Perbedaan TWS dan Headset Bluetooth yang Perlu Anda Ketahui

Februari

8

0 comments

JETE Indonesia – Nama headset, headphone, TWS, dan earphone memang familiar, namun apakah semuanya sama? Tentu saja tidak. Meskipun sudah terdengar tidak asing lagi di telinga, sebenarnya keempatnya merupakan jenis yang berbeda. Lalu apa perbedaan TWS, headphone, earphone dan headset bluetooth?

Headset dan headphone memiliki bentuk yang mirip namun dengan fitur yang berbeda. Headphone biasanya dipilih karena merupakan perangkat yang paling nyaman digunakan, dimana suara-suara dari luar tidak dapat didengar dengan model ini, sehingga kualitas suara yang dihasilkan jadi lebih mantap. Sedangkan headset memiliki kelebihan pada fitur mikrofonnya yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Sama seperti headphone dan headset yang memiliki bentuk yang hampir sama, earphone / earbuds dan TWS juga memiliki bentuk yang mirip. Bedanya terletak pada fungsi dan kenyamanan yang diberikan oleh masing-masing perangkat. 

Lalu Apa Perbedaan TWS dan Headset Bluetooth?

tws latency rendah, Earphone TWS, JETE t8 sERIES

Saat ini baik headphone, headset, earphone, dan TWS semuanya sama-sama memiliki versi yang menggunakan bluetooth. Meskipun begitu, ternyata headset bluetooth dan TWS  memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Dilansir dari berbagai sumber, mari simak perbedaan keduanya berikut ini. 

1. Perbedaan Tujuan Kegunaan 

Jika Anda membutuhkan headset sebagai teman disaat sedang berolahraga, maka TWS adalah pilihannya. Karena headset bluetooth terlalu berat dan cukup sulit digunakan saat sedang berolahraga. Berbeda dengan TWS atau True Wireless earbuds yang tidak membutuhkan kabel apapun untuk dikoneksikan ke device, yang artinya alat ini lebih mudah digunakan untuk berolahraga seperti jogging atau bersepeda dengan memakai helm. 

Baca juga: 7 Sebab Headset Bluetooth Olahraga yang Anda Gunakan Sekarang Tidak Nyaman bahkan Membahayakan. Ini Solusinya…

2. Perbedaan Cara Charger

Ini sebuah pengetahuan umum tentang perbedaan terbesar antara keduanya. Berbeda dengan headset bluetooth yang membutuhkan charge manual langsung lewat kabel usb. Cara charge TWS sudah lebih modern karena case atau casing dari TWS sendiri bisa dijadikan tempat untuk mencharge baterai TWS. Selama case terisi penuh, Anda bisa melakukan charge baterai TWS dimana saja dan kapan saja. 

3. Perbedaan Ukuran 

01. cara menggunakan headset

Keduanya memiliki ukuran yang berbeda. TWS terkenal dengan bentuknya yang compact sehingga membuatnya mudah untuk dibawa kemana-mana. Bentuknya yang mungil dan aman karena ada casenya menjadi salah satu kelebihan yang diminati banyak pengguna. Sedangkan untuk headset bluetooth, kebanyakan bentuknya jauh lebih besar dibandingkan TWS yang membuatnya tidak bisa dimasukkan ke saku celana begitu saja. 

4. Perbedaan TWS dan Headset Bluetooth pada Preferensi Penggunaannya

Sama-sama bisa digunakan untuk mendengarkan musik, film, dan berkomunikasi, namun ternyata ada perbedaan selera dalam penggunaan headset dan TWS. Bagi para gamers, headset merupakan salah satu yang paling sering digunakan terutama ketika saat mereka melakukan streaming ketika bermain game. Sedangkan TWS biasanya digunakan oleh para pecinta musik, orang yang gemar berolahraga, dan orang yang gemar melakukan perjalanan jauh. Karena mereka membutuhkan headset yang mudah digunakan dan dibawa kemana-mana. 

Baca Juga: TWS JETE CE1 Series: Desain Ringkas untuk Segala Aktivitas

5. Fitur yang Berbeda

EARPHONE TWS, JETE T8 SERIES (6)

Perbedaan mencolok paling utama dari TWS adalah speaker kanan dan kirinya dapat digunakan secara independen maupun secara bersamaan, dimana fitur ini tidak dimiliki oleh headset bluetooth. Terlebih lagi fitur mikrofon pada headset bluetooth biasanya bisa digunakan di perangkat laptop atau komputer saja, namun tidak bisa digunakan di smartphone. Hal ini karena headset yang memiliki dua port, dimana satu untuk audio 3,5 mm dan satu lagi port untuk mikrofon. 

Gunakan TWS dan Headset Bluetooth Terbaik 

Itulah perbedaan TWS dan Headset Bluetooth yang harus Anda ketahui. Jadi mana pilihan favorit Anda? TWS atau Headset Bluetooth? Anda bisa pilih headset dan TWS favorit hanya di JETE Indonesia. Produk kami tersedia di berbagai outlet di berbagai kota di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya di marketplace dan Doran Gadget sebagai distributor resmi JETE Indonesia. Jangan lupa follow akun instagram kami di sini. 

Artikel terkait:

September 8, 2023

September 6, 2023

September 5, 2023

September 4, 2023

Agustus 26, 2023

Agustus 24, 2023

About the author, Arini Rizki Fauziah