Tanda Seseorang Kecanduan Handphone

Mei

25

0 comments

JETE Indonesia – Saat ini smartphone menjadi salah satu kebutuhan yang tak bisa dilepaskan dari manusia. Mengingat semua hal menjadi lebih mudah saat menggunakan smartphone. Mulai dari untuk komunikasi, hiburan, pekerjaan, belajar, bermain, dan lainnya. Sayangnya beberapa orang terlalu bergantung pada handphone. Jangan sampai kecanduan, mari simak tanda seseorang kecanduan handphone di ulasan kali ini. 

Tanda Seseorang Kecanduan Handphone

01. ring hp

Berikut ini dalah beberapa tanda seseorang kecanduan handphone. Dilansir dari alodokter, istilah untuk kondisi kecanduan gadget seperti handphone ini merupakan nomophobia (no mobile phobia) yang artinya ketakutan untuk beraktivitas tanpa smartphone maupun gadget dalam bentuk lainnya. Apakah Anda termasuk salah satu di dalamnya? 

  • Anda harus selalu merasa tahu keberadaan smartphone yang dimiliki. Tidak hanya itu, Anda akan selalu membawanya setiap saat, baik itu dengan cara digenggam maupun dibawa di kantung celana atau tas.
  • Anda tidak pernah mematikan nada deringnya ke mode silent, bahkan saat malam hari karena takut melewatkan informasi penting atau menarik.
  • Anda tidur bersama smartphone yang sedang di-charge, baik dengan cara menyimpannya di sebelah tempat tidur atau di atas kasur.
  • Meskipun sedang keluar bersama teman, Anda tidak akan bisa menahan hasrat untuk memeriksa email, sms, chat, sosmed atau panggilan telepon sepanjang malam.
  • Menyangkal saat dituduh sebagai orang yang kecanduan smartphone. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Memasang Tempered Glass Sendiri 

Dampak Kecanduan Gadget

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone, cara mengatasi hp lemot

Ada banyak gangguan yang akan Anda terima jika kecanduan gadget ini. Tidak pedulu usia dan profesinya jika merasa tanda-tanda kecanduan handphone ini dialami oleh Anda atau orang disekitar Anda maka segera bawa ke dokter untuk penanganan yang lebih baik. 

Karena dampak buruk dari kecanduan gadget ini bisa memberikan gangguan pada mata, nyeri tugbuh di bagian tertentu sepeti jari dan pergelangan tangan, infeksi akibat bakteri dan kuman yang menempel di handphone, hingga insomnia akibat terlalu asik bermain HP. 

Efek psikologisnya juga bisa membuat orang tersebut menjadi lebih mudah marah dan panik, stres, sering merasa kesepian hingga meningkatkan risiko terjadi depresi dan gangguan kecemasan, sulit berkonsentrasi, dan bermasalah dalam hubungan sosial. 

Baca juga: Starter Pack Nonton Film dan Drama yang Wajib Anda Miliki! 

Penutup 

smartphone, cara mengatasi HP lemot

Karena itulah gunakan handphone dengan waktu sewajarnya dan sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mendapatkan berbagai aksesoris handphone terbaik dengan harga terjangkau hanya di JETE Indonesia. Silahkan kunjungi official store kami di sini atau hubungi CS kami di sini untuk informasi lebih lanjut. Semua produk JETE mendapatkan garansi rusak ganti baru selama 2 tahun! 

Artikel terkait:

Mei 10, 2024

Mei 7, 2024

April 27, 2024

April 24, 2024

April 12, 2024

April 11, 2024

About the author, JETE Indonesia