Wajib Dihindari, Ini 10 Hal yang Memicu Smartphone Terbakar

Agustus

30

0 comments

JETE IndonesiaSmartphone bisa menjadi salah satu penyebab kebakaran yang fatal bila tidak ditangani dengan baik. Terlebih beberapa waktu lalu sempat viral kejadian ponsel terbakar di dalam kabin pesawat Alaska Airlines. Hal tersebut menjadi pelajaran bagi siapa saja untuk lebih bijak dan berhati-hati menggunakan serta merawat smartphone.

Pemicu Smartphone Terbakar

Ada beberapa hal yang menjadi pemicu mengapa smartphone bisa terbakar. Mulai dari kesalahan pengguna maupun kerusakan pada perangkat itu sendiri. Berikut di antaranya yang perlu diketahui.

1. Perangkat yang Rusak

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone (3)

Penyebab pertama mengapa ponsel pintar Anda bisa terbakar adalah karena perangkat mengalami kerusakan. Terlebih lagi bila kerusakannya cukup parah. Misalnya pada bagian bodi baterai maupun layarnya mengalami keretakan. Hal itu akan membuat air maupun keringat masuk dengan mudah. Kemudian, mengalir ke bagian kompartemen baterai dan dapat menyebabkan korsleting.

Baca juga: Cara Mengatasi Smartphone Terkena Air

2. Menggunakan Charger Berkualitas Buruk

Semua smartphone dibekali dengan charger dengan spesifikasi maupun standar yang berbeda. Ini berkaitan fitur yang dimilikinya dan kapasitas baterainya. Oleh karena itu, Anda sebaiknya gunakan selalu charger original atau gunakan selalu charger dengan kualitas baik. Khususnya yang dilengkapi dengan fitur fast charging. Tak jarang, terbakarnya ponsel disebabkan karena kondisi dan kualitas charger yang buruk.

3. Smartphone Terbakar Karena Suhu Panas

Dalam kondisi tertentu ponsel terkadang bisa menjadi panas. Biasanya hal itu disebabkan karena pemakaian yang terlalu berlebihan. Misalnya bermain game, streaming video, dan sebagainya. Jika ponsel dalam kondisi seperti ini ada baiknya untuk berhenti menggunakanya dan hindari melakukan pengisian daya.

4. Mengisi Daya Baterai Berlebihan

Mengisi daya baterai ponsel pun ada teknik sendiri agar tetap awet. Misalnya jangan selalu mengisi secara berlebihan. Bila angka telah menunjukkan 100% cabutlah charger dan jangan isi ulang ketika masih penuh. Sebab, hal itu akan mengurangi masa pakai baterai. Setidaknya, isilah baterai ketika daya 30% dan cabutlah pada saat daya mencapai 90%. Apabila berlebihan dikhawatirkan baterai tak mampu menampung dan terbakar.

5. Mengisi Ulang Baterai di Mobil Tidak Benar

02. baterai ponsel

Terkadang ketika bepergian seseorang mengisi ulang di mobil dengan menggunakan adaptor charger mobil khusus. Sebenarnya, hal ini tidaklah bermasalah jika kualitasnya baik. Beda halnya dengan adaptor charger yang buruk bisa mengakibatkan lonjakan daya besar dan berlebihan. Sehingga, ponsel bisa meledak dan cukup berbahaya apalagi berada di dalam mobil.

Baca juga: Hati-hati Isi Baterai Ponsel di Mobil, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan!

6. Baterai Smartphone yang Digunakan Tidak Asli

Untuk urusan baterai, memang sebaiknya Anda jangan coba-coba menggunakan baterai yang tidak original dan sesuai dengan perangkat. Ini tentu bisa menjadi masalah serius. Baterai tidak asli bisa jadi cepat panas dan dapat menyebabkan ledakan hingga kebakaran ponsel.

7. Ponsel Ditumpuk dengan Benda Berat

Mungkin Anda secara tidak sengaja menumpuk ponsel dengan beberapa benda berat. Hal itu akan memicu tekanan. Bila ponsel tidak kuat akan menjadi cepat panas, dan bila ditumpuk dengan benda mudah terbakar bisa jadi memicu kebakaran.

8. Kabel Ekstensi yang Bermasalah

Terkadang, terbatasnya stopkontak membuat pengguna biasanya menggunakan kabel ekstensi pada saat pengisian baterai. Sebenarnya, cara seperti ini akan lebih rentan pada suhu yang cepat meningkat. Terlebih bila serat kabel ekstensinya terkelupas atau rusak akan menyebabkan korsleting.

9. Mengisi Daya Ponsel di Tempat yang Panas

Selain mengisi daya secara berlebihan yang membuat dayanya menumpuk, mengisi di tempat yang panas akan berbahaya. Misalnya saja mengisi daya berada di bawah sinar matahari secara langsung maka ini akan terjadi overheating

10. Tempat Servis Ponsel Tidak Resmi

Terakhir, selalu servis secara berkala smartphone Anda ketika mengalami masalah atau kerusakan sekecil apapun. Namun, pilihlah tempat servis ponsel yang resmi dengan peralatan yang lengkap. Sebab, tempat yang tidak resmi bisa saja membuat ponsel kerusakannya lebih parah dan memicu korsleting.

Gunakan Perangkat Terbaik untuk Mencegah Smartphone Terbakar

01.powerbank

Setidaknya itulah beberapa faktor atau hal yang perlu dihindari agar tidak smartphone tidak terbakar. Selain menghindari hal tersebut, setidaknya Anda harus menggunakan perangkat dan aksesoris gadget terbaik dari bahan berkualitas premium. Mulai dari komponen bagian luar maupun komponen bagian dalam.

Salah satu aksesoris gadget yang dapat Anda gunakan adalah produk dari JETE Indonesia yang bisa Anda dapatkan di outlet resmi di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu Anda juga bisa membelinya secara online di marketplace maupun Doran Gadget selaku distributor utamanya.

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

Juli 11, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp