5 Latihan Terbaik untuk Atasi Mata Lelah

5-Latihan-Terbaik-untuk-Atasi-Mata-Lelah, penglihatan

Memiliki penglihatan yang sehat adalah hal yang sangat penting dan ditegaskan bahwa penglihatan yang baik dapat meningkatkan kinerja otak hingga 50 persen juga. Hidup di era digital, dikelilingi oleh smartphone dan komputer, kebanyakan dari kita cenderung mengembangkan satu atau lebih masalah penglihatan.

5-Latihan-Terbaik-untuk-Atasi-Mata-Lelah, penglihatan

Terus-menerus menatap layar laptop dan ponsel Anda atau membaca buku favorit Anda di bawah cahaya redup cenderung mengacaukan penglihatan dan penglihatan Anda. Ini dapat menyebabkan Anda memiliki mata lelah atau mata tegang, yang menyebabkan mata Anda terasa pegal, lemah, atau berat karena digunakan secara intensif.

Beberapa penyebab mata lelah yang paling umum adalah pencahayaan yang buruk, kurang tidur, bekerja pada komputer atau laptop selama berjam-jam, membaca selama berjam-jam, dll. Anda akan mengalami kemerahan atau iritasi mata, mata kering, penglihatan kabur, mata berair, sensitivitas untuk cahaya, beban di mata dan punggung, leher dan bahu sakit ketika mata Anda menjadi lelah (belajar untuk mendapatkan petunjuk!).

Kabar baiknya adalah bahwa kita dapat mengendalikan kerusakan atau setidaknya menguranginya. Ada latihan untuk mata yang lelah, yang dapat membantu Anda mendapatkan bantuan untuk mata Anda. Lihatlah latihan mata berikut yang akan membantu mata dan diri Anda sendiri.

  1. Menekan Mata

Latihan ini melibatkan menekan kelopak mata Anda dengan lembut, untuk memberikan tekanan ringan yang akan membantu memberikan kelegaan pada mata Anda. Pada tekanan ringan pada kelopak mata Anda, otot-otot rileks dan terbebas dari stres.

Cara melakukan:

– Pilih posisi duduk yang nyaman.

– Tutup mata Anda dan tarik napas panjang.

– Tempatkan jari pada setiap kelopak mata dan tekan dengan sangat ringan selama sekitar 10 detik.

– Lepaskan tekanan selama sekitar 2 detik.

– Tekan lagi kelopak mata dengan lembut.

  1. Gosok ke Bawah

Latihan ini dapat dilakukan bahkan jika Anda mengenakan lensa kontak, karena itu tidak akan mengganggu penempatan lensa. Cara cepat untuk merasa lega dari mata yang lelah, latihan ini dapat membantu menyegarkan mata Anda.

Cara melakukan:

– Berdiri atau duduk dengan nyaman.

– Gosok kedua telapak tangan hingga terasa hangat.

– Tutup mata Anda dan letakkan telapak tangan di atas setiap kelopak mata.

– Rasakan kehangatan di kelopak mata Anda.

– Jangan menekan.

  1. Fokus Dekat dan Jauh

Latihan ini membantu mengendurkan otot mata dan mencegah timbulnya gangguan mata seperti miopia. Selain membuat mata Anda rileks, olahraga fokus dekat dan jauh membantu meningkatkan visi dan fokus Anda

Cara melakukan:

– Pegang ibu jari Anda sekitar 10 inci dari wajah Anda.

– Fokus padanya selama sekitar 15 detik.

– Kemudian, temukan sebuah objek sekitar 10 hingga 20 kaki jauhnya.

– Fokus padanya selama 15 detik.

– Kembalikan fokus Anda ke ibu jari Anda dan ulangi sebanyak 5 kali.

  1. Rawat Kelopak Mata

Suatu jenis latihan yoga untuk mata Anda, rawat kelopak mata membantu rileks mata Anda. Latihan berbasis yoga juga bermanfaat untuk meredakan ketegangan mata dan sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan tersebut.

Cara melakukan:

– Duduk dengan nyaman dan dengan jari manis Anda, pijat dengan lembut kelopak mata bagian bawah.

– Mulailah dengan tepi bagian dalam kelopak mata bawah dan secara bertahap bergerak ke luar.

– Anda juga bisa memijat kelopak mata dengan cara yang sama.

  1. Palming

Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan stres mata dan mengendurkan otot-otot di sekitar mata Anda, teknik palming sangat bermanfaat.

Cara melakukan:

– Duduk di kursi dan pertahankan siku Anda di atas meja di depan Anda.

– Menangkupkan mata di setiap telapak tangan dengan sedikit menekuk telapak tangan Anda.

– Bernafas dan bernafas.

– Bersantai dan lakukan selama 30 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Whatsapp