Begini Cara Membersihkan Mousepad Tanpa Merusaknya!

JETE Indonesia – Menjaga kebersihan peralatan komputer Anda memang merupakan hal wajib. Karena debu mampu merusak bagian-bagian yang ada di perangkat komputer bila belum memiliki sertifikasi tahan air dan debu. Partikel debu yang menumpuk lama-kelamaan mampu merusak perangkat. Tidak hanya itu, aksesoris seperti mousepad juga wajib untuk dibersihkan loh. Karena jika tidak dijaga dan dibersihkan dengan baik, maka mousepad bisa cepat rusak. Begitupun bila membersihkannya secara asal-asalan juga bisa merusak lapisan mousepad itu sendiri. Karena itulah, mari simak cara membersihkan mousepad dengan benar di bawah ini! 

Cara Membersihkan Mousepad Sesuai Bahan

Tergantung dari bahan yang digunakan, Anda harus mengetahui bagaimana cara membersihkan mousepad dengan tepat sesuai dengan bahan mouse pad. Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Silk 

Dengan bahan silk, mousepad yang dihasilkan akan memiliki permukaan yang halus untuk digunakan. Biasanya dalam membuat mousepad ‘silk’ ini, produsen akan menggunakan lem untuk merekatkan karet alas dengan kain di permukaan atasnya. Agar tidak merusak lem, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan cairan pembersih. Jangan lupa untuk ditepuk-tepuk dulu permukaan mousepad dengan lap basah agar kotorannya menjadi lebih lunak saat dibersihkan. 

2. RGB 

Bagi para gamers mungkin sudah tidak asing lagi dengan mousepad yang sudah memiliki fitur RGB. Dengan adanya elemen RGB tersebut, tentu saja Anda tidak bisa mencucinya dengan air. Cara membersihkan mouse pad RGB tanpa merusaknya adalah dengan menggunakan metode dry clean dimana Anda bisa menyeka permukaan mousepad dengan lap yang telah dibasahi oleh cairan pembersih. Namun pastikan untuk tidak mengenai elemen elektronika dan segara diangin-anginkan. Cabut juga port USB dan jangan digunakan sampai mousepad benar-benar kering. 

Baca juga: 4 Kelebihan Headset Kabel dibanding Headset Bluetooth dan TWS

3. Plastik 

Untuk mousepad satu ini cara membersihkannya merupakan yang paling mudah. Bisa menggunakan cairan pembersih dan bisa juga langsung dicuci dengan detergen. Ketika noda sangat membandel, Anda juga bisa merendamnya terlebih dulu selama beberapa waktu. Setelah selesai di cuci, jangan lupa untuk dikeringkan sebelum memakainya kembali. 

4. Nilon Rajut 

Kebanyakan mousepad memang terbuat dari nilon rajut atau cloth. Ada yang permukaannya halus, ada juga yang kasar. Namun kebanyakan mousepad dari nilon rajut ini tahan air dan banyak yang menggunakan obras untuk pinggirannya. Karena itu, cara membersihkan mousepad satu ini cukup mudah. Anda cukup membasahi bagian yang kotor dan oleskan sabun, kemudian bersihkan dengan menggosok permukaan menggunakan sikat gigi atau spons. Setelah itu bilas dan keringkan. Jangan dikeringkan di luar ruangan yang terkena sinar matahari secara langsung karena akan membuat warna mousepad jadi cepat pudar. 

Baca juga: JETE Store Hadir di Grand Indonesia, Ada Bonus Emas untuk Konsumen!

Dapatkan Mousepad Terbaik dari JETE 

 

Itulah beberapa cara membersihkan mousepad dengan benar sesuai bahannya tanpa merusak bentuk asli mousepad. Bagi Anda yang mencari mousepad dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, Anda bisa membeli mousepad dari JETE. Anda bisa mendapatkannya di official store JETE Indonesia atau melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini. 

× Whatsapp