Penyebab Bluetooth Tidak Terkoneksi dan Cara Mengatasinya

Mei

26

0 comments

JETE IndonesiaBluetooth tidak terkoneksi seringkali membuat kita tidak nyaman saat mentransfer data dari perangkat satu ke yang lain. Terlebih lagi jika koneksi Bluetooth ini digunakan pada perangkat untuk berkomunikasi seperti melakukan panggilan. Sangat mengganggu, bukan? Lalu, mengapa fitur ini tidak bisa tersambung? Bagaimana pula cara mengatasinya? JETE Lovers bisa simak selengkapnya dalam artikel kali ini, ya!

Penyebab Bluetooth Tidak Terkoneksi

bluetooth 5, bluetooth 4, teknologi bluetooth. bluetooth terbaru (3)

Bluetooth yang tidak terdeteksi dengan baik, diakibatkan beberapa faktor. Faktor ini bisa berupa faktor internal dari perangkat yang digunakan maupun faktor eksternal pada saat proses penyambungan kedua perangkat. Selengkapnya mengenai penyebab tersebut di antaranya adalah:

  1. Jarak antara perangkat satu dengan yang lain saat disambungkan terlalu jauh. Sehingga ini berdampak pada jangkauan konektivitas yang tidak stabil atau tidak terhubung sama sekali.
  2. Terdapat penghalang di sekitar perangkat yang disambungkan Bluetooth. Misalnya saja tembok yang tebal, benda logam, maupun benda lainnya.
  3. Perangkat Bluetooth satu dengan lainnya tidak cocok, misalnya menggunakan teknologi Bluetooth lama dengan yang baru.
  4. Mode pemasangan kedua perangkat atau salah satu tidak ditemukan. Oleh karena itu, kamu harus mengaktifkan keduanya.
  5. Masalah dari frekuensi yakni antara frekuensi perangkat satu terganggu oleh perangkat lainnya. Misalnya terganggu sinyal WiFi, microwave, TV, dan lainnya. Di sini, koneksi Bluetooth akan terpecah dan penyambungannya tidak optimal dan bisa terputus.
  6. Terdapat masalah pada software seperti menggunakan software lama dan tidak diupdate ke versi yang lebih baru.
  7. Adanya gangguan elektromagnetik, dimana gangguan ini hampir sama seperti gangguan frekuensi yang disebabkan oleh perangkat elektronik lain di sekitar tempat pemasangan Bluetooth.
  8. Baterai perangkat yang lemah atau tidak cukup dapat menyebabkan masalah koneksi, karena saat menyambungkan ke perangkat lain Bluetooth memerlukan daya baterai yang stabil.
  9. Ada masalah mengenai konfigurasi hingga masalah pada hardware. Contohnya pada chipset, antena, dan lain sebagainya.

Baca juga: Bluetooth 4 vs Bluetooth 5, Mana yang Lebih Baik?

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Tersambung

Untuk memperbaiki Bluetooth tidak terkoneksi atau tersambung dengan perangkat pendukung, kamu bisa mencoba beberapa jalan keluar. Dengan catatan, koneksi ini tidak disebabkan karena rusaknya perangkat yang digunakan, sehingga berpengaruh pula pada kinerja Bluetooth. Berikut di antaranya:

  1. Periksa kompatibilitas bawaan perangkat, dan pastikan perangkat pendukung lain yang akan disambungkan memiliki atau mendukung teknologi Bluetooth yang sama.
  2. Pastikan Bluetooth kedua perangkat yang akan disambungkan telah aktif, jika tidak aktif salah satu tentu tidak bisa tekoneksi.
  3. Cek kembali jarak jangkauan maksimum. Jarak perangkat yang lebih dekat, maka akan semakin baik dan cepat dalam mentransfer data maupun transmisi.
  4. Restart kembali perangkat yang digunakan selama beberapa detik.
  5. Periksa perangkat agar mode penemuan perangkat Bluetooth dapat ditemukan dan bisa terkoneksi.
  6. Hapus dan pasang ulang perangkat agar koneksi Bluetooth kembali lancar.
  7. Hindari menyambungkan Bluetooth di area yang memiliki interferensi atau gangguan yang dapat menghalangi koneksi saat menyambungkan perangkat.
  8. Coba sambungkan ke perangkat lainnya, jika perangkat lain bisa menggunakan dan terkoneksi kemungkinan ada kerusakan pada perangkat yang digunakan atau dipasangkan.

Jika cara-cara di atas tidak bisa kamu lakukan, maka kamu dapat menghubungi dukungan lebih lanjut pada perangkat. Misalnya dengan menghubungi service center dari produk yang kamu gunakan.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Headset Bluetooth yang Delay

Penutup

earphone terbaik, headset bluetooth, JETE open ear 2

Setidaknya itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang mengapa Bluetooth tidak terkoneksi dan cara mengatasinya. Selain apa yang disebutkan di atas, yang paling penting adalah pastikan kamu menggunakan perangkat yang dilengkapi dengan teknologi Bluetooth terbaru agar koneksi tetap lancar.

Salah satunya adalah dengan teknologi Bluetooth 5.0 dan ke atas yang biasa ditemukan pada perangkat JETE Indonesia. Mulai dari speaker Bluetooth, TWS, headset, Bluetooth, dan lain sebagainya yang bisa kamu dapatkan di official store yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Atau membelinya di official store kami yang ada di marketplace dengan berbagai promo menarik.

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Agustus 4, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp