Minum dari Botol yang Terpapar Matahari Baik untuk Kesehatan?

air minum, Minum-Air-yang-Terpapar-Matahari-Baik-untuk-Kesehatan

Apa yang terjadi ketika Anda minum air yang terkena sinar matahari? Apakah baik atau buruk untuk kesehatan?

Air dan sinar matahari adalah komponen penting yang dibutuhkan untuk berfungsinya tubuh. Sering dikatakan bahwa air minum yang terkena sinar matahari dapat meningkatkan energi dan meremajakan tubuh Anda.

Minum air dari botol yang terkena sinar matahari memiliki efek negatif pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya bahan kimia industri BPA atau bisphenol-A dalam plastik yang berbahaya bagi tubuh. Sementara sebagian besar botol air plastik tidak mengandung bahan kimia ini, BPA ditemukan dalam botol polikarbonat.

Efek buruk lainnya pada air minum yang terpapar matahari adalah hal itu dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri berbahaya, tergantung pada spesiesnya, karena panas ekstrem dari matahari.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry menyelidiki efek paparan sinar matahari pada migrasi kimia di perairan botol PET. Para peneliti menggunakan air normal dalam botol PET dan air berkarbonasi. Air botolan terpapar sinar matahari dan diperiksa pada hari ke 2, 6 dan 10.

Hasilnya adalah bahwa air normal yang dibotolkan PET tidak menimbulkan efek berbahaya ketika terkena sinar matahari, karena tidak ada aldehida yang terdeteksi. Tapi, air berkarbonasi telah mengembangkan efek berbahaya tertentu pada paparan sinar matahari. Karena, karbon dioksida dalam air memicu migrasi kimia.

Namun, penelitian lain yang dilakukan oleh para peneliti di Arizona State University pada 2008 menunjukkan bagaimana tingkat panas yang ekstrem meningkatkan pelepasan antimon (kontaminan yang diatur) dalam botol PET. National Institute of Health (NIH) menyatakan bahwa dosis antimon yang ekstrem bisa beracun.

Para peneliti memeriksa antimony leaching pada suhu yang berbeda. Selama musim panas, suhu di dalam mobil, area penyimpanan tertutup, dan garasi dapat naik hingga 65 derajat Celcius (di Arizona), yang dapat mempromosikan pencucian antimon dari botol PET. Tapi, hanya sedikit antimon dalam botol PET yang dilepaskan ke dalam air.

Pada 2014, para ilmuwan menemukan kadar antimon dan BPA yang tinggi dalam botol air PET di Tiongkok. Dan pada 2016, para peneliti menemukan jejak antimon yang tinggi dalam botol air di Meksiko. Untuk kedua studi, air diuji dalam kondisi yang melebihi 65 derajat Celcius, menghasilkan masalah yang lebih buruk.

Menurut Asosiasi Air Botol Internasional, air botolan harus disimpan dalam kondisi yang sama seperti bahan makanan. Agar lebih aman, minum air dari botol plastik dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Jadi, cara alternatifnya adalah minum air dari tembaga, baja atau botol kaca karena mereka memiliki manfaat kesehatan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Whatsapp