5 Cara Membuat Password Akun Online yang Aman Menurut Google

November

8

0 comments

JETE IndonesiaCara membuat password yang aman saat ini cukup sering jadi perbincangan. Terlebih pasca maraknya aksi kebocoran data pribadi. Bagi sebagian orang membuat password aman cukup mudah. Namun, bagi sebagian lainnya belum tentu. Nah, bagi Anda yang ingin membuat password akun online ada baiknya untuk simak artikel ini JETE Lovers.

Cara Membuat Password yang Aman

Sebenarnya, cara untuk membuat password yang kuat dan aman tidaklah terlalu sulit. Di sini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kombinasikan Karakter Variatif

cara membuat password (1)

Pengguna akun online bisa menggunakan karakter apa saja dengan bebas dalam membuat password. Namun perlu diingat, sebaiknya jangan membuat password yang mudah dikenali seperti tanggal lahir maupun alamat rumah.

Anda bisa menggunakannya dengan berbagai ragam karakter. Mulai dari kombinasi huruf besar dan kecil. Atau menggunakan karakter tanda baca lain seperti tanda seru, tanda tanya, angka, dan lain sebagainya.

2. Otentikasi Dua Langkah

Setelah dirasa cukup kombinasi yang Anda buat untuk password, cobalah untuk melakukan otentikasi dua langkah. Hal itu sebenarnya sudah diterapkan di Google. Yakni, akun akan meminta verifikasi ketika ada seseorang yang mencoba masuk dengan menggunakan password tertentu.

Nantinya, verifikasi dua langkah ini berupa kode OTP melalui SMS maupun nomor telepon yang terhubung di akun Google. Atau bisa lewat jendela Pop-Up pada perangkat lainnya yang sudah terhubung dengan Google.

3. Cara Membuat Password dengan Password Manager

02. melindungi data pribadi, data pribadi

Terkadang cara membuat password dengan kombinasi yang cukup rumit, membuat Anda sulit menghafalnya. Namun, kini ada solusi mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan Password Manager. Aplikasi ini bisa mengingat kata sandi dari password yang dibuat pengguna.

Jadi, Anda tak perlu repot dan kesulitan memasukkan kombinasi tersebut saat akan mengakses akun Google. Contohnya, ketika Anda akan masuk ke akun medsos menggunakan browser Chrome, di sini Google akan memunculkan pop-up dan konfirmasi apakah password dan username ingin Anda simpan menggunakan Password Manager atau tidak.

Baca juga: Cara Mudah Melindungi Data Pribadi Agar Tidak Bocor

4. Periksa Kembali dengan Password Checkup

Cara membuat password yang aman lainnya dapat dilihat pula dengan menggunakan Password Manager Google. Caranya dengan menekan tombol ‘Go To Password Checkup’ pada beranda. Platform ini, akan mengecek apakah password yang sudah Anda buat sudah benar-benar aman atau masih rendah.

Termasuk memberitahukan pengguna apabila password tersebut telah digunakan sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk segera mengganti password jika dirasa belum terlalu cukup kuat dalam mengamankan akun online.

5. Mengecek Secara Berkala

01. melindungi data pribadi, data pribadi

Setelah keempat cara di atas sudah dilakukan, sebaiknya Anda jangan lengah dan merasa password baik-baik saja. Sebab, bisa jadi  karena tidak melakukan pengecekan secara berkala, tiba-tiba password bobol dan merugikan. Pengecekan berkala ini bisa dilakukan setiap bulan sekali misalnya.

Salah satunya menggunakan laman Security Checkup. Anda dapat mengetahui perihal perangkat apa saja yang pernah terhubung dengan password akun tersebut. Termasuk kata sandi yang disimpan hingga aktivitas dengan password tersebut.

Cara Membuat Password yang Aman Melindungi Data Anda

Nah, setidaknya itulah beberapa langkah cara membuat password yang aman untuk berbagai akun online versi Google. Kini, Anda bisa mencobanya sendiri JETE Lovers agar akunmu semakin nyaman saat digunakan dan terhindar dari kejahatan siber yang merugikan seperti phising, spoofing, fraud, dan sebagainya.

Jangan lupa, untuk kenyamanan dalam melakukan aktivitas online Anda selalu gunakan perangkat dan aksesoris gadget yang bisa diandalkan dari JETE Indonesia. Mulai dari powerbank, headset, charger, pelindung layar, dan sebagainya.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

Juli 11, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp