Apa itu Splitter Headset Gaming? Ini Penjelasannya!

Desember

14

0 comments

JETE Indonesia – Pernah mendengar istilah splitter headset gaming dan tidak memahami artinya? Tenang saja, JETE Indonesia akan menjelaskan beberapa hal mengenai splitter headset. Seperti yang Anda ketahui, untuk menghubungkan headset ke berbagai perangkat (PC, ponsel, maupun laptop), maka dibutuhkan konektor (penghubung) ke semua perangkat. Hal tersebut dilakukan karena tidak semua konektor headset sama melainkan memiliki perbedaan. Konektor headset untuk gaming sendiri ada beberapa macam, berikut penjelasannya.

3 Macam Konektor Headset Gaming

splitter headset gaming

Konektor berfungsi untuk menghubungkan rangkaian perangkat elektronik. Karena perangkat yang digunakan berbeda, konektor yang digunakan juga berbeda. Berikut 3 macam konektor headset gaming:

1. Konektor Single USB 

Konektor single USB biasanya dimiliki oleh headset modern dan berfungsi untuk mengirim daya listrik yang menghidupkan LED pada headset. Biasanya konektor ini menjadi satu-satunya penghubung untuk mengirim sinyal suara speaker dan mikrofon, listrik, dan sinyal data yang mengatur efek surround. Singkatnya, konektor single USB berfungsi untuk menghidupkan virtual surround 7,1.

2. Konektor Jack 3,5 mm TRS ganda

Mengapa disebut TRS ganda? Karena terdapat dua jack TRS (tip, ring, sleeve) dengan diameter sekitar 3,5 mm. Jack tersebut berwarna merah muda (mikrofon) dan hijau (untuk suara speaker). Keduanya harus terhubung supaya speaker dan mikrofon bekerja dalam waktu yang sama

3. Konektor Jack 3,5 mm

Sebelum membahas mengenai fungsi splitter headset gaming, berikutnya adalah penjelasan tentang konektor jack 3,5 mm. Konektor jenis ini biasanya dipakai untuk laptop dan ponsel karena dilengkapi satu colokan 3.5 mm. Anda bisa menemukan konektor jack 3,5 mm di berbagai jenis earphone dan headset gaming. 

Baca juga: “5 Tips Memilih Material Headset Gaming yang Baik”

Fungsi Splitter Headset Gaming

contoh dan fungsi splitter headset gaming

Setelah memahami tentang macam-macam konektor, lantas apa itu splitter headset gaming? Splitter atau biasa disebut converter merupakan device yang menghubungkan headset ke berbagai perangkat, seperti: smartphone maupun laptop dengan beberapa colokan. Anda harus menyesuaikan splitter berdasarkan bentuk port di ponsel maupun komputer dan headset. Upayakan untuk tidak salah saat menghubungkannya. 

Misalnya, Anda berniat untuk memasukkan colokan splitter headset gaming berwarna pink ke port speaker, tentu saja suara tidak keluar. Sebaliknya, port yang ditujukan untuk headset di laptop/PC, juga tidak berfungsi. Itulah sebabnya, masukkan port yang sesuai dengan colokan terutama perhatikan warnanya. 

Baca juga:“5 Tips Memilih Headset Bluetooth Sesuai Kebutuhan”

Jenis Splitter Headset Gaming

headphone yang menggunakan splitter

Berdasarkan jack-nya, terdapat dua jenis splitter headset gaming, yaitu splitter female to 2 male dan splitter male to 2 female. Singkatnya, female merupakan istilah yang menunjuk pada port jack yang berlubang dan male untuk colokan yang memiliki tonjolan. 

  • Splitter male to female

Pada splitter male to 2 female, jack-nya memiliki tonjolan yang bertipe TRRS (tip, ring, ring, sleeve) yang biasanya berfungsi untuk mikrofon dan audio. Splitter ini digunakan untuk menghubungkan headset dengan 2 jack 3,5 mm yang terpisah. 

  • Splitter female to 2 male

Sedangkan splitter headset gaming female to 2 male, colokannya bertipe TRS (tip, ring, sleeve) atau bisa disebut dengan colokan bersekat dua. Supaya lebih mudah membedakan antara kutub audio dan mikfrofon, pada bagian kutub mikrofon berwarna putih dan kutub audio berwarna hijau. 

Baca juga: “Headset Gaming Terbaik: JETEX Rilis Headset P1 Untuk Gaming Enthusiast”

Dapatkan Headset Gaming di JETE Indonesia!

Itulah informasi mengenai splitter headset gaming beserta dengan jenisnya. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan headset gaming, JETE merekomendasikan headset JETEX dengan fitur yang berkualitas. Klik di sini untuk informasi mengenai produk headset gaming JETEX dan pemesanan secara online dapat Anda lakukan di sini. Jangan lupa untuk mendapatkan berbagai aksesoris Handphone berkualitas lainnya yang bisa Anda akses di website resmi dan Instagram JETE Indonesia

Artikel terkait:

September 4, 2023

Agustus 24, 2023

Februari 15, 2023

Agustus 31, 2022

Juni 6, 2022

Maret 17, 2022

About the author, JETE Indonesia

× WhatsApp