6 Tips WhatsApp Mudah Agar Anda Tak Lupa Menandai Pesan Penting

Juni

22

0 comments

JETE IndonesiaWhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi pesan yang sangat populer dan banyak digunakan di berbagai negara. Namun, seringkali ketika menggunakan WhatsApp seseorang lupa menandai pesan penting mereka.

Sehingga pesan penting terlewat begitu saja. Sebenarnya tips WhatsApp agar tidak ketinggalan pesan penting ini sangat mudah dipraktikkan. Namun, sebagian orang mungkin masih belum tahu bagaimana cara mengaktifkannya. Apakah Anda salah satunya? Simak caranya di bawah ini.

Tips WhatsApp Agar Anda Tak Lupa

03. whatsapp

1. Selalu Lakukan Backup Chat

Terkadang, hal buruk bisa terjadi kapan saja tanpa diprediksi. Misalnya hp Anda rusak atau hilang. Maka, data penting pun akan turut hilang jika tidak dicadangkan. Oleh karena itu, selalu backup chat WhatsApp Anda untuk menghindari hal tersebut dan chat dapat dilihat kembali. Caranya bisa dengan otomatis maupun dengan cara manual.

Jika menggunakan cara manual, maka yang harus Anda lakukan adalah buka aplikasi WhatsApp dan tekan titik tiga di bagian kanan atas. Lanjutkan dengan membuka menu “Setting” > “Chat” > “BackUp”.

2. Buat Notifikasi Khusus

Apakah Anda sering menunggu chat penting, namun di sisi lain ada banyak chat dari nomor pengguna lain yang masuk? Agar mudah membedakan mana chat masuk yang Anda tunggu, aktifkanlah notifikasi khususnya. Caranya adalah dengan buka aplikasi WhatsApp > pilih chat yang dimaksud > cari dan pencet nama pada kontak > tandai kotak “Use Custom Notification > pilih nada pada “Notification Tone” sesuai keinginan.

3. Tips WhatsApp dengan Shortcut Chat Tertentu

Jika Anda tidak ingin ribet untuk menghubungi orang yang sering berkomunikasi dan tanpa melewatkan chat penting, tak ada salahnya membuat shortcut yang muncul di home screen hp. Caranya buka WhatsApp > pilih chat yang akan dijadikan shortcut, dan pencet yang lama > lanjutkan dengan tekan “Add Chat Shortcut”.

4. Menempatkan Chat Penting di Bagian Teratas

Pesan yang masuk seringkali tertumpuk, sehingga Anda sulit untuk mencari pesan sebelumnya apakah sudah dibalas atau belum. Mensiasatinya, bisa dengan cara menempatkan chat penting selalu pada bagian atas. Caranya pun juga sangat mudah yakni dengan buka WhatsApp > pilih chat dari kontak yang dimaksud > pencet yang lama sampai keluar menu > pilih ikon pin.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Touchscreen Smartphone Tidak Berfungsi

5. Menandai Pesan untuk Dibalas

Menandai pesan untuk dibalas sangat penting dilakukan jika Anda sering lupa membalas pesan. Agar Anda mengetahui jika pesan tersebut membutuhkan perhatian Anda. Caranya adalah dengan buka WhatsApp, lihat daftar “Chat” > pencet yang lama kontak yang chatnya mau ditandai > tekan titik tiga pada menu > pilih “Mark as Unread”

6. Cara Menandai Pesan Penting

Untuk menandai pesan penting, agar Anda lebih cepat saat membukanya ada cara tertentu yang bisa dilakukan.Yakni dengan buka WhatsApp > pilih chat dengan kontak yang dimaksud > pilih pesan yang spesifik di dalam chat yang mau ditandai > pencet yang lama sampai keluar menu > pilih tanda bintang.

WhatsApp-an Makin Nyaman dengan Aksesoris Gadget Terbaik

02. whatsapp

Nah, kini saatnya Anda mempraktikkan tips whatsapp di atas agar tidak melewatkan pesan penting yang masuk. Untuk kenyamanan Anda dalam berkomunikasi, gunakan selalu aksesoris gadget terbaik.

Misalnya dari handsfree untuk melakukan panggilan suara maupun video dengan kualitas jernih. Jika Anda menggunakannya saat traveling, agar baterai hp tetap terjaga gunakanlah selalu powerbank maupun charger mobil berkualitas. Lalu, jangan lupa melindungi layar dengan pelindung anti gores agar tetap awet saat digunakan.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Juli 15, 2024

Juli 13, 2024

Juli 6, 2024

Juli 4, 2024

Juli 3, 2024

Juni 28, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan