Begini Cara Mengatasi Headset Bluetooth yang Delay

Maret

17

0 comments

JETE Indonesia – Headset Bluetooth mengalami delay memang sering terjadi, khususnya ketika dipakai untuk bermain game. Karena itu, saat ini sudah banyak dibuat headset Bluetooth dengan latensi yang rendah untuk meminamlisir delay suara saat digunakan. Lalu apa yang harus dilakukan jika sudah terlanjur membeli headset Bluetooth namun mengalami delay? Tenang saja, kami akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi headset Bluetooth delay dalam ulasan kali ini. 

Mengenal Headset Bluetooth

Headset Bluetooth menggunakan teknologi Bluetooth yang dibenamkan di dalamnya untuk bisa pairing dengan source divice menggunakan frekuensi radio. Bluetooth sendiri beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz. Headset Bluetooth bisa digunakan pada A PC, Xbox, PlayStasion, dan lainnya. 

"JETE Special Offer" dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Banyak orang yang memilih headset Bluetooth karena nyaman digunakan, mudah disimpan, dan rapi karena tidak ada kabel yang digunakan. Transfer data juga bisa dilakukan menggunakan headset Bluetooth ini. Sayangnya, permasalahan yang sering terjadi adalah adanya delay atau lag saat bermain game menggunakan headset Bluetooth. 

Baca juga: Perbedaan TWS dan Headset Bluetooth yang Perlu Anda Ketahui

Bagaimana Cara Mengatasi Headset Bluetooth yang Delay?

Jika headset Bluetooth Anda mengalami masalah sepertii delay suara, maka jangan khawatir. Karena ini adalah permasalahan umum yang sering terjadi. Namun hal itu bukan berarti, Anda tak bisa mengatasi masalah tersebut.

Hal ini kerap terjadi karena Bluetooth menggunakan teknologi A2DP (Advanced Audio Distribution Profle) yang mampu menghantarkan sinyal audio dengan baik namun sedikit berat saat berhadapan dengan sinyal audio yang dikombinasikan dengan suara mikrofon dan visual dengan grafis tinggi seperti dalam permainan game yang sudah sangat canggih saat ini.  

Begini Cara Mengatasi Headset Bluetooth Delay

Pastikan untuk melakukan beberapa hal ini sebelum Anda menggunakan headset Bluetooth. 

  1. Pastikan saat bermain game menggunakan headset Bluetooth tidak ada driver lain yang aktif karena bisa menyebabkan crash atau corrupt sehingga mempengaruhi suara yang masuk. 
  2. Jangan bebani RAM, contohnya seperti mengunduh perangkat lunak atau software yang bisa memperberat kinerja RAM ponsel Anda. 
  3. Pastikan game yang Anda mainkan sesuai dan mumpuni dengan kapasitas smartphone Anda. Karena jika menggunakan game berspesifikasi tinggi namun hp Anda tidak kuat maka bisa membuat suara delay meskipun tidak memakai headset Bluetooth. 
  4. Pastikan untuk selalu update versi terbaru dari game yang Anda mainkan.
  5. Pastikan juga baterai headset dalam keadaan full saat diunakan.
  6. Meskipun jarang, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan headset yang sudah didukung teknologi APTX Bluetooth protokol, saat ini Windows 10 dan Android Oreo 8.0 sudah mendukung fitur ini.  
  7. Jika semua cara telah dilakukan dan masih sama saja hasilnya, maka Anda bisa menggunakan koneksi kabel AUX yang biasanya disertakan dalam beberapa produk wireless headset. 

Baca juga: Petunjuk Penggunaan TWS JETE T9 Series

Beli Headset Bluetooth Terbaik di JETE Indonesia

Itulah cara mengatasi headset Bluetooth yang mengalami delay. Bagi Anda yang menyukai kenyamanan menggunakan Headset Bluetooth untuk bermain game, ada berbagai macam tipe headset Bluetooth yang bisa Anda beli di JETE Indonesia. Tidak hanya itu, JETE juga mengeluarkan TWS JETE T9 Series yang mendukung gaming dengan latency rendah hanya 60ms yang menjamin tidak adanya delay saat bermain game. Jadi tunggu apalagi? Pilih headset Bluetooth Anda sekarang hanya di JETE Indonesia!

Artikel terkait:

September 4, 2023

Agustus 24, 2023

Februari 15, 2023

Juni 6, 2022

Maret 17, 2022

Februari 25, 2022

About the author, Arini Rizki Fauziah

"JETE Special Offer" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb