6 Cara Agar Bisa Bangun Sahur Tepat Waktu

Maret

31

0 comments

JETE Indonesia – Sebentar lagi sudah memasuki bulan suci ramadhan. Sudah waktunya umat muslim untuk melakukan ibadah puasa di bulan ini. Sayangnya bagi orang yang tidak terbiasa bangun pagi, melakukan sahur saat puasa menjadi sangat berat hingga akhirnya melewatkan momen sahur tersebut. Nah agar Anda tidak kelewatan waktu sahur, ikuti beberapa cara agar bisa bangun sahur tepat waktu di bawah ini. 

Waktu Bangun Sahur Sebenarnya Jam Berapa?

Sebelum mengetahui beberapa tips agar tidak telat bangun sahur, sebaiknya Anda harus tahu terlebih dahulu sebenarnya pukul berapa yang tepat untuk sahur. Anda bisa mendownload jadwal imsakiyah di seluruh provinsi Indonesia melalui link berikut ini

Baca juga: Mengapa Mengecas Powerbank Dilarang di Kabin Bus? Ini Alasannya!

Beberapa Cara Agar Tidak Telat Bangun Sahur 

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa bangun sahur dengan mudah. 

1. Tidak Minum Kopi Sebelum Tidur

Bagi Anda yang terbiasa minum kopi, selama bulan puasa ini sebaiknya hindari minum kopi sebelum tidur. Karena dengan meminum kopi saat malam hari akan membuat Anda lebih terjaga dan akibatnya malah begadang dan tidur pagi, sehingga tidak bisa bangun untuk sahur. Kurangi atau hentikan meminum minuman berkafein selama bulan puasa. Hal ini juga bisa jadi momen yang tepat bagi Anda untuk mengurangi asupan kopi dan gula yang selama ini berlebihan. 

2. Tidak Begadang 

Bagi beberapa orang yang terbiasa begadang, untuk tidur lebih cepat memang rasanya sangat susah. Namun bukan berarti hal itu tidak mungkin. Anda bisa memaksakan tidur lebih cepat selama 3-4 hari awal, setelah itu badan Anda akan terbiasa untuk tidur lebih cepat. Memiliki waktu tidur lebih cepat menjadi salah satu cara ampuh agar bisa bangun sahur dan tidak telat. Badan juga tidak akan lelah saat bangun pagi, sehingga Anda akan terbiasa bangun pagi untuk sahur. 

3. Tidak Makan Terlalu Banyak Saat Berbuka 

Banyak orang yang memiliki kebiasaan balas dendam saat berbuka puasa. Makan banyak dengan berbagai macam makanan yang ada hingga terlampau kenyang. Padahal kebiasaan makan berlebih itu dapat mengganggu tidur Anda. karena itu hindarilah untuk makan terlalu banyak saat berbuka. 

Baca juga: Ini 4 Jenis Aplikasi yang Bikin HP Jadi Lemot

4. Berolahraga

Hal ini sudah jadi rahasia umum bahwa jika Anda tidak bisa tidur, maka olahraga adalah cara yang tepat untuk membantu badan menjadi cepat tidur. Tidak perlu olahraga yang berat, Anda bisa melakukan pemanasan di rumah atau sekedar berjalan cepat sebelum ataupun sesudah buka puasa juga mampu memberikan efek baik pada tubuh. Jika dilakukan secara konsisten, bukan hanya bisa cepat tidur saja, namun Anda akan mendapatkan manfaat lainnya pada tubuh. 

5. Bantuan dari Keluarga

Bagi Anda yang bukan anak kos atau tidak tinggal sendiri, Anda selalu bisa memakai kartu keluarga yang artinya adalah bisa meminta bantuan orang rumah untuk membangunkan Anda agar tidak telat sahur. Buat rutinitas untuk selalu makan sahur bersama agar tidak ada anggota keluarga yang ketinggalan sahur, termasuk Anda. Ini adalah cara agar bisa bangun sahur paling efektif. 

6. Pakai Alarm dengan Kencang 

Kebiasaan orang saat menggunakan alarm adalah dengan menekan tombol snooze atau tunda saat alarm berbunyi. Anda bisa meletakkan alarm atau ponsel dalam posisi yang agak jauh untuk menghindari kebiasaan tersebut. Cara lainnya adalah Anda bisa menyambungkan ponsel Anda dengan speaker bluetooth agar suara alarm terdengar keras dan membuat kaget. Sehingga mau tidak mau Anda akan terbangun paksa karena kaget dengan suara alarm yang berbunyi. 

Baca juga: Dapat Duit di Waktu Senggang,Simak 5 Tips Cuan Ini!

Pakai Speaker Bluetooth dari JETE Indonesia 

Jika Anda membutuhkan speaker bluetooth terbaik untuk dijadikan alarm agar tidak bangun telat saat sahur, maka Anda bisa menggunakan speaker bluetooth S2 dari JETE Indonesia. Speaker satu ini sudah dilengkapi dengan dual smart alarm dimana Anda bisa menandai dua waktu yang berbeda agar hal penting tidak terlewat. Selain itu juga ada fitur lainnya seperti cek suhu ruangan, FM Radio, Micro SD, Bluetooth, hingga AUX. Jadi tunggu apalagi? Segera beli Spekaer JETE S2 sekarang di outlet resmi JETE Indonesia atau melalui Doran Gadget selaku distributor resmi.

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

Juli 11, 2023

About the author, Arini Rizki Fauziah

× WhatsApp