Cara Merawat Earphone agar Tidak Mudah Rusak

Headset Headphone Earphone Handsfree Cara_Merawat_Earphone_agar_Tidak_Mudah_Rusak

Earphone murah sudah jadi bagian yang melekat dengan handphone. Mendengarkan sebuah audio dari handphone terasa lebih nyaman memakai earphone. Suara yang kita dengarkan tidak perlu mengganggu orang sekitar.

Pemakaian earphone yang cukup sering harus dibarengi dengan perawatannya. Sudahkah Anda menjaga earphone agar berumur panjang? Simak tips terkait perawatan earphone di bawah ini.

1. Gulung Kabel dengan Teknik yang Tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah cara menggulung kabel dilakukan dengan teknik yang tepat. Bagaimana caranya? Gulung kabelmu mengikuti keempat jari yang telah disejajarkan. Gulunglah dengan benar sehingga kabelmu tidak kusut.

2. Hindari Volume Maksimal

Ketika mendengarkan audio, biasakan tidak menggunakan volume maksimal. Selain membahayakan gendang telinga, volume maksimal bisa merusak komponen headset berakibat pada suara yang keluar menjadi pecah.

3. Berhati-hati dalam Memakai Earphone

Kabel earphone murah yang memang didesain tipis berpotensi mudah rusak. Oleh karena itu, jangan pernah menggunakan earphone terlalu jauh dari sumber suara agar kabel tidak tertarik.

4. Jauhkan Earphone dari Air

Alat elektronik, termasuk headset tentu tidak bersahabat dengan air. Jauhkan earphone dari cairan atau air yang bisa menyebabkan korsleting. 

5. Bersihkan Earphone dari Debu

Headset juga berpotensi kemasukan debu. Rajinlah membersihkan bagian ear budsnya dengan cotton bud. Pastikan headset selalu bersih dari debu agar kualitas suaranya tetap terjaga.

6. Jangan Biasakan Melempar Earphone

Ketika sudah menggunakan earphone, letakkan dengan hati-hati. Jangan biasakan melempar headset, terlebih dari posisi yang tinggi. Akibatnya, headset bisa mengalami kerusakan karena benturan yang dialami. 

× Whatsapp