Kenapa WhatsApp Lemot? Kenali 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Maret

28

0 comments

JETE IndonesiaWhatsApp menjadi aplikasi yang dominan digunakan sebagian besar orang untuk mengirim dan menerima pesan singkat. Akan tetapi, kinerja WhatsApp menjadi terganggu karena masalah HP Anda. Lantas, kenapa WhatsApp ini menjadi lemot? Berikut ulasannya.

Penyebab Kenapa WhatsApp Lemot

Ada beberapa faktor kenapa WhatsApp lemot. Namun, Anda tak perlu khawatir untuk mengatasinya. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

1. Percakapan Lama Tertimbun Aplikasi

kenapa whatsapp lemot (1)

Faktor pertama kenapa WhatsApp lemot bisa jadi karena ada banyak percakapan lama yang tertimbun di aplikasi ini. Apalagi pesan yang dikirimkan dalam banyak obrolan dan media seperti pesan suara, foto, video, dan lain sebagainya. Jika tidak penting dan sudah Anda baca, sebaiknya hapus pesan tersebut.

Caranya adalah buka aplikasi WhatsApp dan pilih pesan yang akan dihapus lalu lanjutkan pilih ikon bergambar tempat sampah yang ada di kanan atas. Kemudian pilih ‘Hapus’. Dalam hal ini, WhatsApp akan mengonfirmasi apakah chat di media akan dihapus atau tidak. Jika iya, biarkanlah tanda centang di samping ‘Hapus Media Chat ini’. Jika tidak, hapus centang tersebut.

Baca juga: Ciri Whatsapp Disadap Orang Lain dan Solusinya!

2. Memori HP Hampir Penuh

Selanjutnya adalah karena memori penyimpanan internal pada HP hampir penuh. Mengatasinya, Anda harus menghapus media baik berupa gambar atau foto, audio, hingga video yang tak diperlukan lagi. Termasuk media maupun dokumen yang dikirim melalui WhatsApp kita.  Dengan begitu, memori akan terbantu karena sebagian file terhapus.

Langkah-langkahnya adalah, bukalah ‘File Manager’ dan carilah folder ‘WhatsApp’ di memori internal lalu buka folder ‘Media’. Buka juga folder ‘Sent’ dalam folder tadi lalu pilihlah file tersebut dan klik ‘Hapus’.

3. Kenapa WhatsaPP Lemot – Cache Menumpuk

kenapa whatsapp lemot

Penyebab ketiga WhatsApp menjadi lemot adalah chace yang menumpuk. Chace ini adalah data sementara pada aplikasi dan akan muncul tiap kali membuka WhatsApp, namun cara ini akan membuat bebannya bertambah. Oleh karenanya, penting bagi Anda menghapusnya secara berkala.

Membersihkannya, Anda cukup masuk ke ‘Pengaturan Telepon’ dan masuk ‘Aplikasi’ dan pilih WhatsApp, setelah itu pilih ‘Hapus Data’ di bagian bawah kanan. Lanjutkan ‘Bersihkan Cache’.

Baca juga: Begini Cara Backup WhatsApp Agar Data Aman

4. Menggunakan WhatsApp Versi Lama

Kenapa WhatsApp lemot penyebabnya bisa dikarenakan Anda menggunakan versi aplikasi yang lama. WhatsApp akan terus mengupdate aplikasinya untuk dapat digunakan oleh para pengguna. Maka, penting bagi Anda untuk melakukan pembaruan secara berkala.

Cara memperbarui WhatsApp ini, masuklah ke PlayStore dan pilih WhatsApp lalu ketik ‘Update’. Rajin-rajinlah untuk mengecek update pada aplikasi tersebut agar Anda tidak ketinggalan fitur-fitur WhatsApp dan dapat menikmatinya.

5. HP Terlalu Lama Bekerja

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone, cara mengatasi hp lemot

Terakhir, penyebab lainnya adalah karena HP terlalu menyala atau bekerja. Jika HP terlalu lama maka akan meningkatkan suhu smartphone dan akan cepat panas. Inilah yang akan menghambat kinerja aplikasi dan smartphone. Untuk mengatasinya, cukup matikan sejenak HP Anda dan nyalakan kembali atau refresh. Dengan begitu, kinerja WhatsApp akan normal kembali.

Baca juga: 7 Fitur Baru WhatsApp Ini Diprediksi Rilis Tahun 2022

Penutup

Bagaimana JETE Lovers, Apakah hal seperti di atas terjadi di HP Anda? Jika iya, segera lakukan pembersihan dan benahi aplikasi sekarang juga. Selain itu, agar Anda semakin nyaman menggunakan WhatsApp sepanjang hari, pastikan gunakan aksesoris gadget dengan kualitas premium dari JETE Indonesia. Anda bisa mendapatkannya di berbagai outlet kami yang tersebar di wilayah Indonesia. Atau melalui Doran Gadget sebagai distributor utama di jaringan store, marketplace, maupun aplikasi.

Artikel terkait:

September 19, 2023

September 16, 2023

September 15, 2023

September 7, 2023

September 2, 2023

Agustus 28, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp