6 Aplikasi Grafis 3D Bagi Pemula dan Profesional

JETE Indonesia – Menjadi desainer grafis memang merupakan hal yang cukup banyak diminati akhir-akhir ini. Selain membuka lowongan kerja yang cukup banyak, dengan dunia kerja yang serba digital ini, desainer grafis 3D memang sangat dibutuhkan. Nah bagi Anda yang ingin menjadi desainer grafis 3D atau animator terbaik, maka Anda bisa menggunaka deretan rekomendasi aplikasi grafis 3D yang cocok bagi pemula maupun profesional di bawah ini. 

1. Blender

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan dengan aplikasi satu ini. Aplikasi Blender ini sering digunakan oleh para amatir atau pemula yang ingin membuat desain animasi 3D. Aplikasi ini free dan sudah banyak tutorial cara penggunannya yang dishare oleh para kreator YouTube. Ukurannya ringan dan bisa digunakan di Mac, Linux, dan Windows. Jika Anda bisa menguasai aplikasi Blender ini, maka Anda tidak perlu khawatir untuk mengoperasikan aplikasi grafis 3D lainnya yang lebih profesional.  

Baca juga: 5 Tips Memilih Mic Clip On yang Bagus untuk Bikin Konten dan Meeting

2. SketchUp Free

Tools berbasis web ini juga menjadi salah satu pillihan banyak desainer grafis. Software yang meluncur pada tahun 2017 ini sebenarnya merupakan upgrade dari SketchUp Make. Karena free atau gratis, banyak yang menganggap software berbasis web ini kurang lengkap untuk aplikas 3D grafis. Namun bagi Anda yang pemula, sebelum mendownload software berbasis 3D grafis lainnya, Anda bisa mencoba dan mengembangkan skill terlebih dahulu menggunakan SketchUp Free. 

3. Vectary 

Sama seperti SketchUp Free, Vectary juga merupakan tools 3D berbasis web dengan kelengkapan cloud storage dan beberapa template yang bisa digunakan secara gratis. Anda cukup pergi ke web Vectary untuk menikmati kemudahan ini dan create desain untuk konten, web, VR, hingga AR dalam waktu yang singkat. Toolsnya sangat sederhana dan mampu memberikan kemudahan bagi Anda dengan adanya template yang bisa digunakan. 

Baca juga: Ini 4 Jenis Aplikasi yang Bikin HP Jadi Lemot

4. TinkerCAD 

Sama seperti dua sebelumnya, TinkerCAD juga termasuk salah satu tools 3D online yang populer terutama bagi mereka yang membutuhkan 3D desain untuk bangunan. Kepopulerannya bukan tanpa sebab, ternyata aplikasi grafis 3D berbasis web ini dibuat oleh developer terkenal AutoDesk yang merupakan pemilik aplikasi desain grafis 3D profesional yaitu AutoCAD. 

5. Autodesk Maya 

Merupakan software animasi 3D pro terbaik yang bisa digunakan untuk membuat animasi 3D, modelling, coloring, rendering, hingga composting. Merupakan sofware profesional bahakan bagi mereka yang sering membuat animasi untuk film Hollywood. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda mampu membuat dan mengerjakan scanner 3D, game, karakter, hingga film. Alat dan fiturnya juga lengkap sehingga mampu digunakan untuk membuat animasi yang cukup kompleks. Sayangnya software ini lebih cocok bagi mereka yang sudah profesional dan bukannya seorang pemula. 

6. Houdini 

Aplikasi grafis 3D animasi ini merupakan golongan high end yang yang menaruh perhatian ekslusif ke generasi prosedural perangkat lunak yang membedaraknnya dari apliasi grafis 3D lainnya. Bisa dibandingkan dengan Maya sebagai salah satu software animasi 3D profesional. Karena Houdini mampu memberikan Anda kesempatan untuk meningkatkan kekuatan, flesibilitas, dan kontrol yang bisa digunakan pada desain Anda. 

Baca juga: Deretan Daftar Aplikasi Presentasi Video Gratis Terbaik 2022

Membuat Desain 3D Jadi Lebih Seru dengan JETE 

02. speaker bluetooth, JETE S8 Series

Itulah deretan aplikasi grafis 3D yang bisa Anda pilih. Gunakan aplikasi sesuai kebutuhan dan level penggunaan Anda agar tidak kesulitan saat mengoperasikannya. Kini membuat desain 3D jadi lebih seru dengan ditemani speaker JETE untuk mendengarkan lagu favorit Anda. Tidak berhenti di situ, jika Anda ingin mendengarkan musik tanpa harus digangu dengan suara keramaian saat bekerja di cafe, pilih TWS JETE yang sudah lengkap dengan noise cancelling. Dapatkan semua produk JETE hanya di store official JETE atau melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini. 

× Whatsapp