5 Keunggulan Jaringan 5G, Internetan Lebih Ngebut!

Januari

13

0 comments

JETE IndonesiaBeberapa waktu belakangan wacana mengenai penghapusan 3G cukup ramai dibicarakan. Hal itu dilakukan untuk memperlancar jaringan 5G untuk berbagai sektor teknologi berbasis internet.  Penggunaan jaringan 5G di Indonesia pun semakin massif. Ini ditandai dengan dukungan dari operator seluler yang mulai meluncurkan jaringan generasi terbaru tersebut. Ditambah lagi perangkat seperti smartphone 5G yang juga marak di tanah air.

Keunggulan Jaringan 5G

Sebenarnya apa saja keunggulan jaringan 5G ini yang diklaim lebih baik dan bikin internetan lebih ngebut?

1. Tingkat Latensi yang Lebih Rendah

material headset gaming

Keunggulan yang pertama adalah, jaringan 5G memiliki tingkat latensi yang rendah. Latensi ini secara umum bisa diartikan sebagai waktu pengantaran data oleh pengirim kepada penerima maupun perangkat yang digunakan. Jika latensi tinggi, maka pengirimannya pun akan semakin lambat.

Tingkat latensi jaringan 5G lebih rendah bila dibandingkan 4G LTE. Bahkan bisa mencapai kurang dari lima milidetik saja. Dengan latensi yang rendah ini, pengguna bisa menikmati konten internet tanpa khawatir terputus. Termasuk bermain game dengan ukuran besar sekalipun.

2. Kecepatan Internetan Lebih Cepat

Tak hanya tingkat latensi saja, keunggulan kedua dari jaringan 5G ini adalah kecepatan internetnya yang lebih kencang. Bahkan, disebut-sebut jika kecepatan 5G peningkatan kecepatannya sampai 100 kali dibanding jaringan 4G.

Meningkatnya kecepatan akses internet ini dapat membantu aktivitas proses pengunggahan dan pengunduhan data lebih cepat. Misalnya saja saat Anda mengunduh film dengan resolusi tinggi, terkadang membutuhkan waktu 5-7 menit. Kini, dengan menggunakan jaringan 5G hanya perlu memerlukan waktu kurang dari 10 detik.

3. Keunggulan Jaringan 5G – Mendukung Teknologi VR

Apa itu metaverse

Beberapa waktu belakangan, Metaverse menjadi perbincangan hangat. Salah satu cara untuk menikmati layanan yang ada yakni menggunakan teknologi VR. Dimana teknologi VR ini memerlukan koneksi internet yang mumpuni untuk menjalankannya.

Inilah yang menjadi keunggulan jaringan 5G yang ketiga JETE Lovers. Berkat kecepatan internet yang kencang dan latensi rendah, maka sangat mendukung untuk penggunaan VR. Pengguna pun bisa menikmati audio video beresolusi tinggi tanpa khawatir mengalami lag.

Baca juga: Ramai Jadi Perbincangan, Apa Itu Metaverse?

4. Kapasitas Jaringan Lebih Besar

Dalam pengembangannya, diperkirakan jaringan 5G juga akan meningkat dari segi kapasitas jaringan dibandingkan dengan 4G. Bahkan, peningkatan jaringan ini mencapai hingga 1000 kali lebih banyak dan merata.

Hal inilah yang membuat penggunaan perangkat dan aplikasi dapat berjalan dengan baik. Terlebih lagi di area yang strategis seperti perkotaan. Termasuk pula di sektor perindustrian yang mengandalkan teknologi Internet of Things (IoT).

5. Bisa Terhubung ke Banyak Perangkat

Keunggulan jaringan 5G yang terakhir ialah dapat dihubungkan di banyak perangkat. Apabila perangkat memiliki akses untuk koneksi internet secara instan, dapat melakukan pertukaran informasi secara langsung atau real time.

Nantinya, jaringan 5G memungkinkan perangkat di rumah terhubung dengan perangkat di tempat lain. Bagi pemerintahan, ini tentu sangat mendukung dalam mewujudkan kota pintar berbasis digital dan teknologi.

Nikmati Akses Jaringan 5G dengan Dukungan Aksesoris Gadget Terbaik

JETE Indonesia

Nah JETE Lovers, itulah beberapa keunggulan jaringan 5G yang perlu Anda tahu. Kesimpulannya, jaringan 5G memberikan banyak kemudahan dalam berkomunikasi di era digital di masa mendatang. Mulai aktivitas yang menunjang pekerjaan maupun untuk aktivitas entertainment. Seperti nonton film hingga main game semakin ngebut.

Jangan lupa, untuk menunjang penggunaan jaringan 5G yang semakin optimal pada gadget dengan menggunakan aksesoris pendukung terbaik. Mulai dari charger, kabel data, powerbank, hingga headset yang nyaman dan tidak sakit di telinga dari JETE Indonesia. Dapatkan produk terbaiknya di outlet di seluruh Indonesia, marketplace, atau pembelian di Doran Gadget.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Agustus 4, 2023

Juni 23, 2023

Juni 17, 2023

Juni 13, 2023

Juni 7, 2023

Mei 26, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan