USB4 Hadir Tahun 2020, Kecepatan Dua Kali USB 3.2

September

5

0 comments

USB Implementers Forum (USB-IF) mengumumkan USB4 telah selesai dikembangkan. USB4 menggandakan kecepatan dibandingkan dengan USB 3.2 tercepat saat ini dengan menggabungkan teknologi Thunderbolt cepat Intel yang telah dilihat pada laptop dan peripheral kelas atas.

USB 3.2 saat ini memiliki kecepatan transfer data hingga 20 gigabit per detik dan masih merupakan sesuatu yang langka. Kebanyakan dari kita memiliki versi teknologi sebelumnya yang bekerja pada 5Gbps atau 10Gbps. USB4 menjanjikan peningkatan kecepatan hingga 40Gbps, membantu untuk hal-hal seperti menggunakan beberapa tampilan eksternal atau mengambil file dari hard drive eksternal.

Singkatnya, USB4 berjanji untuk membuat semua koneksi kabel lebih cepat, lebih bermanfaat, dan lebih mudah digunakan. Jika semua berjalan sesuai rencana, itu akan mulai membuatnya lebih aman bagi pembuat perangkat untuk berhenti menawarkan perangkat, pengisi daya, dan perangkat lain yang menggunakan USB-A persegi panjang gaya lama atau port USB Micro B yang lebih kecil. Itu akan membantu menyebarkan USB baru ke lebih banyak pengisi daya, laptop, sandaran kursi pesawat terbang, soket ekstensi, mobil, dan perangkat elektronik.

Seperti halnya dengan peningkatan USB sebelumnya yang membutuhkan kompatibilitas ke belakang, pengguna masih dapat menghubungkan peralatan USB lama ke port USB4 baru. Tetapi USB4 membutuhkan konektor USB-C gaya baru berupa port oval yang muncul di PC dan ponsel dan yang tidak lagi mengharuskan pengguna khawatir melihat sisi mana yang lebih naik. Jadi, Anda mungkin perlu dongle agar perangkat yang lebih lama berfungsi.

Sementara itu, masih belum jelas kapan perangkat seperti chip pengontrol, hard drive eksternal, laptop dan dongle akan tiba dengan dukungan USB4. USB-IF memprediksi pengaplikasi USB4 pada perangkat-perangkat akan membutuhkan waktu yang lama. Itu berarti perangkat USB4 akan hadir setidaknya 2020.

“Paruh kedua tahun 2020 akan menjadi harapan yang cocok,” kata USB-IF dalam sebuah pernyataan.

Terdapat satu hal yang menurut Intel dapat dinantikan adalah hub dan dongle USB4 yang menyebar dengan beberapa port modern. Hub USB-C saat ini hanya menawarkan beberapa port USB-A persegi panjang gaya lama. Akan berguna jika pengguna memiliki keyboard, mouse, adaptor jaringan atau drive eksternal yang lebih lama. Tetapi jika pengguna memiliki konektor USB-C gaya baru, masing-masing akan memerlukan port sendiri di samping laptop.

Selain dari segi kecepatan transfer, USB4 akan membawa peningkatan dari versi sebelumnya. USB4 akan memiliki kemampuan display yang lebih baik. Bahkan, USB4 juga disebut dapat mengalirkan daya hingga 100watt.

Tags:

Artikel terkait:

Mei 22, 2024

Mei 15, 2024

April 20, 2024

April 10, 2024

Maret 25, 2024

Maret 19, 2024

About the author, JETE Indonesia