bagian charger maupun kabel yang digunakan tahan panas, tidak mudah rusak, dan lainnya.

Baca juga: Charger HP Cepat Rusak? Kenali 5 Penyebabnya Ini

4. Merawat Kabel Charger

Charger iPhone

Keempat, jangan lupa untuk selalu merawat kabel charger yang digunakan. Hal itu karena kabel yang sudah mengalami kerusakan akan menimbulkan masalah saat baterai diisi ulang. Terlebih lagi jika kabel terurai dan terdapat lipatan-lipatan yang dapat merusaknya secara perlahan. Oleh karena itu, perhatikan cara merawat kabel charger yang tepat.

Anda sebaiknya jangan melipat atau menekuk kabel secara erat, begitu juga menggulungnya dengan baik. Usahakan untuk cabut charger dengan cara menarik kepalanya dan bukan menarik kabelnya.

5. Beli di Tempat Terpercaya

Terakhir, selain menggunakan produk terbaik Anda juga sebaiknya beli di tempat terpercaya. Biasanya, tempat terpercaya ini seperti official store dari brand aksesoris gadget. Atau jika harus membelinya secara online, sebaiknya pilih toko online resmi dari brand tersebut atau mitra yang sudah ditunjuk.

Mengapa begitu? Saat membeli di tempat terpercaya ini Anda pun akan mendapatkan berbagai keunggulan. Selain barang asli juga ada garansi. Jadi, ketika ada kerusakan atau masalah dengan produk yang dibeli dapat segera tertangani dengan baik.

Baca juga: Jangan Asal Beli, Ini 5 Tips Memilih Adapter Charger yang Baik

Penutup

Nah, itu dia JETE Lovers beberapa cara mengecas HP yang benar dan aman agar tidak cepat rusak dan meledak. Kini, Anda bisa menggunakan berbagai produk aksesoris gadget untuk HP dari JETE Indonesia. Mulai dari charger, kabel charger, powerbank, dan lainnya.

Semua produk memiliki sertifikasi dan standar mutu terbaik. Dengan begitu membuat perangkat tetap aman dan nyaman digunakan. Dapatkan produk-produk tersebut di official store JETE Indonesia di berbagai kota atau pembelian secara online di marketplace. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Maret 7, 2023

Februari 11, 2023

Agustus 13, 2022

Maret 1, 2022

November 15, 2021

September 29, 2021

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp