Pahami Cara Melindungi HP dari Penyadapan Hacker

JETE Indonesia – Saat ini handphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, terlebih lagi semenjak pandemi melanda dunia kemarin. Penggunaan handphone menjadi meningkat jauh dibandingkan sebelumnya. Ada banyak kegunaan HP untuk kehidupan, mulai dari untuk berkomunikasi, bermain, belajar, hingga bekerja. Sayangnya, semakin majunya zaman, semakin banyak pula cara hacking yang bisa membahayakan data-data yang tersimpan di dalam ponsel. Nah agar ponsel Anda tidak terkena hacking/sadap, simak beberapa cara untuk melindungi HP dari penyadapan di bawah ini! 

Baca juga: Ciri Whatsapp Disadap Orang Lain dan Solusinya!

Ini Cara Melindungi HP dari Penyadapan Hacker

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi ponsel dari penyadapan hacker yang menyeramkan.

1. Selalu Update Perangkat 

Pastikan untuk selalu update perangkat ponsel dengan firmware sistem operasi terbaru yang akan memastikan handphone terjaga dari hacking, karena pasti semua perusahaan melakukan pembaharuan untuk mengetatkan keamanan dari aplikasinya. 

2. Pasang Aplikasi Antivirus 

Tidak ada salahnya untuk memasang aplikasi antivirus sebagai cara untuk melindungi HP dari penyadapan. Namun pastikan untuk memilih perusahaan yang sudah memiliki revoiew yang bagus seperti Norton, Kaspersky, atau Bitdefender. 

3. Download Password Manager 

Aplikasi satu ini mampu membantu untuk mengontrol password yang digunakan pada banyak aplikasi. Password Manager mampu menyarankan password yang kuat dan memantau apakah Anda telah menggunakannya di aplikasi lain. 

4. Buat Password yang Kuat 

Salah satu cara melindungi HP dari penyadapan hacker adalah jangan membuat password berdasarkan nama, alamat, nama hewan peliharaan, hingga tanggal lahir yang mudah diketahui oleh banyak orang. Pastikan untuk membuat password yang kuat yang tidak memiliki hubungan apapun dengan diri Anda, sehingga orang terdekatpun akan kesulitan untuk menebak password Anda. 

Baca juga: Kerentanan Perangkat Bluetooth Memberi Lokasi Anda pada Hacker

Hacker Pernah Klaim Sadap Data Samsung Hingga 190 GB

Tidak peduli seberapa mahal dan dari merk mana saja ponsel yang Anda gunakan. Hacker selalu punya kesempatan untuk menyadap perangkat yang telah ditargetkannya. Bahkan salah satu brand handphone terbesar yaitu Samsung, dikabarkan pernah dihack oleh kawanan hacker dari Amerika Selatan. Seluruh basis data yang dicuri oleh kelompok tersebut dibagikan secara aktif dalam torrent hingga 190GB. 

Kelompok hacker tersebut diketahui bernama Lapsus$ yang disebut pernah menghack dan membocorkan data dari Nvidia. Lapsus$ disebut mengunggah screenshot berisi kode untuk software Samsung dan memberikan perincian data apa saja yang berhasil diambil dari server brand ponsel tersebut. 

Dilansir dari Bisnis.com, data yang disadap termasuk algoritma untuk autentikasi biometrik, source code bootloader untuk produk baru, hingga semua source code untuk proses autentikasi akun Samsung. Meskipun begitu, hingga kini kelompok hacker tersebut tidak meminta tebusan kepada Samsung. 

Baca juga: 6 Tanda HP Dibajak Orang Lain, Segera Cek Sekarang!

Lengkapi Aksesoris Handphone dengan JETE 

Itulah cara melindungi HP dari penyadap yang bisa Anda terapkan. Selain menambah aplikasi untuk antivirus, Anda juga bisa menambahkan aksesoris tambahan untuk kenyamaan penggunaan ponsel Anda seperti headset, speaker, powerbank, hingga stand holder dari JETE. Dapatkan semua produk aksesoris tersebut di official store JETE Indonesia atau melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini. 

× Whatsapp