Apakah Infused Water Memang Bermanfaat?

Juni

27

0 comments

Tidak pernah terbayangkan bertahun-tahun lalu bahwa kita akan membayar air dalam kemasan botol. Meminum air dari keran adalah hal yang biasa. Ketika zaman semakin maju, air dalam kemasan botol menjadi hal yang populer. Dalam industri ini, air yang diberi pemanis buatan juga banyak ditemukan di pasaran. Di sisi lain, muncul pula ide tentang infused water dan detox water. Apa saja kebenaran tentang infused water dan detox water?

Infused water atau detox water dibuat dari campuran air dengan menambahkan bahan-bahan alami yang seharusnya meningkatkan nilai kesehatan air. Bahan-bahan tersebut dapat berupa sayuran, buah-buahan, serta herbal. Infused water dipercaya dapat membersihkan racun dari tubuh, meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan suasana hati, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan energi.

Kombinasi bahan dalam minuman ini sangat bervariasi. Kombinasi yang umum, seperti mentimun dan mint, lemon dan jahe, atau lemon dan rosemary. Buah-buahan yang digunakan sebagai bahan infused water terlebih dahulu harus dipotong-potong. Gunanya untuk menambah rasa tambahan dan memaksimalkan manfaat kesehatan.

Air adalah alasan di balik adanya klaim dalam manfaat kesehatan. Air dapat membantu kesehatan pencernaan. Selain itu, air dapat menurunkan berat badana karena bebas kalori dan dapat mengekang nafsu makan.

Sementara itu, detox water mengklaim dapat menghilangkan racun dari tubuh. Pada saat yang sama, detox water membantu penurunan berat badan. Penggunaan minuman ini seharusnya meningkatkan proses detoksifikasi, namun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini. Faktanya, tubuh secara alami sudah mengeluarkan racun. Tidak ada produk di pasaran yang terbukti bekerja lebih efisien daripada air itu sendiri.

Untuk penurunan berat badan, seseorang harus mempertimbangkan kalori yang masuk dan kalori keluar. Intinya bahwa semua tergantung pada asupan makanan dan olahraga. Air memang dapat membantu penurunan berat badan, namun penambah rasa dalam infused water tidak membuat perbedaan yang signifikan.

Dengan demikian, air memang benar menjadi minuman yang berguna menghidrasi tubuh. Sementara jika Anda ingin mendapatkan manfaat besar dari buah-buahan atau sayuran, maka konsumsilah yang sebenarnya. Jadi, meski terasa lezat, infused water tidak memberi manfaat ajaib yang bisa didapat dari minuman lain.

Tags:

Artikel terkait:

Juni 18, 2024

Juni 14, 2024

Juni 11, 2024

Juni 8, 2024

Juni 3, 2024

Mei 20, 2024

About the author, JETE Indonesia