5 Tips Memilih Webcam Terbaik Sesuai Kebutuhan

webcam terbaik

JETE IndonesiaWebcam terbaik adalah kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi, terutama kalau kamu aktif menjalani meeting secara virtual. Kualitas webcam sangat menentukan kelancaran komunikasi jarak jauh. Kamu bisa memilih webcam dengan kualitas terbaik dari berbagai merek, termasuk webcam JETE yang menawarkan berbagai keunggulan.

Namun buat kamu yang baru pertama membeli webcam dan belum tahu mana webcam yang bagus, kamu perlu membaca tips dari JETE berikut ini.

Tips Memilih Webcam Terbaik Untuk Aktivitasmu

Ketika kamu membeli webcam, pastikan produk tersebut sesuai dengan kebutuhanmu dan bisa menunjang segala aktivitasmu. Jangan hanya tertipu dengan harga dan akhirnya tergoda untuk membeli webcam murah ya.

JETE punya tips tentang apa saja sih hal yang harus kamu perhatikan saat membeli webcam.

1. Resolusi kamera

Ketika mencari webcam, tentu saja resolusi kamera menjadi hal pertama yang harus diperhatikan sebelum melihat hal yang lainnya. Membahas resolusi webcam, tentu saja harus melihat resolusinya. Perlu kamu tahu bahwa resolusi webcam relatif lebih kecil dibandingkan resolusi kamera biasa. Jadi, jangan mengharapkan resolusi tinggi ya.

Rata-rata resolusi webcam adalah 1.3 megapiksel hingga 2 megapiksel. Meskipun kecil, gambar yang ditampilkan sudah cukup jernih dan bagus kok. Sementara untuk resolusi video, biasanya webcam menawarkan resolusi 320 x 240 piksel. Namun jika kamu menggunakan layar yang cukup lebar, kamu bisa memilih kamera dengan resolusi 640 x 480 piksel.

Salah satu produk JETE, Webcam W6 Full HD 1080px memberikan gambar dengan resolusi sangat jernih dan built-in microphone yang mendukung segala macam aktivitas kamu.

2. Lensa kamera

webcam terbaik

Lensa webcam dan sensornya termasuk aspek yang mengalami perkembangan pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan webcam. Lensa yang berkualitas adalah lensa kaca yang fokusnya bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan pengguna. Namun lensa yang terbuat dari plastik memberikan resolusi yang tidak terlalu baik.

Webcam W5 HD 720px memiliki lensa kaca yang jernih dengan resolusi tinggi untuk memberikan kualitas video yang jernih dan terang dalam segala kondisi, bahkan ketika cahaya redup sekalipun. 

3. Instalasi webcam

Terlepas dari segi harga webcam murah atau mahal, yang terpenting adalah instalasinya. Tujuannya agar kamu tidak kesulitan untuk menggunakannya. Kini sudah banyak webcam plug and play yang tidak memerlukan setting tertentu.

Seperti Webcam W7 Full HD 1080px yang sudah mendukung plug and play, mudah dan praktis digunakan tanpa ribet.

4. FPS (Frame Rate Per Second)

webcam terbaik

FPS atau Frame Rate Per Second adalah kemampuan atau kecepatan pengambilan frame yang bisa dilakukan kamera setiap detik. Semakin besar kecepatan pengambilan frame kamera, maka semakin baik pula hasil rekamannya.

FPS yang ideal untuk sebuah webcam terbaik minimal adalah 15 FPS. Tapi kalau kamu mau mendapatkan kualitas video yang lebih baik, kamu bisa memilih 30 FPS. Berbeda lagi dengan webcam yang digunakan untuk kebutuhan media, sosial, sebaiknya pilih FPS hingga 60 FPS.

5. Kualitas dan harga

Jika ingin mencari webcam terbaik, tentu kualitas produk harus diutamakan. Boleh saja ingin webcam murah, tapi jangan sembarangan membeli hanya karena tergoda harganya ya!

Webcam sendiri dijual di pasaran dengan kisaran harga mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Tentu saja semakin mahal harganya, semakin banyak pula fitur-fitur yang ditawarkan.

Meeting Virtual Jadi Lebih Nyaman Dengan Webcam JETE

Soal webcam terbaik, kamu tidak perlu bingung cari di mana. Deretan produk webcam dari JETE menawarkan spesifikasi dan harga yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Jadikan meeting virtual-mu lebih nyaman dan menyenangkan dengan webcam berkualitas dari JETE yang bisa didapatkan di Doran Gadget.

× Whatsapp