7 Cara Menjadi YouTuber Pemula Modal HP

JETE Indonesia –  Menjadi seorang YouTuber sukses dan meraup banyak cuan kini adalah impian sebagian orang. Untuk membuat konten yang menarik, peralatan yang dibutuhkan tak harus mahal. Bahkan bisa menggunakan smartphone, asal Anda mengetahui cara menjadi YouTuber pemula modal HP. Apa saja yang diperlukan dan langkah-langkahnya? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal HP

Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan jika ingin menjadi YouTuber meskipun hanya bermodalkan HP.

1. Tentukan Konten Menarik yang Akan Dibuat

Cara menjadi YouTuber pemula modal HP yang paling awal ialah menentukan tema dan isi konten. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Begitu juga dengan menentukan niche atau target audiens. Beberapa tema konten seperti tutorial, motivasi, musik, dan lainnya. Pastikan konten yang dibuat tidak mengandung unsur SARA dan melanggar hukum, ya!

2. Pilih Tempat Terbaik

Ada dua pilihan yang bisa dijadikan tempat untuk membuat YouTube menggunakan HP. Yakni bertemakan indoor maupun outdoor. Jika memilih indoor pastikan pencahayaannya cukup dan ideal. Selain itu, tempat yang digunakan minim kebisingan maupun memiliki latar yang menarik. Hal ini karena tempat yang dipilih juga akan berpengaruh terhadap kualitas video YouTube yang sudah Anda buat.

Baca juga: Apa Itu Fitur Youtube Live Rings?

3. Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal HP – Spek HP

Pada dasarnya, HP atau smartphone apa saja bisa Anda gunakan. Tidak terpaku pada merek. Hanya saja, Anda perlu memastikan jika kamera yang dimiliki smartphone tersebut mendukung. Sebagai contoh memiliki kualitas video 1080P sampai 4K. Kemudian, saat merekam Anda dapat gunakan kamera belakang. Tujuannya agar lebih jelas dan berfokus pada lensa serta pandangan mata mengarah langsung ke penonton.

4. Gunakan Peralatan Pendukung

jualan di instagram

Salah satu aspek utama dalam cara menjadi YouTuber pemula modal HP ialah peralatan yang digunakan. Memang, HP saja cukup namun untuk konten tertentu Anda memerlukan peralatan pendukung lainnya. Contohnya adalah holder, tripod, mikrofon, hingga lighting. Termasuk juga powerbank untuk menjaga kondisi baterai tetap prima jika ingin mengambil gambar atau konten secara outdoor.

Baca juga: 5 Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi

5. Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal HP – Edit Seperlunya

Sebelum video diunggah dan ditayangkan di YouTube ada baiknya Anda untuk mengecek dan mengedit video agar lebih menarik. Anda dapat mengeditnya secara langsung dengan HP, bisa menggunakan aplikasi dan tools yang cukup lengkap. Misalnya saja Kinemaster, Inshot, Adobe Premier Rush, dan sebagainya. Pastikan aplikasi tersebut memiliki ukuran yang cukup dan sesuai dengan spek HP yang digunakan.

6. Upload Video ke YouTube

Proses selanjutnya setelah melakukan editing, mulailah mengupload video yang sudah dibuat ke akun YouTube. Beberapa hal perlu menjadi catatan adalah, tentukan judul yang menarik dan mengandung keyword audiens. Begitu juga dengan thumbnail dan deskripsi secara singkat namun menarik. Di sini, jangan lupa untuk mengoptimasi SEO saat mengunggah. Lalu, atur publikasi jadi ‘Video Publik’ agar dapat diakses semua orang.

7. Selalu Konsisten

01. video youtube (1)

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, cara menjadi YouTuber pemula modal HP yang terakhir adalah selalu konsisten. Ingat, membuat konten terkadang memang mudah namun masalah konsistensi inilah yang perlu diperhatikan. Maksudnya di sini adalah pastikan konten memiliki kualitas yang baik, mulai dari tema yang dipilih, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Nonton Video YouTube yang Aman dan Tak Bikin Boros Data

Penutup

Bagaimana JETE Lovers? Sudah siap untuk menjadi seorang YouTuber dan meraup keuntungan dari konten yang dibuat? Jangan lupa untuk menggunakan perangkat dan aksesoris gadget ketika membuat YouTube dengan produk-produk terbaik dari JETE Indonesia. Follow juga akun Instagram kami untuk mengetahui informasi menarik lainnya.

Selamat mencoba!

× WhatsApp