5 Tips Sukses Menjalankan Webinar Pertama Anda

webinar

JETE IndonesiaPandemi COVID-19 mengubah kebiasaan masyarakat untuk lebih banyak menggunakan platform digital dalam segala aktivitas. Termasuk menyelenggarakan seminar secara virtual atau lebih dikenal dengan webinar. Tentu, menjalankannya tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Maka, Anda harus persiapkan dengan matang.

Tips Menjalankan Webinar

Bagi Anda yang akan membuat acara webinar sendiri dan mengundang audiens, sebaiknya perhatikan dulu beberapa tips berikut ini agar semuanya dapat berjalan lancar hingga akhir acara.

1. Tentukan Topik dan Pembicara

01. webinar

Sebagai langkah awal dalam menyelenggarakan webinar, Anda perlu menentukan topik dan tema apa yang akan dibahas. Misalnya tentang bisnis, seni, dan sebagainya. Hal itu juga tergantung siapa target audiens yang akan diundang nantinya. Apakah untuk kalangan pebisnis, mahasiswa, atau masyarakat umum.

Setelah menentukan topik dan temanya. Selanjutnya adalah memilih pembicara yang ahli di bidangnya dan latar belakang yang tepat. Selain ahli, pastikan pembicaranya juga menguasai teknik webinar. Begitu juga ketika menjawab pertanyaan peserta di akhir sesi.

2. Gunakan Platform dan Teknologi yang Tepat

zoom pemium, harga zoom premium

Menjadi hal paling penting bagi Anda untuk menentukan platform apa yang tepat untuk menjalankan webinar ini. Biasanya, yang paling umum digunakan adalah Zoom. Namun, perlu diingat jika Zoom ini memiliki waktu dan peserta yang terbatas.

Agar lebih nyaman, Anda bisa menggunakan platform Zoom berbayar dengan paket-paket tertentu sesuai kebutuhan. Tentu, fitur yang berbayar ini akan membuat Anda lebih nyaman menjalankan webinar tanpa khawatir keterbatasan. Lalu, pastikan koneksi internet lancar.

3. Format Webinar Harus Jelas

03. webinar

Tentukan seperti apa format webinar kepada audiens nantinya. Apakah menggunakan format dengan panduan presenter ataukah menggunakan format tanya jawab langsung dengan lebih dari satu pembicara. Jelaskan pula teknis berlangsungnya acara kepada peserta melalui daftar yang diberikan paling tidak satu hari menjelang dimulai.

Tak hanya mengenai formatnya saja, Anda perlu menjelaskan pula mengenai instruksi kepada audiens terkait fungsi dan fitur yang akan digunakan nanti. Mengapa demikian? Sebab, tidak semua audiens atau peserta menguasai platform. Anda bisa menjelaskannya saat melakukan uji coba atau sebelum acara dimulai.

Baca juga: 6 Rekomendasi Webcam Murah Terbaik JETE Untuk Aktivitas Daring

4. Lakukan Uji Coba

Zoom Premium, Harga Zoom Premium 2

Setelah semua peralatan dan platform sudah siap, kini Anda lakukan uji coba. Tujuannya adalah agar semua peralatan dan perlengkapan berfungsi dengan baik saat acara tiba. Bayangkan saja jika Anda tidak melakukan persiapan matang dan uji coba ini, lalu tiba-tiba ada peralatan yang tidak berfungsi dengan baik. Tentu, ini akan membuat reputasi Anda sebagai penyelenggara menurun.

5. Jangan Lupa untuk Merekamnya

05. webinar

Terakhir, jangan lupa untuk merekam jalannya webinar yang Anda jalankan. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada audiens atau peserta menontonnya pada hari yang lain. Begitu pula bagi orang lain yang tidak dapat menghadiri webinar tersebut.

Gunakan Alat Terbaik untuk Webinar Anda

Tidak hanya tips di atas saja yang perlu Anda perhatikan. Keberadaan alat yang digunakan juga penting untuk mendukung jalannya acara. Oleh karena itu, pastikan beberapa peralatan ini sudah Anda siapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Misalnya saja perangkat audio seperti headset dengan kualitas suara yang jernih. Kemudian, perhatikan pula kamera yang digunakan. Hal ini karena kamera merupakan gadget vital dalam acara webinar. Anda bisa memilih webcam dari JETE yang memiliki tingkat ketajaman tinggi dan nyaman digunakan.

Untuk mendapatkannya, belilah pada distributor yang terpercaya seperti Doran Gadget yang menjual produk JETE original untuk webinar. Dapatkan informasi up to date seputar aksesoris gadget di channel Telegram Doran Gadget.

Bagaimana, sudah siapkah memulai webinar pertama Anda?

× Whatsapp