Mudah dan Aman, 5 Cara Membersihkan Keyboard Komputer 

November

12

0 comments

JETE Indonesia – Keyboard adalah perangkat komputer yang sering digunakan dalam waktu yang lama. Itulah sebabnya, penting untuk menjaga kebersihan keyboard. Mengingat perangkat tersebut sering berinteraksi dengan tangan dan rawan terkena debu. Keyboard komputer maupun laptop keduanya butuh dibersihkan secara berkala. Jika tidak, maka perangkat menjadi kotor dan berisiko rusak. Untuk mengatasinya, berikut JETE lampirkan tips membersihkan keyboard yang mudah dan aman. Berikut ulasannya!

5 Tips Membersihkan Keyboard Komputer

Namun, sebelum membahas hal tersebut, ada baiknya untuk mengetahui risiko yang terjadi apabila Anda tidak menjaga kebersihan perangkat komputer, terutama keyboard. Penelitian yang pernah dilakukan  University of Arizona menemukan bahwa peralatan komputer mengandung bakteri 400 kali lebih banyak dibandingkan kloset duduk. Meski begitu, bakteri di keyboard tidak menimbulkan risiko penyakit yang berbahaya. Namun, bakteri dapat mudah menginfeksi apabila kekebalan tubuh dalam keadaan lemah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut JETE lampirkan 5 cara membersihkan keyboard komputer yang mudah dan aman. Selamat mencoba! 

1. Menggunakan Air Duster dan Kuas Lembut

Membersihkan keyboard dari sisa kotoran dan debu dapat menggunakan kuas lembut dan bantuan air duster. Caranya pun mudah, posisikan keyboard dalam keadaan terbalik dan bersihkan menggunakan kuas. Posisi tersebut berfungsi untuk mencegah kotoran dan debu terdorong atau terselip. Apabila cara tersebut kurang optimal, gunakan air duster untuk mendorong debu keluar dari keyboard. 

2. Menggunakan Kain Microfiber

cara membersihkan keyboard

Selanjutnya, membersihkan perangkat komputer juga dapat dilakukan menggunakan kain microfiber. Saat menggunakannya, pastikan kain tidak terlalu basah untuk menghindari air masuk ke dalam keyboard. Jika tidak berhati-hati, tetesan air yang masuk dapat memicu kerusakan dan keyboard tidak berfungsi.

Baca juga: 5 Perbedaan Keyboard Gaming dan Keyboard Komputer Biasa

3. Menggunakan Desinfektan

Membersihkan keyboard

Hal penting yang harus diperhatikan saat menggunakan desinfektan adalah jangan menyemprotkan langsung ke keyboard. Basahi kain microfiber menggunakan desinfektan, kemudian lap keyboard dengan hati-hati sampai bersih. Anda juga dapat menggunakan tisu basah mengandung alkohol supaya keyboard bebas dari bakteri dan kuman.

4. Penyedot Debu Khusus

membersihkan keyboard komputer

Selain dibersihkan menggunakan kuas dan kain, debu pada keyboard laptop dan komputer dapat menggunakan penyedot debu khusus. Mini vacuum cleaner tergolong mudah digunakan karena tersedia fitur mini USB. Sehingga Anda bisa membersihkan keyboard sembari dicas atau dimasukkan ke slot USB laptop.

5. Jelly Pembersih

keyboard komputer

Cara membersihkan keyboard selanjutnya adalah menggunakan jelly pembersih. Bentuknya yang mirip slime dan lengket mempermudah Anda untuk membersihkan debu yang menempel di sela-sela keyboard. Jelly pembersih diletakkan di sudut tertentu, tunggu beberapa saat, dan lepas kembali jelly yang menempel. Bisa dipastikan debu dan noda yang menempel dapat bersih dengan optimal. 

Baca juga: Review Keyboard Gaming JETEX KBX2 – Desain Keren dengan Fitur Canggih

Dapatkan Keyboard Terbaik di JETE Indonesia

Itulah informasi singkat mengenai 5 cara membersihkan keyboard komputer. Namun, apabila Anda ingin memiliki keyboard dengan spesifikasi dan fitur yang mumpuni, ada baiknya untuk mencoba keyboard gaming dari JETE Indonesia.  Desain yang stylish disertai dengan 8 standart multimedia keys, memberikan pengalaman terbaik saat menggunakan keyboard komputer. Selain itu, dapatkan juga produk JETE Indonesia lainnya, seperti: kabel data, powerbank, dan wired headphone. Untuk informasi dan pemesanan, kunjungi website resmi JETE Indonesia atau melalui Doran Gadget selaku distributor utama kami. 

Artikel terkait:

Juli 15, 2024

Juli 13, 2024

Juli 6, 2024

Juli 4, 2024

Juli 3, 2024

Juni 26, 2024

About the author, JETE Indonesia