IPX7: Fitur Anti Air Terbaik Speaker Bluetooth JETE S3

speaker bluetooth

JETE IndonesiaSebagai salah satu produsen aksesoris gadget terbaik di Indonesia, JETE Indonesia terus berinovasi untuk memberikan produk terbaiknya. Hal ini dapat dilihat pada speaker bluetooth terbarunya yakni JETE S3 yang dilengkapi dengan fitur anti air IPX7. Tak hanya mampu tahan terhadap percikan air, fitur ini mampu memberikan keandalan bahkan saat speaker bluetooth terendam air sekalipun.

Sebenarnya, apa keunggulan fitur ini dan bagaimana spesifikasi IPX7 dalam klasifikasi ketangguhan terhadap air pada gadget? Simak ulasannya berikut.

Pengertian Kode IP dalam Gadget

speaker bluetooth

Kode IP dalam gadget tertentu seperti speaker pada bluetooth, merupakan sebuah kode khusus ketahanan gadget dari susupan atau benda tertentu yang masuk ke bagian dalam. Atau dalam Bahasa Inggrisnya dikenal dengan Ingres Protection. Biasanya, IP ini diikuti angka maupun kode di belakangnya.

Dalam perkembangannya, IP memiliki standar internasional yang baku untuk melihat ketahanan sebuah gadget atau piranti dari air dan debu. Standarisasi IP dikeluarkan oleh International Electronical Commision (IEC) untuk acuan standar ketahanan air di seluruh dunia. Standar IP yang berlaku memiliki tingkatan tertentu yang dituliskan dengan angka 0-8. Berikut tingkatan IP beserta penjelasannya yang perlu Anda ketahui:

Tingkatan IP Gadget  Spesifikasi
IPX- 0  Pemakaian wajar; tidak pernah diujicoba ketahanan terhadap air
IPX- 1  Dapat terlindungi dari tetesan air secara vertikal
IPX- 2  Dapat terlindungi dari tetesan air secara vertikal bahkan ketika kerangka penutup miring sampai dengan 15 derajat
IPX- 3  Dapat terlindungi dari cipratan air yang halus
IPX- 4  Dapat terlindungi dari cipratan air normal
IPX- 5  Dapat terlindungi dari semprotan air
IPX- 6  Dapat terlindungi dari semprotan air yang kuat
IPX- 7  Mampu bertahan meski terendam di dalam air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit
IPX – 8  Cocok untuk terendam di dalam air secara berkelanjutan dalam waktu yang lama

Perbedaaan Antara Water Resistant dan Waterproof

speaker bluetooth

Dalam produk JETE S3, IPX7 disebut-sebut sebagai fitur yang memiliki kemampuan waterproof dan water resistance sekaligus. Hal ini sangat jarang ditemukan pada speaker bluetooth, bahkan belum ada sampai saat ini. Jika pun ada, hanya dari salah satu kedua fitur tersebut. Kemudian, banyak orang menganggap antara water resistance dengan waterproof sama. Padahal keduanya jelas berbeda-beda.

Water resistance mengacu pada ketahanan barang atau gadget ketika terkena air di bagian luar yang terbatas. Misalnya mampu menahan air dalam jumlah yang kecil. Seperti ketika terkena air saat gerimis atau percikan saat cuci tangan serta cipratan air lainnya. Sementara itu, untuk waterproof sendiri memiliki pengertian yang lebih luas. Yakni benda yang memiliki ketahanan terhadap air cukup tinggi. Untuk mengukur ketahanannya, bisa menggunakan kode IP yang telah disebutkan di atas.

Dengan demikian, fitur IPX7 yang disematkan untuk JETE S3 tidak hanya tahan terhadap percikan air saja. Namun, mampu tahan ketika terendam air sekalipun. Jelas, ini adalah fitur terbaik dan sebuah terobosan terbaru yang ada pada speaker bluetooth selama ini.

Hal Penting Agar Speaker Bluetooth JETE S3 Semakin Awet

speaker bluetooth

Meskipun speaker bluetooth JETE seri S3 dilengkapi dengan fitur IPX7 dan waterproof, sebenarnya ada hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan. Khususnya pada bagian terkecil, usahakan selalu tertutup. Misalnya untuk lubang headphone, lubang slot microSD maupun lubang colokan harus selalu tertutup dengan bahan tambahan.

Biasanya, bahan penutup yang aman dan nyaman digunakan adalah karet. Sebab karet mampu menahan air dan debu serta memiliki tingkat kerapatan tinggi. Meski bagian yang cukup besar tahan air, namun bisa saja celah kecil tersebut mampu ditembus air dan berpengaruh terhadap bagian di dalamnya sehingga cepat rusak. Pastikan juga penutup selalu diganti dan dibersihkan secara berkala. Bila penutup sudah tidak erat maka sebaiknya Anda ganti.

Hal yang perlu diingat lagi agar speaker bluetooth JETE S3 tetap awet dan fitur berjalan dengan baik, hindari mengisi ulang daya baterai dalam keadaan basah. Sebab, selain membuat perangkat rusak, akibat lainnya akan terjadi korsleting listrik dan bisa membawa dampak besar lain seperti kebakaran sehingga akan merugikan Anda.

Baca juga: 5 Speaker Bluetooth Jete S Series dengan Fitur Unggulan

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, bisa dibilang spekaer bluetooth JETE S3 layak untuk Anda pilih sebagai speaker terbaik dalam berbagai aktivitas. Khususnya ativitas di luar ruangan terbuka seperti berkemah dan sebagainya dalam kondisi hujan sekalipun. Anda bisa mendapatkan speaker bluetooth terbaik ini di JETE Indonesia maupun distributor resminya di Doran Gadget.

 

× Whatsapp