YouTube Pause Sendiri, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

JETE IndonesiaHampir semua orang di dunia ini sudah kenal dengan YouTube. Aplikasi video tersebut pun kini menjadi bawaan di setiap smartphone. Keunggulannya adalah, ada banyak konten dari berbagai tema yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari edukasi, informasi, musik, dan sebagainya.

Namun, pernahkah Anda mengalami YouTube pause sendiri saat menikmati konten favorit? Lantas, apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya di artikel kali ini.

Penyebab YouTube Pause Sendiri

Ada beberapa hal yang menyebabkan YouTube pause sendiri. Hal itu terjadi karena masalah koneksi, aplikasi yang ada di smartphone, hingga setelan yang tidak diperiksa kembali.

1. Koneksi yang Tidak Stabil

01. video youtube (1)

Penyebab pertama dari YouTube pause sendiri adalah koneksi internet yang tidak stabil. Masalah ini memang cukup sering terjadi dan banyak dialami pengguna. Semakin lambat koneksinya, maka akan semakin lambat pula memuat situs YouTube. Mengatasinya adalah:

  • Menutup aplikasi yang tak perlu dimana itu bisa memakan kuota bandwidth.
  • Berpindahlah posisi yang dekat dengan router atau pemancar sinyal internet.
  • Jika masih tidak bisa, periksa router dan lakukan restart. Termasuk menghapus cache.
  • Menggunakan ekstensi WiFi agar menangkap jangkauan sinyal dari router.

Baca juga: 5 Ide Konten YouTube Populer 2022

2. YouTube Pause Sendiri – Kabel Headphone Terputus

Kedua bisa jadi karena kabel dari earphone atau headphone yang digunakan terputus. Hal itu, akan secara otomatis membuat perangkat berhenti. Earphone dan headphone ini memiliki fungsi vital untuk menyalurkan output suara dari video yang ditonton di channel YouTube.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan headphone atau earphone bluetooth maupun TWS agar lebih nyaman. Atau jika menggunakan produk dengan kabel, pastikan kualitasnya bagus dan kabel tidak mudah putus. Salah satunya adalah headphone dan earphone dari JETE Indonesia yang teruji kualitasnya.

3. Aplikasi Sudah Usang

youtube music, keunggulan youtube music

Ketiga, mengapa YouTube pause sendiri karena aplikasi yang digunakan sudah usang. Jika itu yang terjadi, maka mau tidak mau Anda harus melakukan update. Caranya pun sangat mudah. Yakni dengan membuka AppStore atau PlayStore dari ponsel. Kemudian, cari YoutTube dan pilih ‘Perbarui’. Tunggu beberapa saat sampai proses pembaruan selesai dan berjalan dengan baik. Cobalah untuk membuka YouTube kembali dan cek apakah masalah tersebut sudah beres atau belum.

Baca juga: 7 Cara Menjadi YouTuber Pemula Modal HP

4. Periksa Setelan YouTube

Keempat yang perlu dilakukan adalah memeriksa setelah YouTube Anda. Saat menonton video yang berdurasi lama, secara otomatis YouTube akan melakukan jeda dengan adanya fitur “Take a Break”. Apabila Anda ingin terus menontonnya, bisa memilih pilihan ‘Lanjutkan Menonton’. Akan tetapi. Hal itu cukup mengganggu bagi sebagian orang.

Maka dari itu, untuk mengatasinya adalah Anda dapat mematikan fitur tersebut. Cukup dengan membuka YouTube lalu pilih ikon ‘Profil’ yang ada di bagian sudut kanan atas. Lanjutkan dengan memilih Pengaturan > Umum > Turn Off. Cara lainnya adalah dengan mematikan fitur ‘Remind Me to Take a Break’.

5. Hapus Cache

02. video youtube

Terakhir, yang menyebabkan YouTube pause sendiri adalah cache. Ingat, data cache ini tersimpan di ponsel maupun komputer dari situs-situs yang dikunjungi. Jika data cache semakin banyak dan menumpuk, baik langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada kemampuan memutar video YouTube.

Mengatasinya, Anda dapat menghapus cache yang ada. Caranya pilih Apps and Notification > YouTube > Penyimpanan > Hapus Cache. Dengan rajin menghapus cache maka akan meningkatkan perofrma pemutaran lebih cepat dan pemuatan lebih ringan.

Baca juga: Cara Nonton Video YouTube yang Aman dan Tak Bikin Boros Data

Penutup

Sudah tahu kan, apa saja penyebab YouTube pause sendiri saat dibuka dan cara mengatasinya? Selain hal di atas, untuk mendukung Anda lebih nyaman saat membuka dan menikmati konten di YouTube, gunakanlah aksesoris gadget terbaik dari JETE Indonesia. Semua produk tersebut bisa didapatkan di gerai JETE Indonesia yang ada di berbagai kota. Atau Anda dapat membelinya secara online melalui marketplace maupun aplikasi Doran Gadget sebagai mitra resmi kami.

Selamat mencoba!

× WhatsApp