7 Persiapan UTBK SNBT 2023 yang Wajib Kamu Perhatikan

Mei

8

0 comments

JETE IndonesiaBuat kamu yang telah lulus sekolah tingkat atas dan ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan, tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk melakukan persiapan UTBK SNBT 2023.

Tahun ini, ujian UTBK SNBT digelar mulai tanggal 8-14 Mei 2023 untuk tahapan pertama. Sementara, untuk tahapan yang kedua bakalan digelar mulai tanggal 22-28 Mei 2023. Agar lebih fokus, simak apa saja yang wajib diperhatikan dalam artikel kali ini JETE Lovers.

Persiapan UTBK SNBT 2023

Berikut tujuh persiapan UTBK SNBT 2023 yang wajib kamu perhatikan jika ingin mengikuti ujian masuk perguruan tinggi idaman.

1. Cari Tahu Kisi-Kisi Soal UTBK SNBT 2023

sc: girlsbeyond.com

Setiap tahun bentuk soal UTBK SNBT berubah-ubah. Untuk tahun ini, soal dan materi ujiannya terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS). Dalam hal tersebut, Tes Potensi Akademik (TPA) ditiadakan. Walaupun begitu, bobot soalnya pun lebih menantang.

Ada pula materi Tes Penalaran Matematika dan juga Tes Literasi Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris. Di sini para peserta ujuan perlu pemahaman yang berbeda dengan materi yang diujikan selama di sekolah. Jadi, kamu harus mempersiapkannya dengan baik.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Aplikasi Soal SNBT 2023 yang Bisa Dicoba!

2. Mulailah untuk Ikut Try Out

Sudah paham kisi-kisi soal UTBK SNBT 2023? Berikutnya, persiapankan dirimu untuk mengikuti try out. Ada beberapa manfaat bagi calon mahasiswa mengikuti try out. Pertama, try out UTBK/SNBT memberikan pengalaman nyata dalam menghadapi soal-soal ujian yang serupa dengan ujian sebenarnya. Ini membantu kamu menjadi lebih familiar dengan format dan jenis pertanyaan yang mungkin muncul dalam UTBK/SNBT.

Kedua, melalui try out, kamu dapat mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan dalam berbagai mata pelajaran, sehingga dapat fokus pada pembenahan dan peningkatan di bidang yang membutuhkan perhatian lebih.  Selain itu membantu mengurangi rasa cemas dan meningkatkan kepercayaan diri saat menghadapi ujian sebenarnya.

3. Lakukan Evaluasi Pasca Try Out

sc: The Guardian

Setelah mengikuti try out untuk persiapan UTBK SNBT 2023, kamu bisa melakukan evaluasi hasil. Dengan begitu, kamu dapat melihat sejauh mana kemampuanmu dalam memahami materi dan mengerjakan soal dengan benar. Lihatlah nilai dari masing-masing bentuk ujian.

Dari situ kamu bisa melihat soal dan materi apa saja yang perlu diperdalami lagi. Setelah diperdalami kamu dapat mencoba mengerjakan contoh soal lainnya. Jika sudah siap, maka mulailah untuk mengikuti try out selanjutnya.

Baca juga: 8 Rekomendasi Aplikasi untuk Pelajar, Wajib ada di HP!

4. Persiapan UTBK SNBT 2023 – Buat Jadwal Belajar

Bagi sebagian orang, mengatur jadwal belajar memang mudah. Namun, sebagian orang merasa hal tersebut cukup sulit. Agar lebih mudah mempelajari materi dengan baik, di sinilah penting untuk mengatur mana mata pelajaran yang mendapat porsi lebih intensif.

Sebagai contoh, kamu bisa membuat waktu belajar maksimal hingga 10 jam. Nah, dari 10 jam ini kemudian dibagi lagi setiap berapa menit sekali. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan asupan nutrisi terpenuhi.

5. Kurangi Aktivitas yang Tidak Penting

sc: Publico

Jika sebelumnya kamu sering keluar atau melakukan aktivitas di luar rumah, kini mulailah aktivitas tersebut. Terlebih lagi untuk aktivitas yang tidak begitu penting seperti nongkrong hingga larut malam. Mengapa demikian? Tentu, ini berkaitan dengan kesehatanmu.

Saat keluar atau nongkrong di luar rumah, besar kemungkinan kamu akan kelelahan. Termasuk tertular penyakit seperti flu. Apabila itu terjadi, kamu akan kesulitan berkonsentrasi untuk mengerjakan soal dan tidak maksimal sehingga berpotensi membawa hasil buruk.

Baca juga: 5 Perangkat Gadget untuk Menunjang Aktivitas Belajar

6. Persiapkan Dokumen Penting

Meskipun terlihat sepele, kelengkapan dokumen juga jadi persiapan yang wajib diperhatikan. Apabila kamu kurang satu berkas saja atau dokumen tidak lengkap, bisa jadi sebagai penghalangmu untuk mengikuti ujian. Maka dari itu, persiapkanlah dokumen penting tersebut jauh-jauh hari sebelumnya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kartu peserta UTBK SNBT 2023
  • Kartu identitas diri seperti KTP/Kartu Pelajar/ Paspor
  • Surat keterangan lulus asli
  • Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir

Biasanya, setiap kampus mensyaratkan dokumen-dokumen tertentu. Simpanlah dokumen atau berkas ini pada tempat khusus. Tujuannya agar lebih mudah ditemukan saat diperlukan.

7. Tingkatkan Ibadah

sc: MSN

Selain persiapan di atas, hal yang tidak boleh kamu lupakan dan paling penting adalah meningkatkan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebab, sekeras apapun usaha yang sudah dilakukan, tetaplah Tuhan yang akan menentukan hasil akhirnya. Oleh karena sering-seringlah memohon yang terbaik kepada-Nya.

Selain sebagai bentuk kepasrahan diri, di sisi lain berdoa dan beribadah ini juga menjadi salah satu hal yang positif. Yakni dapat mempertebal keyakinan untuk hal yang lebih baik. Di samping itu, dapat meningkatkan rasa percaya diri dan selalu mengevaluasi apa yang telah dilakukan.

Baca juga: Cara Menggunakan Webcam di Laptop untuk Meeting dan Belajar Online

Penutup

Bagaimana, sudahkah kamu melakukan persiapan UTBK SNBT 2023? Jika belum, segeralah lakukan persiapan mulai sekarang. Sebab, dengan persiapan yang matang kamu akan lebih mudah dalam menghadapi ujian dan mengerjakan soal-soalnya. Terutama jika kamu ingin masuk ke jurusan favorit.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

Juli 11, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp