Cara Beralih ke TV Digital Tanpa Set Top Box

Oktober

28

0 comments

JETE IndonesiaMulai awal November 2022, pemerintah akan mematikan siaran TV analog. Sebagai gantinya, masyarakat diharapkan untuk beralih ke TV digital. Selama ini, cara beralih ke TV digital adalah dengan menggunakan set top box. Namun, apakah bisa pindah jaringan tanpa menggunakan perangkat tersebut? Oleh karena itu, Anda bisa simak ulasannya dalam artikel kali ini JETE Lovers.

Cara Beralih ke TV Digital

Ada empat cara beralih ke TV digital dengan mudah tanpa menggunakan set top box. Melansir dari berbagai sumber, berikut yang bisa Anda coba lakukan JETE Lovers.

1. Pastikan TV Memiliki Fitur DVB-T2

Cara beralih ke TV digital tanpa set top box pertama adalah dengan fitur DVB-T2. Beberapa TV analog yang dilengkapi dengan fitur tersebut dapat beralih ke TV digital. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke laman kominfo di siarandigital.kominfo.id
  • Selanjutnya, pilih ke menu ‘Perangkat TV Digital’
  • Lalu, ‘Pilih Kategori’ dan lanjutkan dengan memilih ‘Televisi’
  • Masukkan tipe TV dan mereknya
  • Apabila bisa menerima siaran dari TV digital maka tipe dan merek TV yang Anda gunakan pun akan muncul
  • Bila tidak mendukung, maka akan notifikasi ‘Mohon maaf perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat’

Baca juga: Apa Saja Beda TV Analog dan Digital? Ini 5 Diantaranya!

2. Cara Beralih ke TV Digital – Gunakan SmartTV

Selanjutnya, untuk menangkap sinyal TV Digital Anda dapat menggunakan smartTV. TV ini disebut juga dengan istilah internet TV. Ini karena mampu menangkap tayangan konten dan acara favorit lewat koneksi internet. Sistem operasinya menggunakan sistem bawaan pabrik, Misalnya saja adalah sistem operasi Linux. Dari segi harganya pun memang lebih murah jika dibandingkan dengan TV Android.

3. Android TV Juga Bisa Jadi Alternatif

Ketiga, Anda dapat menggunakan Android TV. Walaupun desainnya sama, smart TV dan Android TV ini berbeda dari sistem operasinya. Android TV menggunakan sistem operasi Android dan dapat terhubung dengan PlayStore. Pengguna pun dapat mengubahnya jadi smart TV. Pengguna juga dapat menghubungkannya dengan smartphone berbasis Android untuk pengaturannya. Termasuk layanan Google lainnya seperti Google Assistant maupun Google Cast yang bisa menampilkan hasil browsing di smartphone maupun laptop.

Baca juga: 5 Ciri Set Top Box TV Digital yang Aman dan Resmi

4. Menggunakan Antena Penangkap Sinyal

Selain ketiga cara di atas, Anda dapat menggunakan antena penangkap sinyal untuk TV biasa. Antena ini dapat dipasang di dalam maupun luar rumah. Akan tetapi, untuk menghasilkan gambar dan tangkapan sinyal yang maksimal, Anda bisa meletakkan antena tersebut di tempat yang cukup tinggi. Lalu, pastikan tempat memasangnya tidak terhalang dinding maupun lainnya.

Baca juga: Starter Pack Nonton Film dan Drama yang Wajib Anda Miliki! 

Perangkat Tambahan untuk TV Digital

Nah, itu dia JETE Lovers cara beralih ke TV digital tanpa set top box. Anda bisa mencoba cara-cara di atas dan pastikan sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Selain itu, agar nonton TV digital semakin nyaman Anda dapat menggunakan perangkat tambahan. Misalnya saja speaker agar suara yang dihasilkan semakin jelas. Terlebih lagi saat nonton acara favorit di rumah.

Salah satu speaker yang bisa dipilih adalah jenis speaker soundbar. Sebab, speaker ini cukup praktis karena desinnya yang ergonomis. Tak hanya itu saja, fitur-fiturnya pun lengkap dan output audionya lebih baik. Anda bisa mendapatkan speaker soundbar terbaik seperti JETE S5 Pro di official store JETE Indonesia di kota Anda atau pembelian di marketplace.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

Juli 11, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp