Tes Psikologi Online: Pengertian, Keakuratan, dan Rekomendasi Website

Maret

27

0 comments

JETE Indonesia – Dalam dunia pekerjaan, tes psikologi online mungkin bukan sesuatu yang asing. Karena banyak perusahaan yang menerapkan tes satu ini bagi para pelamarnya. Ada banyak manfaat bagi perusahaan untuk mengetahui kepribadian seseorang yang akan bekerja untuk perusahaannya. Namun bagi yang belum paham, berikut ini penjelasan lengkap mengenai tes psikologi online yang wajib kamu ketahui. 

Apa Itu Tes Psikologi Online?

tes psikologi online
sc: freepik

Tes psikologi online adalah pelaksanaan tes seputar psikologi peserta yang dilakukan secara online. Dapat dikerjakan di mana saja dan harus diisi dengan kejujuran. Sehingga hasil tes murni diambil dari kemampuan perserta. Kemudian human error saat intepretasi atau pengaruh subjektivitas dipastikan tidak akan terjadi. 

Psikotes (psikologi tes) biasanya dilakukan oleh psikolog dan lembaga layanan psikologi untuk berbagai macam kebutuhan. Psikotes dapat berupa tes tulis, proyeksi gambar, dan lainnya yang digunakan untuk mengukur fungsi kemampuan kognitif maupun emosi seseorang sehingga bisa memetakan tingkat kecerdasan, bakat, minat, hingga kepribadian seseorang. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Situs Kompres Foto Online

Apakah Hasil Psikotes Online Akurat?

tes psikologi online
sc: shutterstock

Beberapa jenis tes psikologi bisa mendapatkan hasil yang akurat meskipun dilakukan secara online. Karena biasanya sudah terdapat standar psikometri yang sama dari sisi validitas dan reliabilitas seperti tes yang dilakukan secara offline. 

APA’s Board of Scientific Affairs and Board of Professional Affairs juga menjelaskan bahwa informasi yang diberikan terkait psikotes online menggunakan standar umum untuk penggunaan etis dalam tes psikologi. Standar tersebut tercantum dalam APA Standards for Education and Psychological Testing yang didalamnya juga mengatur cara menilai penggunaan tes dengan stkamur tertentu. 

Rekomendasi Website Tes Kepribadian 

Jika kamu tertarik untuk mengikuti tes kepribadian secara online, berikut ini deretan rekomendasi website tes kepribadian yang bisa kamu pilih. 

1. 16 Personalities

16 Personalities
sc: whomealeader.com

Situs 16personalities.com ini menjadi salah satu situs terpercaya yang menawarkan layanan tes kepribadian Myers-Briggs (MBTI) secara gratis yang bisa diakses oleh siapa saja. MBTI sendiri menjadi salah satu tes kepribadian yang banyak digunakan oleh rekruiter untuk mendapatkan pegawai sesuai dengan keinginan perusahaan. Ada banyak pertanyaan secara mendetail untuk bisa mengetahui gambaran kepribadian peserta sesungguhnya. Hasil yang diberikan lengkap dengan kelebihan, kekurangan, hingga rekomendasi karir yang sesuai dengan MBTI yang dimiliki. 

2. Satu Persen 

Satu Persen 
sc: esportsku.com

Psikotes online yang disediakan oleh website asal Indonesia ini memiliki jenis yang beragam. Ada berbagai pilihan tes yang disediakan dan akan memberikan hasilnya secara gratis. Cukup jawab pertanyaan yang sesuai dengan preferensi diri sehingga hasil yang diberikan akan lebih memudahkan peserta dalam mengenali diri sendiri. 

Baca juga: 5 Situs Download Lagu Legal MP3, Dijamin Aman dan Nyaman!

3. Psychology Today 

Psychology Today 
sc: idntimes.com

Situs satu ini bisa dijadikan alternatif untuk kamu yang ingin memperdalam informasi mengenai kesehatan mental yang sudah dilengkapi dengan berbagai tes yang bisa dilakukan mulai dari tes IQ, karir, kesehatan, relationship, personality, hingga kesehatan mental yang sedang dialami saat itu. 

4. Crystal Knows

Crystal Knows
sc: crystalknows.com

Sama seperti tes MBTI, tes DiSC juga sering digunakan rekrutmen untuk melakukan psikotes pada pesertanya. Tes psikologi online satu ini membagi kepribadian dalam empat tipe yaitu dominance, submission, influence, dan compliance. Tipe kepribadian DiSC ini mampu menentukan ciri perilaku berdasar tipe-tipe yang ada. Untuk mengetahui jawaban lengkapnya kamu diharuskan untuk sign-up terlebih dahulu.

5. Kepribadianku

Kepribadianku
sc: JETE Indonesia

Website tes kepribadian online ini bisa diakses secara gratis dan mampu menunjukkan tipe kepribadian paling dominan yang kamu miliki. Dalam tesnya, tipe kepribadian manusia dibagi menjadi empat macam yaitu sanguinis, koleris, plegmatis, dan melankolis. Setiap kepribadian memiliki keunikan sendiri.  Dengan melakukan tes ini maka akan lebih mudah dalam mengetahui kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri. Sehingga akan lebih mudah dalam mengambil keputusan dalam bertidak dan menyesuaikan diri dengan orang lain. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Situs Convert JPG ke PDF Terbaik!

Penutup 

Itulah seputar tes psikologi online beserta rekomendasi website tes kepribadian online yang bisa kamu coba. Dapatkan berbagai produk aksesoris gadget dari JETE yang bisa kamu dapatkan di official store JETE Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

April 16, 2024

April 15, 2024

April 13, 2024

April 12, 2024

April 11, 2024

April 10, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah